Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Konsep Jualan Pakai Mobil, Bisnis Simpel yang Paling Menguntungkan

Barangku.id - Mobil merupakan kendaraan roda empat yang bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Disamping itu, pada dasarnya konsep jualan pakai mobil pun juga menjadi kelebihan lain yang bisa dilakukan dengan adanya kendaraan satu ini.

Kendaraan roda empat ini pun tentu juga memiliki kelebihan yang tidak bisa didapatkan penjual bila dibandingkan dengan berjualan di suatu ruangan. Lalu apa saja kelebihan dari konsep jualan menggunakan mobil? Simak ulasannya berikut:

Menilik Konsep Jualan di Mobil

usaha keliling pakai mobil
Tips konsep jualan pakai mobil
Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis memang memiliki tingkat persaingan yang ketat. Apalagi di era modern ini, dimana hampir semua harga dari kebutuhan naik sedangkan tingkat pengangguran juga meningkat.

Baca juga: Tips mengembangkan bisnis jualan martabak mini

Lapangan kerja yang masih tidak lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk produktif tentunya mengharuskan masyarakat dapat memutar otak. Menilik dari sinilah kemudian yang membuat dunia bisnis dari berbagai konsep mulai direalisasikan oleh setiap individu.

Tentunya hal ini menjadi bentuk kegiatan yang dilakukan untuk bisa terus bertahan hidup. Ini pulalah yang kini membuat tidak sedikit pemilik mobil pribadi memilih untuk berjualan di waktu-waktu tertentu. Hal ini juga dilakukan sebagian orang dalam konteks memanfaatkan mobil nganggur.

Langkah bisnis ini sendiri pada dasarnya juga telah dilakukan oleh berbagai kalangan. Baik itu mulai dari anak muda hingga orang tua. Barang-barang yang ditawarkan pun juga beragam. Tentunya dengan konsep yang berbeda pula.

Bisnis berjualan menggunakan mobil pribadi pun pada dasarnya bisa menjadi ladang bisnis yang tepat untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Bisa dibilang melalui konsep jualan pakai mobil ini, pelaku usaha menjemput pelanggan dan bukan sebaliknya.

Baca juga: Peluang usaha bubur ayam yang banyak disepelekan

Hal inilah kemudian yang membuat konsep bisnis berjalan satu ini bisa sukses dilakukan beberapa pengusaha. Pendapatan yang didapatkan pun bisa saja lebih besar bila dibandingkan dengan konsep bisnis ruangan.

Apa Keuntungan Menggunakan Mobil Untuk Jualan Keliling?

Mobil memang menjadi kendaraan roda empat yang nyaman untuk digunakan. Kendaraan satu ini bisa melindungi penggunanya dari panas serta hujan sehingga bisa digunakan untuk perjalanan jauh.

Namun, kini pun mobil bukan hanya berfungsi sebagai kendaraan pribadi. Pada beberapa kesempatan mobil juga bisa digunakan sebagai tempat untuk berjualan pengganti lahan atau pun ruangan. Namun, apa saja sebenarnya kelebihan berjualan pakai mobil pribadi? Simak ulasannya berikut:

Baca juga: Memahami arti Keep dalam jualan online dengan baik

1. Tidak Perlu Menyewa Tempat

Keuntungan pertama bisnis jualan pakai mobil pribadi tentunya adalah adanya tempat untuk berjualan tanpa perlu menyewa. Hal ini menjadi kelebihan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha karena bisa lebih berhemat dalam mengeluarkan biaya usaha.

2. Mobil untuk Jualan Keliling

Kelebihan lain yang paling utama tentunya adalah mobil bisa digunakan untuk jualan keliling. Nantinya dengan bisnis jualan menggunakan mobil pribadi ini, pelaku usaha bisa mencari lokasi yang tepat untuk berjualan dan mendatangi konsumen.

Tentunya langkah satu ini bisa dibilang cukup menguntungkan karena usaha yang dijalankan tidak hanya bertempat di satu lokasi. Pelaku usaha bisa mendapatkan customer yang lebih banyak dengan adanya ide jualan berjalan ini.

Baca juga: Cara mendaftarkan produk ke BPOM dan cara mengeceknya

3. Unik

Ide usaha dengan mobil pick up juga bisa menjadi konsep unik. Tentunya dengan modifikasi yang baru dan berbeda. Hal ini, juga bisa menjadi satu hal menarik untuk membuat pelanggan tertarik. Inilah satu kelebihan lain dari bisnis jualan menggunakan mobil pribadi.

Apa Saja yang Bisa Dijual Menggunakan Mobil Berjalan?

Sama seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa bisnis jualan menggunakan mobil pribadi memang bisa menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang memiliki mobil. Melalui ide bisnis berjalan ini tentunya pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan menggunakan mobil.

konsep jualan pakai mobil
Mobil buat jualan keliling
Konsep jualan menggunakan mobil buat jualan keliling ini pun sebenarnya juga cukup beragam dengan budget, perlengkapan juga persiapan yang berbeda. Lalu apa saja konsep jualan menggunakan mobil yang bisa dicoba? Mari simak ulasan berikut:

1. Berjualan Baju

Konsep jualan pakai mobil yang pertama bisa dimulai dengan berjualan baju. Seperti yang diketahui bahwa pakaian memang menjadi kebutuhan manusia dan bahkan menjadi satu bentuk barang yang bisa memenuhi keinginan.

