Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memulai Usaha Pakaian Dengan Modal Kecil

Cara memulai usaha pakaian dengan modal kecil - Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer. Bukan hanya untuk menutupi bagian tubuh, kini pakaian juga menjadi barang untuk ajang bergaya. Banyaknya jenis pakaian serta model yang semakin beragam membuat bisnis menjual pakaian menjadi salah satu usaha yang kian berkembang.

Usaha pakaian rasanya hampir tidak pernah sepi. Ditambah dengan semakin canggihnya teknologi internet, membuat pemasaran pakaian menjadi semakin mudah. Hal ini bisa menjadi peluang bagi anda yang tertarik di dunia busana untuk memulai usaha anda sendiri. Berikut, beberapa tips untuk memulai usaha menjual pakaian.

Cara Memulai Usaha Pakaian Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Usaha Pakaian Dengan Modal Kecil
Cara Memulai Usaha Pakaian Dengan Modal Kecil

1. Meriset Pasar

Sebelum anda mulai memulai usaha pakaian dengan modal kecil, ketahui terlebih dahulu pasar yang anda tuju. Riset pasar bisa anda lakukan dengan searching melalui internet, contohnya tentang pakaian yang sedang tren, atau pakaian yang cocok untuk dipakai di kondisi tertentu. Dengan mengetahui pasar, anda bisa mengkira-kira produk apa yang cocok untuk di pasarkan nanti.

2. Tentukan Produk

Ada dua ciri tentang produk busana yang harus anda ketahui, yaitu:

a. Perubahan Tren

Mengawasi tren busana yang sedang digemari penting untuk anda awasi agar nantinya stok pakaian anda tidak menumpuk.

b. Repeat Order/Pesanan Ulang

Kebanyakan orang cenderung jarang membeli pakaian dengan desain yang sama lebih dari satu kali, maka dari itu anda harus senantiasa memiliki rencana desain yang baru.

Baca juga Ide Bisnis Baju Modal 1 Juta

Jika kedua hal tersebut sudah anda pahami, selanjutnya anda bisa menentukan pakaian seperti apa yang anda akan jual. Pertimbangannya bisa seperti jenis pakaian yang dijual apakah baru atau bekas, barang seperti apa yang banyak dicari, dan apakah barang tersebut memiliki harga yang terjangkau.

Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar sebenarnya bisa dilakukan sembari anda meriset tentang pasar, namun alangkah baiknya jika anda melakukan ini setelah anda memikirkan produk seperti apa yang anda akan jual agar anda bisa menentukan harga produk yang nantinya akan berpengaruh pada pasar yang menjadi sasaran anda.

Sesuaikan Modal

Modal yang anda miliki merupakan bekal awal anda untuk memulai usaha. Jika anda merasa modal yang dimiliki sekarang belum cukup, anda bisa mencoba untuk menjadi dropshipper atau reseller terlebih dulu sebelum mulai berjualan sendiri. 

Baca juga Ide Bisnis Usaha Online Modal 1 Juta

Jika modal sudah mencukupi, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang tepat. Supplier yang bagus haruslah memberikan harga yang bersahabat, kualitas mantap, serta jarak lokasi yang tidak jauh dari tempat usaha anda. Mencari supplier terpercaya diperlukan agar anda bisa menekan harga jual.

Promosi

Jika usaha anda sudah berjalan, tentu anda harus melakukan promosi agar usaha anda bisa dikenal banyak orang. Selain berjualan secara konvensional, menjual pakaian lewat e-commerce dan marketplace juga dianjurkan. Mempunyai product knowledge yang tinggi juga diperlukan, tujuannya adalah untuk menuliskan deskripsi yang lengkap tentang produk agar kredibilitas akun usaha milik anda tinggi serta menaikkan traffic konsumen.

Berikan Layanan Terbaik

Cara memulai usaha pakaian dengan modal kecil yang terakhir adalah dengan memberikan layanan terbaik kepada setiap konsumen. Seorang konsumen tentunya akan dengan senang hati berbelanja kembali ke toko anda apabila anda memberikan layanan yang memuaskan. Berikan juga penawaran atau diskon menarik sehingga pelanggan merasa bahwa mereka diperhatikan. 

Baca juga Ide Bisnis Usaha Modal 1 Juta di Kampung

Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan, tentu konsumen akan lebih memilih untuk berbelanja di toko anda dan enggan pindah ke toko lain. Anda juga bisa menyuruh konsumen anda untuk memberikan review terhadap bisnis anda guna mencari tahu kekurangan yang ada pada usaha anda dan meningkatkan pelayanan.

Sekian cara-cara yang bisa kami berikan untuk anda yang ingin memulai usaha jual beli pakaian. Inti dari bisnis menjual pakaian adalah anda harus dapat mengikuti kemauan pasar, memiliki product knowledge yang baik, dan mampu memberikan layanan yang memuaskan. Selamat berbisnis!