Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Jualan Lontong Sayur Agar Melejitkan Omset Penjualan

Barangku.id - Mencari penghasilan tambahan tentunya bisa dilakukan dengan sebuah usaha. Adapun cara memperoleh penghasilan tambahan tersebut dengan jualan lontong sayur. Makanan ini tentunya termasuk makanan yang paling banyak dicari sebab cita rasa khas yang ditawarkan dan harganya yang terjangkau.

Lontong Sayur

Sebelum melakukan penjualan, seseorang terlebih dulu perlu untuk mengetahui terkait apa sebenarnya lontong sayur itu. Makanan ini dijadikan sebagai makanan tradisional yang banyak dijajakan di pedagang kaki lima. Bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun cukup mudah sehingga bisa dijadikan usaha.

Dimana bahan yang biasanya dibutuhkan dalam pembuatan makanan ini seperti lontong, santan, daun jeruk, gula merah, dan lain-lain. Terkait dengan bahan sayurnya biasanya membutuhkan pepaya dan tahu. Melihat bahan-bahan tersebut tentu sudah dapat dibayangkan jika rasanya begitu lezat dan nikmat.

Baca juga: Tips jualan jus unik dan kekinian sehat dan menyegarkan

Cara Jualan Lontong Sayur

Jualan Lontong Sayur
Tips sukses jualan lontong sayur beromset tinggi

Setelah mengenal lontong sayur tersebut tentu tidak ada salahnya apabila seseorang ingin menjadikannya sebagai usaha. Dimana usaha ini memang sangat menjanjikan apabila dilakukan. Olehnya itu, berikut penjelasan terkait dengan cara jualan lontong sayur agar bisa memperoleh keuntungan besar:

1. Menyiapkan Modal

Langkah yang dapat dilakukan oleh seseorang yakni menyiapkan modal yang akan digunakan nantinya. Kegunaan dari modal ini untuk membeli bahan baku pembuatan lontong sayur. Bukan hanya membeli bahan baku saja, namun untuk membeli berbagai bahan tambahan lainnya yang diperlukan untuk jualan lontong.

Detail terkait modal usaha lontong sayur akan kami rincikan pada pembahasan berikut pada artikel ini.

2. Membeli Bahan Baku

Apabila modal yang dibutuhkan sudah disiapkan, seseorang bisa langsung ke pasar untuk membeli bahan bakunya. Dimana bahan baku yang dimaksud seperti beras untuk pembuatan lontong. Meskipun ada juga pemilik usaha yang lebih memilih untuk membeli lontong sehingga tidak perlu membuatnya.

Baca juga: Peluang jualan tahu crispy dan keuntungan yang bisa didapatkan

3. Membuat Sayur Untuk Lontong

Nah, cita rasa tentu dijadikan sebagai penentu apakah dagangan tersebut laris atau tidak. Pada tahap ini, seseorang harus bisa membuat sayur untuk lontong dengan cita rasa yang khas. Memang sayur ini dijadikan sebagai pelengkap dari lontong agar tidak hambar saat dimakan. Sayur di sini sebagai penentu dari usaha lontong sayur tersebut. Apakah lezat dan digemari banyak orang atau sebaliknya.

4. Menentukan Harga Penjualan

Jika lontong sayur untuk jualan  yang akan dijadikan sudah jadi, maka seseorang bisa melakukan analisa harga terlebih dahulu. Pastikan jika harga yang ditentukan sudah sesuai dengan kualitas makanan yang dijajakan. Disarankan untuk tidak menawarkan harga yang mahal dan tidak terlalu murah.

5. Melakukan Penjualan

Pada saat melakukan penjualan ini, seseorang bisa memilih secara offline dan juga online. Strategi penjualan ini memang banyak dilakukan sehingga peluang usaha laris bisa diperoleh seseorang. Memang cukup mudah jika menjajakan jualan secara online karena bisa melakukan promosi di medsos. 

Agar pelanggan Anda lebih merasa termanjakan hadirkan juga menu pelengkap seperti krupuk. Anda bisa sambilan bisnis krupuk seribuan untuk menambah omset penghasilan.

6. Buat Pengemasan yang Begitu Unik

Proses atau strategi penjualan telah dilakukan, namun tidak lupa untuk membuat proses pengemasan yang begitu unik. Buat pengemasan produk seunik mungkin sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen. Seseorang bisa memanfaatkan styrofoam atau kertas minyak dan menambahkan logo usaha yang dimiliki.

7. Menjaga Kebersihan

Untuk kebersihan ini memang harus dijaga dan diterapkan penjual. Tujuannya agar omset penjualan yang dimiliki dapat meningkat. Karena bukan hanya memperhatikan cita rasa yang dimiliki saja namun juga kebersihan dari makanan ini. Utamanya pada tempat yang dijadikan lokasi menjajakan makanan.

Omset Jualan Lontong Sayur

Dikisahkan ada seseorang yang dulunya seorang manager di suatu perusahan yang cukup besar. Perusahan tersebut terpaksa harus tutup lantaran terdapat larangan berkerumun dari pemerintah di masa pandemi covid 19. 

Wal hasil sang manager tersebut pun dan karyawan lainnya di perusahan itu terpaksa diberhetikan oleh perusahaan. 

