Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Membuka Konter Pulsa Modal Minim Bagi Pebisnis Pemula

Iklim serba digital yang melibatkan gadget dewasa ini telah menjadi pemandangan yang umum terjadi. Dengan adanya iklim tersebut mengharuskan tersedianya sinyal internet yang baik untuk menghubungkan dan berinteraksi lewat jarak jauh. Hal ini tentunya membuka peluang para pengusaha paket data dan pulsa untuk semakin menjamur. Jika Anda tertarik memulainya, berikut adalah tips membuka konter pulsa modal minim yang bisa dicoba.

Peluang usaha bisnis konter pulsa sangat fleksibel berdiri di lingkungan manapun, baik sekolah maupun sekitar perumahan. Simak ulasannya agar bisnis pulsa Anda dapat berhasil dan berlanjut!

Perhitungan Usaha Konter Pulsa

Dalam sebuah usaha, termasuk konter pulsa sekalipun selalu terdapat perhitungan biaya variabel dan biaya tetap. Biaya variabel adalah biaya usaha yang perlu dikeluarkan oleh pemilik usaha bergantung kepada jumlah beban bulanan sehingga nilainya berbeda-beda. Sedangkan biaya tetap adalah biaya usaha yang dibayarkan dengan jumlah yang sama setiap bulannya.

Untuk lebih jelasnya mengenai biaya variabel dan biaya tetap, berikut adalah contoh perhitungannya:

Biaya Tetap

Etalase : Rp1.700.000,-

Telepon deposit : Rp700.000,-

Sewa Kios + listrik :Rp700.000,-

TOTAL : Rp3.100.000,-

Biaya Variabel

Deposit pulsa elektrik : Rp3.500.000,-

Kartu perdana + voucher: Rp5.000.000,-

TOTAL : Rp8.600.000,-

Dari perkiraan perhitungan di atas, Anda sebagai peminat bidang usaha konter pulsa sukses setidaknya perlu menyiapkan modal awal sebesar Rp11.600.000,-.

Baca juga: Perhitungan modal bisnis konter pulsa dan kartu seluler

Perkiraan Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Perhitungan laba yang didapat sejatinya bukan hal yang pasti dan bernilai sama setiap bulannya, namun dengan perkiraan keuntungan ini maka Anda dapat memperhitungan berapa lama modal awal akan dapat kembali.

Dengan banyaknya pengusaha yang sama dalam bidang konter pulsa, umumnya para pengusaha konter pulsa mengambil keuntungan pada margin awal 30-40% untuk voucher internet dan 10% untuk pulsa elektrik. Tidak tingginya keuntungan yang diambil karena konter pulsa perlu mempertahankan eksistensi yang dimiliki di tengah-tengah pesaing yang begitu marak.

Jika diperhitungkan lebih lanjut, berikut adalah perkiraan keuntungan dari usaha konter pulsa.

Keuntungan penjualan pulsa : 10% x Rp3.500.000 = Rp350.000

Keuntungan penjualan voucher : 30% x Rp5.000.000 = Rp1.500.000

Total hasil penjualan : Rp1.850.000

Total penjualan – biaya sewa : Rp1.150.000

Setelah dikurangi dengan biaya sewa dan listrik, maka setiap bulan keuntungan bersih yang Anda dapatkan yaitu berkisar pada Rp1.150.000,-.

9 Tips Membuka Usaha Konter Pulsa Modal Minim

tips membuka usaha konter pulsa
Tips membuka usaha konter pulsa.
Foto: Portalusaha.com
Agar usaha konter pulsa baru dapat berjalan terus menerus, beberapa tips perlu Anda coba terapkan. Tips-tips tersebut akan memberikan performa yang sepadan dengan usaha konter pulsa dengan modal maksimal.

Modal

Karena fokus utama dari pembahasan artikel ini adalah menciptakan usaha konter pulsa dengan modal usaha konter pulsa minim maka modal yang dibahas juga tidak terlalu besar. Meskipun pada perhitungan sebelumnya telah diberikan patokan-patokan berapa modal awal yang perlu dikeluarkan oleh Anda jika ingin membuka usaha konter, namun pada dasarnya modal yang sangat diperlukan adalah modal deposit pulsa elektrik dan voucher internet.

Modal utama perlu difokuskan pada kedua hal tersebut karena usaha konter pulsa modal kecil tidak harus selalu menyewa tempat usaha seperti kios, sehingga Anda dapat memanfaatkan lahan yang tersisa di halaman rumah Anda. Jumlah deposit pulsa elektrik dan voucher pun tidak harus sebesar pada perhitungan sebelumnya, dengan biaya Rp2.000.000-an saja maka usaha ini dapat berjalan.

