Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Syariah Terbaik untuk Para Investor Pemula

Barangku.id - Seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang mulai belajar investasi terutama bagi para investor pemula. Dalam memilih produk investasi pun harus benar dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kehalalan dari setiap produk investasi.

Kali ini akan dijelaskan mengenai investasi syariah terbaik untuk Anda yang masih merupakan investor pemula. Langsung saja baca ulasannya berikut ini.

1. Reksadana Syariah Mandiri

Investasi Syariah Terbaik
Ilustrasi investasi syariah terbaik

Pertama, ada reksadana syariah Mandiri. Ini merupakan produk investasi syariah yang terbaik untuk para investor. Produk investasi syariah ini memberikan tingkat likuiditas yang lumayan tinggi dan mudah dicairkan kapan saja ketika dibutuhkan. Selain itu, reksadana jenis ini juga memberikan tingkat pendapatan investasi yang lebih menarik.

Reksadana Syariah Mandiri adalah jenis reksadana pasar uang yang telah didenominasi oleh Rupiah. 100% dana yang dikelola akan masuk ke dalam instrumen pasar uang. Minimum pembelian produk ini yaitu 100 ribu rupiah dan minimum penjualannya adalah 10 ribu rupiah.

2. Emco Barokah Syariah

Selanjutnya ada Emco Barokah Syariah. Emco Barokah Syariah telah dirilis oleh perusahaan PT Emco Asset Management dengan bank kustodian Bank Mandiri (Persero) Tbk. Nilai NAB dari reksadana jenis ini cenderung lebih stabi; tiap tahunnya, jadi jika Anda investor pemula, sangat cocok investasi syariah ini dengan risiko yang lebih rendah.

Perlu diketahui juga bahwa imbal hasil atau keuntungan yang didapatkan dari investasi syariah ini ialah 4,57%. Seluruh dana yang telah terkumpul akan dimasukkan ke instrumen pasar uang dan juga deposito syariah.

3. BNP Paribas Pesona Syariah

Investasi syariah terbaik selanjutnya adalah BNP Paribas Pesona Syariah. Apabila Anda mencari reksadana syariah yang memperoleh keuntungan lebih dari 5%, maka investasi produk ini menjadi pilihannya. Reksadana investasi ini memberikan imbal hasil atau keuntungan hingga lebih dari 7%.

BNP Paribas Pesona Syariah ini juga menanamkan sahamnya di PT Astra International Tbl, PT Indofood Sukses MakMUR, PT Telkom Indonesia (Persero), dan juga PT Unilever Indonesia Tbk. Anda bisa membeli produk reksadana syariah ini di berbagai platform investasi yang saat ini sedang menjamur.

4. BSI Reksadana Syariah

Investasi syariah terbaik selanjutnya adalah BSI Reksadana Syariah. Ini merupakan jenis reksadana yang sedang naik daun dan banyak diminati terutama di kalangan anak muda. BSI memberikan fasilitas dan juga layanan jenis investasi dalam nilai syariah yang tentunya bebas riba.

Anda bisa memulai investasi syariah BSI ini dengan mudah di berbagai platform investasi. Anda pun bisa bebas memilih nominal yang diinginkan untuk menyetor investasi, agar selanjutnya bisa digunakan kembali apabila Anda membutuhkannya.

5. Reksadana Syariah BNI

Berikutnya ada reksadana syariah BNI. Reksadana ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pertambahan nilai investaso yang paling optimal dengan cara memasukkan uang ke instrumen efek syariah. Sifatnya ekuitas dan juga deposito syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip modal syariah yang ada di Indonesia.

Persentase reksadana ini hingga 80% yang bersifat ekuitas, sementara itu sisanya disimpan pada pasar uang syariah ataupun deposito syariah. Reksadana ini memang memiliki tingkat risiko yang tingi, namun tetap memberikan keuntungan yang tinggi pula. Jadi, investasi ini sangat cocok untuk investasi jangka panjang.