Singkat cerita eks manager tersebut tidak mau berlarut-larut dalam kekosongan akhirnya berinisiatif untuk membuka kios tenda kaki lima dengan membuka jualan lontong sayur. 


Alhamdulillah atas usaha dan kerja keras nya pun membuahkan hasil. Kios lontong sayurnya kini ramai dikunjungi oleh pelanggan dalam setiap harinya. 

Kisaran terjual 120 sampai 150 porsi dalam setiap harinya. Sementara untuk satu porsi diberi harga dengan Rp. 12.000. Maka total omset dari penjualan lontong sayur perbulannya adalah kurang lebih Rp. 43.200.000 dengan rincian sebagai berikut;

Satu hari terjual 120 porsi x Rp 12.000 = Rp. 1.440.000 
maka Rp. 1.440.000 x 30 hari = Rp. 43.200.000

Dalam cerita tersebut eks manager mengambil keuntungan dalam tiap satu porsinya Rp. 3.000 maka Rp. 3.000 x 120 porsi (porsi terjual dalam 1 hari) = Rp. 360.000
Kemudian jika dihitung keuntungan bersih dalam setiap bulannya Rp. 360.000 x 30 hari = Rp. 10.800.000 waw ini bukan angkat yang kecil dengan hanya berjualan lontong sayur.

Modal Usaha Lontong Sayur

Selanjutnya mari kita ketahui bersama seberapa besar modal usaha lontong sayur yang perlu dipersiapkan oleh pengusaha lontor sayur. Modal awal usaha lontong sayur kurang lebih Rp. 3.930.000. Berikut rinciannya:
  • Kursi dan meja : Rp. 450.000
  • Gerobak minimalis : Rp. 1.500.000
  • Gas dan kompur : Rp. 450.000
  • Peratan masak dan bahan makanan : Rp. 8.50.000
  • Ayam dan lontong : Rp. 500.000
  • Bumbu : Rp. 80.000
  • Lain-lain : Rp. 100.000
Maka total modal usaha lontong sayur yang perlu dipersiapkan adalah Rp. 3.930.000.

Selain gerobak anda juga bisa memanfaatkan mobil untuk bisa digunakan dalam berjualan lontong saayur. Untuk konsepnya kami sudah membahasnya pada artikel berikut Konsep jualan pakai mobil, bisnis simple yang menguntungkan.

Tips Sukses Usaha Lontong Sayur

Masih mengutip kisah mantan manager tadi yang diambil dari laman Republika.co.id terdapat beberapa tips sukses usaha lontong sayur yang bisa diambil sebagai pelajaran:

1. Fahami Keinginan Konsumen

Pertama dari tips sukses usaha lontong sayur adalah penting untuk memahami keinginan dari konsumesn kita. Diantara keinginan tersebut adalah pemilihan waktu buka kios lontong sayur yang tepat. Karena lontong sayur termasuk dari menu sarapan pagi maka baiknya bisa mulai beroperasi pukul 6.00 pagi sampai pukul 9.00. Waktu tersebut adalah prime time untuk jualan lontong sayur.

2. Harus Lebih Bersih

Tips sukses jualan lontong sayur berikutnya adalah pastikan kebersihan harus menjadi nilai lebih dari usaha jualan lontong sayur Anda dibandingkan dengan kompetitor. Bersih modal utama dalam menjalankan usaha apa pun terlebih usaha yang berjenis makanan.

3. Harus Lebih Nyaman

Selain harus lebih bersih nilai plus berikutnya adalah kios lontong sayur milik Anda harus lebih terasa nyaman. Sehingga pelanggan merasa betah berlama-lama dan akan berlangganan tetap.

4. Lebih Cepat Buka

Seperti telah diutarakan diawal bahwa waktu buka kios lontong sayur lebih awal akan lebih baik. Karna banyak dari pelanggan lontong sayur biasanya para perkerja kantoran dan juga para pelajar. Melihat dari waktu-waktu mereka membutuhkan sarapan pagi maka tepat sekali jika dikatakan waktu-waktu terbaik jualan lontong sayur antara pukul 6.30 sampai pukul 09.00 waktu setempat. 

5. Harga Bersahabat

Harga menjadi hal krusial dalam segala bentuk usaha, terlebih usaha dibidang kuliner. Harga boleh sama dengan kompetitor namun harus ada nilai lebih yang nantinya akan menjadi ciri khas dari kios lontong sayur milik Anda. Diantara nilai lebih atau nilai plus tersebut yaitu seperti yang sudah diulas diawal diantaranya: Pahami keinginan konsumen dengan pelayanan terbaik, lebih bersih, lebih nyaman, lebih cepat buka, dan harga yang bersahabat. 

Ingin lebih detail terkait tips sukses jualan lontong bisa simak ulasan Kiat sukses usaha kuliner agar makin laris manis.

Demikian penjelasan terkait dengan bagaimana cara jualan lontong sayur yang bisa dilakukan agar memiliki omset penjualan yang tinggi. Memang cara menjual seperti ini bisa menambah omset, apalagi jika cita rasa yang diberikan sangat khas. Selain itu, terus memberikan yang terbaik dan terus berproses adalah hal penting dalam setiap usaha. Terimakasih dan semoga bermanfaat.