Baca juga: Cara jualan baju preloved agar untung banyak

Tentu tidak heran bila pada akhirnya jualan baju seringkali menjadi pilihan. Menilik dari sinilah kemudian bisnis untuk memulai bisnis jualan menggunakan mobil pribadi bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk memulai bisnis.

2. Berjualan Sayur

Berjualan sayuran juga bisa menjadi ide berikutnya yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis jualan menggunakan mobil pribadi. Konsep satu ini tentunya bisa menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Apalagi bila dilihat dari kebutuhan masyarakat atas sayuran sebagai salah satu sumber vitamin.

Nantinya dalam menata mobil jualan keliling yang akan digunakan berjualan pun bisa dilakukan dengan mudah. Pelaku usaha cukup memodifikasi bagasi mobil untuk kemudian dijadikan tempat berjualan.

3. Berjualan Menu Sarapan

Konsep lain yang bisa digunakan untuk memulai bisnis jualan menggunakan mobil pribadi adalah berjualan menu sarapan. Nantinya menu sarapan seperti halnya bubur ayam, nasi uduk maupun bubur sumsum bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Cara jualan lontong sayur agar melejitkan omset penjualan

Tentunya untuk bisa membuat konsep berjualan satu ini menarik, pelaku usaha bisa menyiapkan kursi juga meja untuk pelanggan. Konsep satu ini tentunya bisa menjadi konsep yang tepat untuk menarik minat konsumen.

4. Warung Berjalan

Ide lain yang bisa dipilih adalah membuka warung berjalan. Tentunya warung mobil keliling akan menjadi kendaraan utama. Konsep jualan pakai mobil satu ini bisa dilakukan dengan cara mengosongkan bagian bagasi mobil. Nantinya pelaku usaha bisa melakukan modifikasi pada bagian bagasi supaya lebih luas.

Tentunya konsep ini juga akan menjadi ide yang cukup unik, karena masih belum banyak yang melakukan hal ini. Melalui ide jualan pakai mobil pribadi dalam bentuk warung berjalan ini tentunya juga bisa mendatangkan banyak keuntungan.

5. Coffee Shop

Menyulap mobil menjadi coffee shop juga bisa menjadi ide bisnis jualan menggunakan mobil pribadi yang tepat. Pada dasarnya ide satu ini tentunya bisa menjadi ide yang cukup menjanjikan dengan keuntungan besar.

Baca juga: Tips membuka usaha warung kopi sachet modal murah untung melimpah

Berkeliling komplek rumah atau pun mendatangi tongkrongan anak muda bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat. Apalagi bila nantinya konsep mobil dibuat semenarik mungkin. Tentu akan banyak masyarakat, khususnya anak muda yang tertarik.

6. Food Truck

Ide lain yang bisa dijalankan dengan menggunakan mobil adalah food truck. Konsep jualan pakai mobil satu ini, sebenarnya akan memiliki konsep yang hampir mirip dengan coffee shop. Nantinya pelaku usaha tentu akan membutuhkan adanya modifikasi pada bagian mobil.

Modifikasi ini dilakukan supaya nantinya bisnis jualan menggunakan mobil pribadi bisa dijalankan sesuai dengan konsep coffee. Tentunya dalam konsep inipun pelaku usaha juga harus menyiapkan beberapa kursi juga meja untuk tempat customer menikmati pesanan dari food truck.

Modifikasi Mobil Untuk Jualan Keliling

Agar mobil yang dipakai terasa lebih nyaman dan aman baiknya lakukan modifikasi terlebih dahulu.

Terdapat beberapa jenis mobil yang disarankan untuk digunakan jualan diantaranya jenis mobil keluarga, boks, Van, sedan, sampai jenis SUV. Namun menurut kami apapun jenis mobilnya akan sah-sah saja untuk dipakai berjualan, asalkan dana yang dimiliki sesuai.


Kebanyakan jenis mobil yang biasa dijadikan untuk jualan seperti Daihatsu Gran Max atau bisa juga Daihatsu Luxio. Karena kedua jenis mobil tersebut memiliki kabin yang luas. Intinya terletak pada kabin yang lega.

modifikasi mobil untuk jualan keliling
Contoh modifikasi mobil untuk jualan keliling yang elegan
Berikut tips modifikasi mobil untuk jualan keliling yang kreatif:

1. Penyesuaian Pada Interior

Hal pertama yang perlu dimodifikasi pada mobil buat jualan keliling ialah interior. Sesuaikan interior pada mobil dengan menyesuaikan pada kebutuhan yang akan digunakan. Misalnya saja saat anda ingin menjalankan usaha makanan atau pun usaha laundry maka yang dibutuhkan adalah kabin yang luas.

Jika mobil yang anda miliki terdapat jok 3 baris maka setidaknya jok pada baris 2 dan 3 bisa dilepas untuk memudahkan memuat barang.