Dengan cara seperti ini maka modal untuk harga sewa dan biaya listrik bulanan dapat dialokasikan untuk modal pulsa, voucher, dan etalase.

Lokasi Strategis

Jika modal yang Anda miliki mencapai Rp 5000.000,- maka penyewaan kios sangat mungkin untuk dilakukan. Kios yang disewa pun juga harus diperhitungkan, jangan sampai biaya bulanan dan sewa listrik bulanan melebihi keuntungan yang didapat setiap bulannya.

Kios yang cukup ramai lingkungannya dengan biaya sewa dibawah Rp1000.000,- sangat direkomendasikan. Lebih baik lagi apabila kios yang disewa sudah menyediakan biaya listrik sekaligus. Kios pun tidak perlu terlalu besar karena usaha konter pulsa tidak memakan lahan yang begitu besar.

Distributor yang Tepat

Cara membuka konter pulsa untuk pemula sama seperti usaha-usaha lainnya, dibutuhkannya distributor yang murah dan berkualitas adalah kunci dari keberhasilan usaha konter pulsa. Namun perlu diingat, memang mencari distributor yang tepat tidak akan semudah dibayangkan, umumnya membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak masalah jika Anda akan sering berganti distributor nantinya.

Perbedaan distributor dalam menetapkan harga adalah tergantung kualitas yang mereka berikan. Maksud dari kualitas ini adalah terdapat beberapa distributor yang sering memiliki gangguan server, jika hal ini terjadi maka transaksi akan sulit dilakukan.

Menjual Piranti Lain

Untuk menarik para pelanggan, suatu konter pulsa sebaiknya tidak hanya menjual pulsa elektrik dan voucher internet. Penyediaan piranti lain pendukung aksesori handphone sangat bisa menarik para pelanggan.

Baca juga: Cara perhitungan keuntungan jualan pulsa tanpa waktu lama

Jika terdapat modal lebih, Anda dapat menghiasi konter pulsa Anda dengan casing handphone, kabel data atau charger, ataupun headset yang mana harga dari piranti-piranti tersebut tidak terlalu mahal dan masih dapat tertutupi modal yang Anda miliki.

Mematok Harga Jual

Poin ini adalah poin utama saat melakukan pembukaan usaha. Harga jual yang tepat mencerminkan berapa margin keuntungan yang diterapkan.

Berdasarkan perhitungan sebelumnya, penetapan harga jual pada setiap produk yang dijual di konter pulsa untuk pemula sebaiknya mempertimbangkan biaya listrik bulanan, biaya sewa konter, dan biaya modal pulsa serta voucher. Setelah mempertimbangkan poin-poin tersebut maka untung yang didapat akan lebih mudah dipotong untuk membayar tagihan ataupun pengembangan usaha nantinya.

Baca juga: Usaha pendamping konter pulsa yang prospek

Tidak Melayani Hutang

Dengan usaha yang minim maka sebaiknya memberikan hutang kepada pelanggan tidak pernah Anda lakukan. Hal ini karena dengan memberikan hutang maka akan mengurangi biaya modal awal dan bulanan yang harus Anda keluarkan. Hal ini secara langsung juga akan mengurangi keuntungan yang Anda dapatkan jika Anda dengan mudah memberikan kelonggaran hutang kepada pelanggan konter pulsa.

Pelayanan Sopan

Selain menyediakan berbagai produk yang beragam, memberikan pelayanan yang sopan dan ramah adalah hal yang wajib. Dengan memberikan pelayanan yang sopan maka akan memberikan kesan kepada para pelanggan untuk melakukan pembelian voucher internet dan pulsa secara berkelanjutan.

Pelayanan yang sopan pun juga harus diberikan kepada sang pelanggan yang hanya menanyakan harga produk tanpa jadi untuk membelinya.

Baca juga: 7 Desain konter pulsa menarik pelanggan dan tipsnya

Promosi Lebih Gencar

Promosi adalah hal wajib untuk meningkatkan usaha. Di zaman sekarang ini promosi konter pulsa sangat mudah dilakukan. Anda dapat mempromosikan melalui WhatsApp maupun social media seperti Instagram dan Facebook.

Itulah beberapa tips membuka konter pulsa modal minim yang dapat Anda coba terapkan.