6. Reksadana CIMB Syariah

Investasi syariah terbaik lainnya adalah reksadana CIMB syariah. Ini merupakan suatu bentuk reksadana yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi keuntungan untuk jangka panjang, yang mana akan ditempatkan aset ke dalam instrumen saham. Reksadana yang satu ini juga direkomendasikan untuk investasi jangka panjang.

Anda bisa memulai investasi syariah CIMB ini mulai dari 100 ribu rupiah, dengan penambahan minimum transaksi selanjutnya adalah 100 ribu rupiah. Dengan nominal tersebut, tentu Anda bisa dengan cukup mudah mengeluarkan uang 100 ribu rupiah per minggu atau per bulan bagi Anda yang masih investor pemula.

7. MNC Dana Syariah

Berikutnya ada MNC Dana Syariah yang telah rilis sejak tahun 2006. Produk ini mempunyai potensi imbal hasil yang cukup baik dengan imbal hasil hingga 4,52% per tahun dan juga 19,82% dalam 3 tahun. Investasi ini dikelola oleh pihak PT MNC Asset Management dan PT Bank Negara Indonesia (persero).

Apabila Anda tertarik untuk membeli produk investasi ini, Anda sudah memilih pilihan yang tepat. Sebab, investasi syariah MNC ini sudah dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam dan bebas dari unsur riba ataupun gharar. Tujuan investasi ini juga menjaga pertumbuhan investasi agar tetap dalam kondisi stabil.

8. Simas Syariah Unggulan

Simas Syariah Unggulan menjadi salah satu investasi syariah terbaik yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka panjang, maka investasi ini adalah pilihan yang tepat, karena investasi Simas Syariah Unggulan ini memberikan keuntungan untuk jangka panjang.

Simas Syarian Unggulan ini dapat menghasilkan keuntungan hingga 22,4% dalam 3 tahun. Selain itu, saham reksadana ini juga berada di Bank BRI Syariah Tbk, PT Integra Indocabinet Tbk, dan di berbagai perusahaan lainnya.

9. Bahana Likuid Syariah

Selanjutnya adalah Bahana Likuid Syariah, ini adalah produk yang unggul dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2015 oleh PT Bahana TCW Investment Management. Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini cukup tinggi, yakni hingga 5,87% per tahun.

Bahana Likuid Syariah juga menanamkan deposito di Bank Sinarmas Syariah, Bank Sumur Syariah, Bank Syariah Bukopin, BPD Riau Kepri Syariah, dan juga Bank Muamalat. Anda bisa membeli produk investasi ini mulai dari 100 ribu rupiah, yang pastinya bisa ditingkatkan di waktu-waktu investasi selanjutnya.

10. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Terakhir ada Sucoinvest Sharia Equity Fund yang menjadi investasi syariah terbaik di Indonesia. Sucorinvest Sharia Equity Fund adalah reksadana syariah terbaik yang telah dirilis pada tahun 2007 lebih tepatnya di bulan November. Hampir semua dana yang masuk akan dikelola oleh Manajer Investasi, kemudian dimasukkan ke dalam saham di berbagai perusahaan.

Beberapa perusahaan tersebut ialah PT Buyung Poetra Sembada Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, dan juga PT Samindo Resources Tbk. Apabila Anda ingin investasi jangka panjang, ini merupakan salah satu pilihan produk yang tepat karena memberikan keuntungan yang cukup bagus untuk investaso jangka panjang.

Dari sekian banyak investasi-investasi yang ada di Indonesia, sepuluh yang telah disebutkan di atas adalah yang terbaik. Anda bisa memilih tergantung dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dalam memilih produk investasi juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi keungan Anda, jadi Anda tidak bingung untuk memilih produk investasi.

Demikian 10 investasi syariah terbaik di Indonesia yang ditujukan untuk para investor pemula yang masih ingin belajar investasi. Cobalah untuk memulai investasi dan merasakan manfaatnya di masa mendatang.