Untuk usaha makanan maka jok pada baris kedua dan ketiga bisa diganti dengan meja lipat yang sudah dirancang khusus. Nah beda halnya pada usaha laundry, maka anda sebisa mungkin untuk memasang gantungan baju tambahan pada plafon atau bisa juga membuat dudukan baru sebagai gantungan baju nantinya.

Pada umumnya penyesuaian pada usaha yang ingin anda jalankan dengan menggunakan mobil tersebut. Setiap usaha maka akan beda pula penerapan pola penyesuian modifikasi pada mobil.

2. Modifikasi Pintu atau Jendela Mobil

Sebagian besar pelaku usaha memodifikasi pada bagian pintu atau jendela pada mobil. Tujuannya adalah agar memudahkan penjual pada saat melayani para pelanggan.

Mengganti model pintu ini biasanya punya konsep bisnis food truck atau biasa disebut dengan menjual makanan dengan cara berkeliling. Karena kita tahu bahwa pada beberapa tahun ini bisnis seperti ini mulai menjamur di Indonesia.


Jadi konsumen dengan nyaman bisa langsung memesan melalui pintu atau jendela yang sudah dimodifikasi tadi.

3. Modifikasi Warna Mobil dengan Warna Cerah

Modifikasi mobil untuk jualan keliling yang tak kalah penting juga ialah memilih warna mobil yang terlihat cerah dan nyaman di mata. 

Contohnya mobil buat jualan keliling anda branding dengan warna logo usaha anda, Seperti warna kuning, merah, putih, dan mungkin bisa juga dengan warna hijau terang. Perlu diingit warna yang sudah kami utarakan hanyalah sebagai contoh, selanjutnya silahkan pilih sendiri warna yang menurut anda bagus dan selaras dengan warna brand anda.

Jika dirasa modal tidak memadai untuk melakukan pengecetan secara menyeluruh maka alternatifnya bisa dengan menggunakan stiker yang bisa dilepas kapan saja.

Dan perlu diingat pastikan logo usaha anda pasang juga pada bodi mobil dan belakang mobil agar mudah terlihat oleh pelanggan dan mengingatnya.

4. Pasang Logo Usaha di Atas Mobil

Modifikasi mobil untuk jualan keliling selanjutnya ialah dengan memasang Logo usaha di atas mobil. Pernah lihat mobil taksi atau mobil Blue bird? Iya seperti itulah kira-kira.

Saat malam hari logo usaha anda akan menyala melalui saklar yang sudah anda pasang. Selain akan terlihat lebih elegan, logo ini juga bisa mejadi penanda bahwa mobil ini merupakan mobil usaha yang sedang berjalan.

Yang tak kalau menerikanya lagi ialah Logo yang dipasang di atas mobil secara langsung menjadi sarana iklan gratis yang anda lakukan ditengah khalayak banyak.

Modifikasi yang murah meriah namun kaya akan manfaat.

5. Sediakan Kursi dan Meja

Jangan sampai lupa untuk menyediakan meja dan kursi agar palenggan anda bisa santai dan nyaman menikmati menu jualan yang anda jual.

Pilih peralatan duduk ini dengan ukuran yang kecil atau minimalis dan bisa dilipat tujuannya tidak lain agar memudahkan saat dibawa kemana pun anda ingin berjualan.

Anda bisa survei aneka jenis kursi yang bagus dan sekaligus harganya di:
Shopee

6. Memasang Tenda Side Awning

Tenda Side Awning belakangan ini menjadi trend dikalangan penjualan dengan konsep jualan pakai mobil. Tenda yang akan dipasang disamping mobil ini berfungsi melindungi barang jualan dan bisa juga pelanggan dari terik matahari dan hujan.

Tenda jenis ini jauh lebih praktis bisa dilepas dan dipasang jika harus dibandingkan dengan tenda berjenis lipat pada saat digunakan ditempat umum.

Silahkan cek tenda Side Awning yang menurut anda cocok dan sekaligus harganya di:
Shopee

7. Modifikasi dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan

Dari semua modifikasi mobil untuk jualan keliling yang sangat penting dan perlu perhatian secara kusus ialah keamanan dan keselamatan baik itu dari penjual itu sendiri dan juga pelanggan.


Misal bagi anda yang ingin menjalankan usaha kuliner dengan menggunakan mobil wajib memikirkan dengan baik penempatan kompor yang baik dan udara pembuangan udara dari proses masak.

Sebisa mungkin benda yang berpotensi membahayakan seperti gas dan kompor diposisikan di luar mobil gunanya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Karena potensi kebocoran bisa saja terjadi akan menyebabkan kebakaran bahkan akan lebih parah jika terjadi peladakan.

Namun beda halnya jika anda menggunakan mobil untuk jualan keliling seperti usaha pakaian, usaha minuman kekinian, atau usaha cemilan tentu dari segi resiko tadi akan lebih kecil.

Itulah tadi sekilas tentang berbagai konsep jualan pakai mobil dan keuntungan dibaliknya. Ide jualan satu ini bisa menjadi pilihan bagi pelaku usaha yang memang belum memiliki lahan untuk membuka usaha atau pun menyewa tempat.