Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Resiko Usaha Konter Pulsa yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai

Barangku.id - Bisnis konter pulsa mulai dilirik oleh masyarakat karena kemudahan dalam menjalankannya. Namun, tentu tetap ada resiko usaha konter pulsa yang harus dijadikan bahan pertimbangan. Semua bisnis memiliki keunggulan serta kelemahannya, namun dengan mengetahui risiko maka bisa diantisipasi sejak dini.

Tidak dapat dipungkiri, pulsa memegang peran penting bagi pengguna smartphone agar bisa menggunakan fungsinya. Wajar jika konter pulsa semakin marak bermunculan di berbagai tempat. Bagi yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini, ada baiknya mengetahui kemungkinan risiko yang bisa terjadi.

Apa Resiko Usaha Konter Pulsa?

Resiko Usaha Konter Pulsa yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai
Foto ilustrasi resiko usaha konter pulsa

Berikut uraian terkait resiko apa sajakah yang bakal dialami bagi pengusaha konter pulsa. Yuk simak agar menambah wawasan terkaik bisnis konter pulsa yang sedang ramai digandrungi para pengusaha milenial.

1. Pemilihan Distributor yang Kurang Tepat

Faktor utama yang penting untuk diperhatikan sebelum memulai usaha ini yaitu mencari distributor. Pelaku usaha perlu memastikan bahwa distributor yang diajak bekerjasama dapat dipercaya, memiliki support, dan sepak terjangnya terbukti. Pada tahap ini terdapat risiko kekeliruan dalam memilih distributor.

Baca juga: Tips membuka usaha konter pulsa modal minim

Untuk menghindari risiko ini, tanyakan dengan jelas seluruh prosedur hingga harga yang ditentukan. Pastikan harganya standar untuk terhindar dari distributor abal-abal. Salah satu yang disarankan yakni Alfa Trans Pulsa, unit dari CV Alfa Trans yang terpercaya dengan harga bersahabat.

2. Ada Pelanggan yang Berhutang

Di konter pulsa, seringkali terdapat pelanggan yang berhutang terlebih dahulu dan berjanji membayar di waktu tertentu. Namun, hal ini bisa menjadi resiko usaha konter pulsa jika pelanggan tersebut terlambat untuk membayar.

Padahal, pemilik usaha juga perlu membayarkan pelunasannya kepada distributor. Apabila sering terjadi, akibat yang sering terjadi adalah mencari pinjaman agar tagihan tersebut dapat dilunasi sementara. Namun tentunya ini akan membuat pemilik usaha merugi.

Baca juga: Perhitungan modal bisnis konterl pulsa dan kartu seluller

3. Gangguan Pada Operator

Resiko usaha konter pulsa yang satu ini tidak dapat terhindarkan, karena gangguan bisa saja terjadi pada operator sewaktu-waktu. Hal ini tentu di luar kendali pelaku usaha. Padahal, masalah ini bisa menjadi kendala berbagai transaksi, termasuk pemesanan pulsa ke distributor.

Dari segi pembeli, tentunya juga dapat terkena imbasnya. Pulsa biasanya terlambat masuk meski sudah dilakukan pengisian sehingga perlu bersabar. Penjaga konter perlu dibekali kemampuan untuk menjelaskan permasalahan seperti ini dengan baik.

Baca juga: Ide usaha kecil yang menjanjikan saat ini

4. Banyak Pesaing

Faktor pesaing merupakan risiko yang sudah dapat diprediksi, mengingat banyaknya yang menyediakan layanan sejenis. Terlebih dengan meningkatnya kebutuhan akan pulsa. Tentunya hal ini menjadi tantangan bisnis yang semakin ketat.

Agar tetap bisa menarik minat konsumen, pelaku usaha harus lebih kreatif. Mengingat zaman yang berkembang pesat, media sosial bisa menjadi platform andalan. Lakukan promosi dengan cara yang lebih kekinian dan menjawab kebutuhan pelanggan agar membedakannya dari usaha sejenis.

5. Harga Pulsa Cenderung Flat

Berikutnya ada resiko yang berkaitan dengan harga. Seperti yang diketahui, harga pulsa relatif flat. Artinya, tidak mengalami peningkatan yang berarti sejak dulu hingga saat ini. Tidak mudah menaikkan harga dari pulsa seperti harga sembako maupun produk jualan yang lain.

Oleh sebab itulah, persaingan bisnis pulsa menjadi semakin ketat. Berkaitan dengan masalah harga dari pulsa yang tidak banyak berubah, pelaku usaha perlu lebih kreatif dalam mengakalinya. Misalnya dengan menjual produk lainnya. Contohnya menjual aksesori hp, layanan untuk transaksi online, dan sebagainya yang berkaitan.

Baca juga: 11 Aplikasi pendukung bisnis online terbaik yang wajib pembisnis tahu

6. Modal Sewa Cukup Besar

Lokasi berperan penting dalam menentukan apakah tempat menjual pulsa bisa ramai pengunjung. Pasalnya, tidak banyak orang yang memiliki cukup modal untuk membuka konter di tempat yang strategis.

Masih banyak yang menyewa tempat, tentunya memerlukan modal lumayan besar jika ingin berada di area tertentu. Alternatif jika modal sewa belum mencukupi adalah memulai dari usaha di rumah, didukung dengan pemasaran online untuk menjangkau banyak orang.

Terasa kurang lengkap jika Anda hanya memikirkan resiko tanpa berusaha menggali lebih dalam dari keuntungan usaha konter pulsa. Dengannya Anda bisa ketahui juga keuntungan bisnis konter Hp yang menjanjikan agar penilaian antara resiko dan keuntungan bisa seimbang.

Demikian pembahasan mengenai beberapa resiko usaha konter pulsa. Dengan memahami kemungkinan tersebut, maka calon pelaku usaha dapat melakukan antisipasi. Mulai dari mencari informasi yang jeli. Apalagi usaha ini termasuk menjanjikan karena dibutuhkan banyak orang, terutama dengan perencanaan matang.