Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui Rincian Modal Jualan Gorengan Beserta Strategi Menjalankannya

Barangku.id - Gorengan adalah jenis makanan merakyat yang sering dibeli berbagai kalangan. Oleh sebab itu, menjalankan usaha ini akan sangat pas dan akan sangat menguntungkan. Namun sebelum itu, perlu tahu dulu berapa modal jualan gorengan beserta dengan rinciannya.

Jika sudah tahu mengenai modalnya, maka mudah untuk memutuskan strategi lain yang tentunya menarik. Pada ulasan kali ini, akan dijabarkan mengenai modal awalnya dan apa saja strateginya. Jika penasaran, simak uraian lengkap yang ada di bawah ini:

Baca juga: Sistem bagi hasil usaha kuliner yang wajib difaahami

Modal untuk Jualan Gorengan

Jika berbicara mengenai modal jualan gorengan, maka akan ada modal awal dan biaya operasional tambahan. Semua aspek ini tentunya harus dipahami rinciannya agar mudah mempersiapkan modal keseluruhan yang akan dibutuhkan.

Modal awal yang dibutuhkan tentunya akan dipakai untuk membeli berbagai peralatan berjualan. Oleh sebab itu, perincian dari modal awal ini harus diketahui dengan jelas dan pasti.apa saja komponen yang dibutuhkan. Berikut beberapa rinciannya:
  • Gerobak: Rp2.000.000.
  • Gas dan kompor: Rp400.000.
  • Peralatan masak: Rp500.000.
  • Peralatan tambahan: Rp300.000.
  • Total: Rp3.200.000.

Selain modal utama yang dipakai untuk membeli peralatan berjualan, ada juga biaya lain yang dibutuhkan yaitu biaya operasional. Dana ini khusus dipakai untuk membeli bahan-bahan membuat gorengan. Berikut rincian dasar yang perlu diketahui:
  • Isi gas elpiji: Rp200.000.
  • Bahan gorengan: Rp3,500.000.
  • Biaya tambahan lain: Rp100.000.
  • Total: Rp3.800.000.
Perlu diketahui, biaya operasional tersebut dihitung per satu bulan. Biasanya, besarannya tidak akan sama untuk tiap bulannya. Hal ini dikarenakan harga bahan-bahan yang terus mengalami kenaikan dan penurunan. Namun perhitungan di atas bisa dibilang yang paling mendekati.

Baca juga: Kiat usaha minyak goreng home industri

Strategi Menjalankan Usaha Jualan Gorengan

rincian modal usaha gorengan
Pahami lebih lanjut rincian
modal jualan gorengan di sini

Selain perlu untuk mengetahui modal jualan gorengan, penting juga untuk tahu tentang strateginya. Ada beberapa strategi dasar yang bisa segera diaplikasikan dengan mudah dari berbagai aspeknya. Berikut beberapa strategi yang bisa segera dijalankan:

1. Sediakan Beragam Gorengan

Strategi pertama adalah dengan menyediakan berbagai macam gorengan. Meski tiap jenisnya tidak disediakan dalam jumlah banyak, namun jika lengkap maka pembeli akan suka. Oleh sebab itu, strategi ini akan sangat disarankan untuk dilakukan.

Agar tahu gorengan apa saja yang diminati, maka diperlukan riset. Langkah ini bisa menentukan jenis gorengan apa saja yang bisa menarik pembeli untuk mencobanya. Selain itu, jika ada rekomendasi jenis gorengan dari pembeli maka pastikan untuk menerimanya dan mempertimbangkannya.

Baca juga: Tips usaha jualan ceker mercon

2. Jaga Kebersihan

Selain dengan menyediakan berbagai jenis gorengan, strategi lain yang bisa dipraktekkan adalah dengan menjaga kebersihan. Jika komponen ini dijaga dengan baik, maka pembeli akan betah dan bisa percaya untuk membeli gorengan lagi.

Apalagi gorengan adalah produk makanan yang langsung masuk ke tubuh manusia. Oleh sebab itu, kebersihannya harus selalu dijaga baik dari segi tempat menggoreng, berjualan, hingga kemasannya. Semua aspek ini harus diperhatikan agar tidak ada kotoran-kotoran yang mengganggu.

3. Lakukan Pembukuan dengan Baik

Meski usaha yang dijalankan adalah usaha kecil berjualan gorengan, namun pembukuan yang jelas harus tetap dilakukan. Dengan melakukan pembukuan dengan baik, maka akan diketahui seberapa besar pengeluaran dan berapa keuntungan yang masuk.

Baca juga: Prospek dan cara jualan roti maryam

Aspek ini tentunya penting untuk berjalannya suatu usaha. Jika tidak ada rincian jelas berapa keuntungan yang didapat, maka usaha yang berjalan tidak akan bisa bertahan lama. Oleh sebab itu, strategi yang satu ini penting untuk diaplikasikan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai modal jualan gorengan serta strategi menjalankannya. Dengan adanya pembahasan ini, maka pihak-pihak yang akan membuka usaha gorengan akan memiliki acuan dasar yang tentunya bisa dijadikan sumber referensi.