Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Dropship Buat Pemula, Apa Saja?

Kelebihan dan kekurangan bisnis online mesti Anda ketahui sebelum mulai menjadi dropshipper barang dari pihak ketiga ke konsumen.

Setidaknya ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Pertama, dengan tahu apa saja kelebihan atau kekurangan, Anda dapat mengukur bagaimana usaha yang sedang dibangun ke depannya, menguntungkan atau tidak bagi konsumen.

Pada sisi lain, Anda pun berkesempatan untuk mengantisipasi segala kekurangan yang bakal muncul beberapa hari ke depan. Dengan demikian, usaha yang dibangun bisa bertahan lama meskipun beragam halangan muncul.

Sebenarnya masih banyak alasan mengapa Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online dropshipper berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Dropship

Kelebihan Bisnis Dropshipper

Sama seperti jenis usaha lain, dropship menawarkan beragam kelebihan kepada seluruh penjual. Semuanya bisa dirasakan apabila Anda memutuskan menjadi seorang dropshipper. Lebih lanjut, inilah pembahasan lengkap untukmu:

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
Yuk kenali lebih dalam kelebihan dan
kekurangan bisnis online
1. Tidak Membutuhkan Tempat Luas

Anda hanya berkewajiban untuk menjual barang ke seluruh konsumen, tanpa menyetok barang tersebut dan membungkusnya agar semakin menarik.

Dengan demikian, usaha dropship tidak membutuhkan tempat luas. Kamar sendiri dengan luas kurang dari 10 meter persegi saja, usaha tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya. Itulah menjadi kelebihan dan kekurangan bisnis online dropship pertama pada pembahasan kali ini.

2. Modal Sedikit

Karena tidak membutuhkan tempat luas, modal usaha dropship sangat sedikit. Anda hanya perlu uang untuk membayar kuota agar transaksi bersama konsumen berjalan lancar. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Hal tersebut berbanding terbalik apabila Anda membuka usaha secara langsung, semisal angkringan makanan. Niscaya, Anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit, bahkan mencapai puluhan juta rupiah.

3. Tidak Perlu Belajar Banyak

Kelebihan dan kekurangan bisnis online selanjutnya adalah Anda tidak perlu belajar banyak bila hendak memulai usaha dropship. Anda hanya perlu mengikuti pelatihan selama seminggu yang disediakan oleh berbagai lembaga.

Bila tidak, Anda bisa belajar lewat pengalaman. Niscaya, metode satu ini efektif dalam memberikanmu pengajaran berlebih. Segala informasi dapat terserap dengan sangat baik sehingga cocok dijadikan bekal buat kedepannya.

4. Jenis Produk Banyak

Kelebihan dan kekurangan bisnis online dropship beriktunya adalah Anda bisa menjual jenis produk dalam jumlah besar, mulai dari sepatu sampai tas sekolah. Semuanya memiliki harga sendiri yang disesuaikan dengan kualitas barang tersebut lengkap ongkos kirimnya.

Dengan melimpahnya jenis produk, konsumen dipersilakan untuk memilih barang sesuai keinginan mereka masing-masing. Memilih barang yang kualitas dan desainnya bagus. Niscaya, tingkat penjualan meningkat dan Anda menjelma menjadi salah seorang yang kaya mendadak.

5. Lebih Hemat Tenaga

Dropship tidak berkewajiban untuk mengelola stok barang. Usaha ini hanya bertugas untuk menjual barang kepada seluruh konsumen. Atas fakta demikian, tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Selain itu, waktu yang dihabiskan juga tidak mengganggu aktivitas lain. Anda pun berpeluang untuk melakukan kegiatan lain sekiranya penting, seperti mengikuti kelas di perkuliahan atau sekolah. Itulah salah satu contoh kelebihan dan kekurangan bisnis online terkhusus di usaha dropship. 

Baca juga: Ide usaha modal kecil untung besar

Kekurangan Bisnis Dropship

Pada hakikatnya, setiap hal di dunia ini pasti berpasang-pasangan. Ada cantik ada pula tampan. Ada kelebihan dan kekurangan. Buat kesempatan kali ini, mari kita ulas apa saja yang menjadi kekurangan bisnis dropship.

1. Kualitas Barang Kurang Terjamin

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, dropship hanya menjual barang. Mereka tidak punya kesempatan untuk mengecek kualitas barang terlebih dulu. Berbeda halnya seorang reseller atau distributor.

Maka kualitas barang agak kurang terjamin. Barang yang datang terkadang tidak sesuai seperti tertera pada deskripsi. Tak jarang para konsumen tidak percaya lagi terhadap dropship dan penjual. Bila ini terjadi, kesempatan checkout setiap hari semakin berkurang dan Anda harus mencari orang baru supaya mau membeli produk.

2. Pengiriman Lama

Sistem jualan online lain tidak membutuhkan waktu pengiriman yang lama. Maksimal hanya 1 minggu setelah barang dibayar. Pasalnya barang bisa dikirimkan langsung oleh penjual ke konsumen tanpa melewati pihak ketiga.

Namun buat sistem dropship sendiri, pengiriman produk ke konsumen bakal berlangsung cukup lama, apalagi mereka yang tinggal di luar pulau Jawa. Mengingat banyak prosedur yang mesti diurus kedua belah pihak.

3. Barang Tidak Bisa Dikembalikan

Buat satu ini, sebenarnya dikembalikan lagi ke kebijakan masing-masing toko. Ada toko yang memperbolehkan konsumen untuk meretur barang. Tentu saja, mereka akan menukarkan dengan yang baru. Pada sisi lain, ada toko yang melarangnya karena merugikan bagi penjual.

Di antara kedua perkara di atas, umumnya toko tidak memiliki kebijakan mengembalikan barang. Meskipun telah dilakukan pengajuan berulang kali. Kebijakan ini menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan bisnis online dropship ketimbang sistem lain.

4. Komisi Sedikit

Bagi pemula, komisi dropship terlihat besar. Apalagi kalau Anda berhasil menjual barang dalam jumlah banyak setiap hari. Buktinya adalah, anggap saja Anda menjual ponsel seharga 1 juta rupiah. Kemudian keuntungannya mencapai 100 ribu rupiah per unit. Jika berhasil mendapatkan 10 pembeli, setiap hari Anda mendapatkan komisi 1 juta rupiah.

Meski terlihat besar, ternyata angka tersebut masih rendah bila dibandingkan dengan penjual pertama. Pasalnya setiap barang keluaran pabrik biasanya sangat murah mengingat kuantitas pembelian yang besar. Bisa saja penjual pertama memasang keuntungan yang jauh lebih besar ketimbang seorang dropshiper.

Komisi sedikit menjadi poin penutup dari kelebihan dan kekurangan bisnis online yang tercatat pada artikel kali ini.