Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Mengembangkan Bisnis Jualan Martabak Mini? Lakukan Tindakan Ini!

Barangku.id - Bisnis jualan martabak mini menjadi jenis usaha yang penuh potensi untuk dijalankan. Pasalnya bisnis ini terbilang punya aspek-aspek yang mendukung pengembangan. Mulai dari banyaknya konsumen, variasi yang bisa dilakukan, sampai dengan jumlah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar untuk permulaannya.

Walau demikian, untuk dapat menjadikan bisnis jualan martabak mini ini menjadi besar, tentu tidak boleh dilakukan secara asal. Akan tetapi, sebaiknya disertai dengan strategi yang matang, baik dari segi produksi maupun pengoptimalan pemasaran, yang dapat diterangkan lebih lanjut sebagai berikut:

Bisnis Jualan Martabak Mini
Usaha martabak manis mini

1. Patenkan Resep Produksi Martabak Mini

Tindakan pertama yang harus dilakukan oleh setiap penjual adalah dengan mematenkan resep martabak mini yang dijajakan. Tentunya untuk memperoleh resep tersebut, pemilik usaha harus rajin dalam melakukan percobaan, sampai menemukan resep terbaik yang pas takarannya.

Baca juga: Memahami arti Keep dalam jualan online

Ketika resep didapatkan, pemilik usaha juga perlu untuk mencatat dan menjaga konsistensi dari bahannya. Tujuannya, supaya pelanggan yang sudah akrab dengan cita rasanya dapat mengenang. Lain daripada itu, juga untuk menghindarkan para konsumen dari kekecewaan terhadap rasa yang berubah-ubah.

2. Ciptakan Inovasi pada Produk Sendiri

Selanjutnya, supaya produk martabak mini yang dijajakan lebih memiliki ciri khas, maka pemilik usaha perlu melakukan inovasi. Semisal membuat perubahan dari segi bentuk, varian bahan, pemberian aneka macam toping yang menjadi hiasan, atau cara lain yang menjadikan martabak mini berbeda.

3. Tentukan Lokasi Strategis untuk Pemasarannya

Ketiga, untuk lebih memudahkan pemilik usaha dalam menjangkau setiap calon konsumennya maka perlu untuk menentukan lokasi jualan yang strategis. Utamanya, yang lebih dekat dengan sasaran utama jualan, semisal dekat keramaian, sekolahan, kos-kosan, atau lokasi lain yang memungkinkan calon pembeli berdatangan.

Baca juga: Cara juga baju preloved secara online agar untung banyak

4. Kembangkan Produk di Sosial Media

Selain melakukan upaya pemasaran secara offline dengan mencari lokasi strategis, maka pemilik usaha juga bisa menggalakan promosi di sosial media. Hal ini tidak hanya membuat produk martabak mini semakin dikenal namun juga mempunyai peluang untuk menjaring konsumen yang lebih besar.

Apalagi, jika pemilik memiliki kesadaran sosial media yang tinggi maka bisa menjadikan peluang tersebut semakin besar. Terutama berkaitan dengan pembuatan pos menarik di Instagram atau yang lainnya, yang tentunya sangat efektif dicoba. Dijamin, jika diperhatikan, usaha akan lebih cepat berkembang!

5. Buat Promo Menarik untuk Pelanggan

Terakhir, untuk semakin membuat pelanggan merasa nyaman dengan usaha martabak mini yang dijadikan andalan maka penjual bisa menerapkan aneka promo. Semisal dengan mengikuti pelbagai contoh program berikut ini:

Baca juga: Peluang usaha sosis bakar serba 2000 an dan trik berjualan yang efektif

● Promo gratis bersyarat. Sesekali penjual bisa memberikan promo gratis seperti ini untuk menarik pembeli. Semisal dengan memberi bonus ketika pembelian mencapai batas minimum yang ditentukan. Bonus tidak harus selalu martabak, namun bisa diganti minuman atau lainnya.

● Paket Hemat, Medium, dan Premium. Biasanya orang membuat klasifikasi produk menjadi tiga bagian. Ini bisa diterapkan pada jualan martabak mini, dengan sasaran utama di kelas mediumnya. Harapannya bisa mendapat untung lebih dari kondisi psikologis kebanyakan pembeli.

● Promo potongan harga. Setiap pembeli pasti sangat senang jika diberi diskon ketika mencapai pembelian tertentu. Hal ini bisa diterapkan oleh penjual martabak mini supaya pembelinya betah untuk menjadi langganan.

Selain contoh tersebut, tentunya banyak strategi promosi lain yang lebih efektif dan inovatif untuk diterapkan sesuai dengan atmosfer penjualan. Jadi jika menggunakan promo tersebut, dapat menarik pelanggan agar membeli produk tersebut.

Baca juga: 6 Kelemahan usaha gorengan dan tips meminimalisir kerugian

Itulah tadi sejumlah pembahasan yang dapat diberikan terkait tindakan yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis jualan martabak mini yang menguntungkan. Pastikan selalu, aspek-aspek yang telah disebutkan benar-benar diperhatikan, supaya efektifitas pengembangan usaha dapat lekas dirasakan!