Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil, Mahasiswa Wajib Mencobanya

Usaha makanan kekinian modal kecil berikut bisa menjadi inspirasi utama bagi mahasiswa untuk mencari uang tambahan.

Pasalnya berpotensi mendatangkan keuntungan melimpah, bahkan sampai jutaan rupiah setiap hari. Apalagi jika Anda berhasil menerapkan strategi yang ampuh dan mempromosikan barang dagangan ke setiap pelanggan.

Pada sisi lain, Anda tidak perlu susah menyiapkan berbagai hal untuk memulainya. Mengingat ada beberapa pihak yang siap membantu, terutama apabila Anda ikut program kerja atau afiliasi dari perusahaan tertentu.

Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil dan Minuman

Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil
Usaha makanan kekiniaan
Cuan besar besaran
Memang, usaha makanan kekinian modal kecil beragam jenisnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan masing-masing. Di antara semua itu, sebagian menjadi rekomendasi tepat bagi mahasiswa, seperti:

1. Angkringan

Popularitas angkringan cukup tinggi di kalangan anak muda. Wajar saja itu terjadi sebab angkringan adalah tempat nongkrong paling pas bersama teman sebaya. Membahas beragam topik yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Sembari ditemani oleh nasi kucing dan secangkir teh atau kopi hangat.

Karena populer, banyak yang akhirnya membuka usaha angkringan. Di daerah-daerah dengan potensi terjual cukup tinggi. Daerah yang menjadi tempat favorit angkringan adalah sekitar universitas atau kos-kosan anak rantau.

Apabila Anda berminat untuk membuka angkringan sendiri sebagai salah satu usaha makanan kekinian modal kecil, terdapat hal-hal yang mesti diingat sebaik mungkin. Sebagai contoh, lokasi, menu dan promosi usaha yang baik.

Baca juga: Bisnis rumahan modal kecil dengan keuntung besar

2. Telur Gulung

Selain angkringan, alternatif usaha makanan kekinian modal kecil lainnya adalah Anda dapat membuka usaha telur gulung. Baik dengan berkeliling sekolah-sekolah sekitar rumah atau membuka toko sendiri.

Dibandingkan dengan jenis usaha di atas, usaha telur gulung terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan semisal kompor dan panci. Kemudian tinggal menjajakan barang ke anak SD setempat.

Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Cukup dengan 2 sampai 4 juta rupiah saja, Anda bisa membuka usaha satu ini secara baik.

3. Corndog

Corndog adalah jajanan asal Korea. Diminati oleh seluruh orang yang ada di negara tersebut. Buat sekarang, makanan ini bisa ditemukan di berbagai negara, mulai dari India sampai Indonesia.

Di Indonesia sendiri, Corndog layak dijadikan sebagai makanan anak SD. Berkat citra rasa yang unik sehingga menggugah selera orang lain. Pada sisi lain, harga dari produk satu ini cukup murah, yakni 5 ribu saja. Harga tersebut membuat Corndog ramah di kantong anak-anak.

Dengan beragam kenyataan di atas, usaha makanan kekinian modal sedikit corndog terlihat menjanjikan. Berpotensi mendatangkan uang melimpah kepada seluruh konsumen. Oleh karenanya, Anda harus mencobanya sebagai sarana mendapatkan uang tambahan.

4. Rice Bowl

Selain Corndog, Anda dapat mencoba usaha Rice bowl di rumah sendiri. Tenang saja, modalnya tidak terlalu banyak sehingga mahasiswa dapat membuka usaha tersebut.

Anda hanya perlu menyiapkan piring atau wadah makanan lain seharga kurang dari 100 ribu rupiah. Kemudian, Anda pun hanya perlu menyediakan bahan-bahan untuk dijadikan sebuah menu, semisal beras, wortel dan sebagainya.

Meski kecil modalnya, keuntungan yang diperoleh Anda bisa sangat besar. Malahan apabila Anda pandai dalam menyusun strategi promosi usaha, jumlah penjualan barang bakal meningkat tajam setiap bulannya.

5. Dessert Box

Rekomendasi usaha makanan kekinian modal kecil selanjutnya adalah membuat serta menjajakan dessert box ke orang lain.

Di Indonesia, banyak orang yang membuka usaha dessert box. Dengan demikian, ini pertanda bahwa persaingan berjalan cukup ketat. Apalagi buat beberapa waktu ke depan mengingat semakin banyak orang yang meminatinya.

Namun Anda harus tenang sampai sekarang. Usaha desertbox tidak akan mati meskipun pesaingnya banyak. Asalkan Anda pandai dalam menyusun sekaligus mengaplikasikan strategi promosi barang ke konsumen.

6. Mochi

Mochi adalah makanan khas Jepang. Saat ini telah diadaptasi ke citra rasa lokal. Sehingga masyarakat Indonesia menyukainya di berbagai kalangan. Dengan demikian, orang pun mulai menjadikannya sebagai ide usaha makanan.

Namun jumlah usaha makanan mochi sangat melimpah. Di tiap daerah pasti ada orang yang menjual barang satu ini. Oleh karena itu, mochi pun sengaja dibuat ke variasi baru agar menggugah selera masyarakat.

Nah Anda dapat mencoba membuat mochi rasa baru. Sebagai rekomendasi usaha makanan kekinian modal kecil di Indonesia. Niscaya, penjualan terhadap barang ini bakal besar seiring berjalannya waktu. Mengingat banyak orang yang mulai meminatinya.

7. Martabak

Bila memungkinkan, coba Anda membuka usaha martabak di sekitar rumah. Jangan terlalu besar, cukup menggunakan gerobak sebagai langkah awal atau menitipkan barang tersebut di warung-warung sekitar rumah.

Kenapa? Soalnya usaha ini buat awal memang membutuhkan modal tidak sedikit. Terkadang membuat mahasiswa berat melakukannya. Meski demikian, setiap modal bakal berbalik seiring berjalannya waktu.

8. Seblak

Sebagai rekomendasi lain, Anda bisa saja membuka salah satu usaha makanan kekinian modal kecil berikut ini.

Kenapa? Soalnya potensi penjualan bakal tinggi apalagi di dekat pemukiman warga. Alasannya banyak orang yang meminati makanan dengan citra rasa pedas dan gurih, apalagi kalau dicampur dengan bahan-bahan tertentu.

Selain itu, usaha ini pun tidak perlu tempat yang lebar dan luas. Cukup menempati suatu ruko seluas 5 meter persegi saja, usaha seblak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Anda pun tidak usah menyediakan modal besar, karena bahan baku pembuatan seblak rata-rata di bawah 100 ribu rupiah buat satu unit.

Nah itu tadi rekomendasi dari Barangku.id silahkan tentukan pilihanmu ya. Agar calon usaha Anda tetap berkesinambung, perlu dilakukan riset kompetitor yang baik guna menambah ketertarikan pelanggan Anda nantinya.