Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Penerapan Cara Usaha Kecil Kecilan, Keuntungannya, serta Contoh-contoh Ide Usahanya

Barangku.id - Badai resesi yang sejak tahun lalu sudah digembar-gemborkan tentu membuat sebagian masyarakat khawatir akan terkena dampaknya. Sebenarnya, kita dapat mengurangi kekhawatiran tersebut dengan cara usaha kecil kecilan dengan modal yang kecil juga.

Usaha dikategorikan kecil-kecilan apabila pekerjanya kurang atau tidak lebih dari 50 orang dan merupakan milik perseorangan. Usaha biasanya bisa dimulai tanpa atau dengan modal sedikit, dan tidak harus berbadan usaha ataupun bertoko permanen.

Meskipun tidak langsung menghasilkan keuntungan yang besar, namun usaha kecil-kecilan ini tidak bisa disepelekan. Selain banyak macamnya, keuntungan yang diperoleh bisa digunakan untuk menyokong keuangan, dan tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja.

usaha kecil kecilan untuk pemula
Tips usaha kecil kecilan

Keuntungan yang Bisa Didapat dari Membangun Usaha Kecil-kecilan

Tidak ada salahnya membangun usaha Anda dengan menerapkan cara usaha kecil kecilan terlebih dahulu. Karena, banyak perusahaan besar di luar sana yang bermula dari sebuah usaha kecil. Semua bisa dikembangkan setelah usaha sudah berjalan.

Baca juga: Usaha sampingan di rumah untuk laki laki

Jika Anda membangun sebuah usaha kecil, tentu terdapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh. Tidak hanya membantu mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan ada banyak hal yang bisa didapatkan. Berikut adalah rincian keuntungan yang bisa Anda didapatkan:
  • Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Besaran modal hanya sekitar ratusan ribu ataupun jutaan rupiah saja. Usaha kecil-kecilan tertentu bahkan bisa saja dibangun tanpa modal, contohnya reseller dan dropshipper.

  • Usaha bisa dimulai lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh perencanaan, persiapan, proses, hingga pengambilan keputusannya jauh lebih mudah. Usaha yang skalanya lebih besar butuh jauh lebih banyak pertimbangan dibandingkan usaha kecil.

  • Sifat usahanya lebih fleksibel. Usaha kecil bisa lebih cepat beradaptasi dengan pasar dan membuka peluang inovasi yang lebih besar.

  • Usaha kecil-kecilan jauh lebih bebas. Pemilik usaha bebas untuk mengatur haluan, strategi, serta keputusan bisnisnya sendiri.

  • Dapat menggerakkan roda perekonomian sekitarnya. Apabila usaha kecil yang Anda bangun membutuhkan karyawan, hal itu dapat membuka lapangan kerja untuk warga sekitar atau orang yang membutuhkan.

Cara Membangun Usaha Kecil-kecilan dengan Modal yang Minim

Seorang pengusaha harus tetap belajar agar mengetahui cara usaha kecil kecilan yang aman. Kerugian dari usaha kecil-kecilan mungkin memang tidak seberapa, namun hal itu tetap akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan Anda.

Jika telah memahami caranya, resiko mengalami kerugian akan lebih rendah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membangunnya:
  • Pikirkanlah dahulu usaha apa yang akan dibuat. Anda bisa memilih membuat usaha yang sesuai dengan passion. Namun tidak masalah jika Anda ingin membuat usaha yang tengah populer serta potensial.

  • Jangan malas untuk melakukan riset pasar. Hal ini akan sangat berguna untuk mengetahui target market, jenis bisnis apa yang mau didalami, serta mengetahui kompetitor terdekat.

  • Buatlah rencana bisnis dan keuangan. Hal ini merupakan pegangan yang tidak boleh dilepaskan. Perencanaan akan sangat membantu Anda untuk tetap on track, baik dari segi perkembangannya maupun penggunaan modal.

  • Persiapkanlah modal sesuai kebutuhan usaha. Namun gunakanlah modal sesuai dengan rencana anggaran yang sudah dibuat. Modalnya sendiri bisa berasal dari dompet sendiri ataupun meminjam pada kolega, bank, dan investor.

  • Carilah bahan baku yang terjangkau namun berkualitas. Pertimbangkanlah juga jarak antara pemasok bahan baku dengan tempat usaha untuk menekan biaya pengiriman.

  • Berpromosi dari orang-orang terdekat. Lakukan promosi ke keluarga, teman, ataupun tetangga terdekat. Bahkan bisa pula memanfaatkan media sosial yang dimiliki agar jangkauannya lebih luas.

  • Aturlah cash flow keuangan. Pisahkanlah antara uang hasil usaha dengan uang pribadi Anda. Salah satu pemicu kegagalan pada banyak usaha adalah pengaturan keuangan yang buruk.

  • Lakukanlah evaluasi usaha secara rutin. Mungkin usaha Anda masih kecil, namun meski begitu, evaluasi tetap dibutuhkan, apalagi mengenai keuangannya. Evaluasi membantu untuk mengetahui kenaikan ataupun penurunan pada usaha Anda.

  • Sisihkan dana untuk pengembangan usaha. Tidak lupa pula untuk menyisihkan dana agar usaha bisa semakin berkembang. Tentu hal ini perlu dilakukan secara konsisten agar sesuai goal yang ingin dicapai.

Contoh Ide Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Dipilih untuk Dikembangkan

Karena ide adalah hal yang pertama yang harus dipikirkan pada penerapan cara usaha kecil kecilan, Anda tentu membutuhkan referensi. Apabila mau mengulik lebih jauh, sebenarnya ada banyak ide yang bisa diterapkan untuk dijadikan usaha kecil-kecilan.

Jangan terburu-buru jika sedang berada di tahap ini. Sebab, keputusan yang dibuat saat mencari ide akan berpengaruh terhadap keseluruhan proses membangun dan menjalankan usaha. Berikut adalah referensi ide usaha yang bisa menjadi inspirasi usaha Anda:
  • Usaha minim modal. Biasanya usaha ini cocok untuk kalangan pelajar/mahasiswa. Anda bisa memilih usaha online shop tanpa modal seperti reseller, dropship, berjualan pulsa, usaha fotokopi materi, atau membuka franchise minuman.

  • Usaha yang berlokasi di rumah. Contohnya seperti warung kopi dan gorengan. Usaha laundry dan catering kecil-kecilan juga potensial untuk didirikan.

  • Usaha musiman. Anda bisa menjual kue kering untuk hari raya, menyediakan parcel, dan menjual aksesoris natal. Namun pastikan produk memiliki kelebihan dibandingkan kompetitor lainnya.

  • Usaha penyedia jasa. Jika tinggal di daerah wisata, Anda bisa menawarkan diri sebagai jasa tour guide atau fotografer.

  • Membuka thrift shop atau toko pakaian bekas. Toko bisa dibuat secara online maupun offline. Usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun, tidak terbatas dari kalangan mahasiswa, karyawan, ataupun ibu rumah tangga.

  • Membuat produk DIY. Bisa berupa kreasi sabun, souvenir pernikahan, hantaran, ataupun mahar.
Berikut rekomendasi usaha kecil kecilan yang bisa anda pertimbangkan: Contoh usaha kecil kecilan di rumah

Demikianlah pembahasan mengenai penerapan cara usaha kecil kecilan, keuntungan yang bisa didapatkan, serta contoh-contoh ide usahanya. Kemauan untuk membuat usaha yang besar akan berbuah hasil yang baik jika ditunjang dengan pengetahuan dasarnya.