Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Cara Menjadi Admin Sosial Media

Cara menjadi admin sosial media - Sosial media sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sekarang. Mulai dari mencari hiburan hingga menjadi sumber pekerjaan bisa dilakukan melalui sosial media. 

Akses yang mudah serta banyaknya ragam konten yang ada di sosial media menjadi daya tarik bagi masyarakat. Tak hanya anak muda yang menggandrungi sosial media, para orangtua pun juga ikut meramaikan sosmed.

Seperti disebut tadi, tak hanya untuk hiburan yang bisa dicari, namun uang juga bisa dicari lewat bermain sosial media. Salah satu pekerjaan yang mengandalkan sosial media adalah menjadi admin suatu akun sosmed. 

Dengan semakin banyaknya akun usaha yang ada di sosmed, membuat para pelaku bisnis membutuhkan seseorang yang dapat mengatur akun sembari melakukan interaksi dengan para konsumen mereka. Untuk anda yang tertarik dengan profesi ini, yuk ketahui apa arti menjadi seorang admin sosial media dan juga tips menjadi seorang admin sosial media yang sukses.

Mengenal Admin Sosial Media

Tips Bisnis Cara Menjadi Admin Sosial Media
Tips Bisnis Cara Menjadi Admin Sosial Media

  1. Apa itu Admin Sosial Media

Administrator atau biasa disingkat Admin adalah seseorang yang ditugaskan untuk mengurus dan mengoperasikan hal-hal yang menyangkut tentang administrasi. Dalam kasus admin sosial media, mereka ditugaskan untuk mengelola segala hal yang berhubungan dengan platform media sosial guna melakukan promosi atau penyampaian informasi dari suatu brand atau tokoh tertentu kepada para pengguna internet.

Baca juga Tips Bisnis Menjalankan Usaha Affiliate Marketing

  1. Peran Admin Sosial Media

Sebagai orang yang diberikan jabatan oleh suatu perusahaan, tentu seorang admin sosial media mengemban tugas dan peran tertentu. Berikut daftarnya:

Menjaga Akun

Seorang admin sosial media diwajibkan untuk selalu menjaga akun yang ditangguhkan kepada mereka, baik dari segi privasi dan juga keamanan. Mengingat kejahatan di sosial media semakin marak terjadi, maka seorang admin sosial media harus memastikan bahwa akun yang mereka urus sudah diatur dan dilengkapi keamanan sesuai kebijakan platform. 

Tujuannya adalah untuk meminimalisir resiko terhadap pembajakan, penyadapan, atau peretasan akun yang bisa mempengaruhi citra perusahaan tersebut.

Merancang dan Menayangkan Konten

Tak hanya berperan sebagai penjaga keamanan, seorang admin sosial media juga dituntut untuk mempunyai pemikiran yang kreatif guna menciptakan konten yang menarik untuk ditampilkan di akun perusahaan atau brand tersebut. 

Baca juga Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Edit Foto

Mulai dari mencari referensi, menyiapkan foto atau video, melakukan editing, dan menentukan caption menjadi tanggung jawab anda. Maka dari itu, anda yang ingin bekerja menjadi seorang admin sosial media diharuskan untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan dasar menggunakan kamera dan juga software editing.

Berinteraksi dengan Followers

Skill komunikasi yang baik juga dibutuhkan untuk pekerjaan ini, pasalnya anda pasti akan berhadapan dengan para pengikut akun tersebut yang akan memberikan komentar dan juga mengajukan berbagai pertanyaan, sehingga anda harus mampu memberikan respon yang baik.

Membuat Laporan

Menjadi seorang pengawas tentunya tak luput dari membuat laporan. Anda nantinya akan membuat laporan perihal insight akun yang mencangkup naik turunnya followers, jumlah interaksi, serta unggahan yang engagementnya tinggi. Laporan ini akan berguna bagi perusahaan sebab bisa dijadikan sebagai acuan membuat strategi marketing yang paling efektif.

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Jasa Ketik Yang Menjanjikan

Tips Menjadi Admin Sosial Media

  1. Mengenal Perusahaan

Tentunya sebelum anda mencalonkan diri sebagai seorang admin, anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk-beluk dari perusahaan yang akan anda urus akunnya nanti. Meski anda tidak diwajibkan datang ke kantor, mengenal perusahaan adalah suatu keharusan agar anda dapat menentukan jenis konten yang akan dibuat serta cara berkomunikasi dengan followers. Mengenal perusahaan juga membantu anda mengenal produk yang nantinya akan diiklankan, serta target pasar yang diincar oleh perusahaan.

  1. Kreatif dan Responsif

Seperti yang sudah ditulis diatas, anda juga harus menjadi pribadi yang kreatif ketika mengemban jabatan ini. Sebab, tugas anda nantinya adalah untuk menciptakan konten-konten menarik yang bisa menaikkan nilai jual produk dari perusahaan anda. 

Sisi kreatif ini juga dibutuhkan agar konten yang di-post di akun perusahaan tidak monoton dan hanya terpaku pada produk saja. Selain itu, mampu memberi respon yang cepat dan tepat juga sebuah kemampuan yang harus dimiliki seorang admin sosmed. Selain merespon terhadap komentar atau pertanyaan, anda juga harus responsif terhadap update yang ada pada platform sosial media yang anda gunakan.

  1. Teliti

Ketelitian pastinya penting dalam pekerjaan apapun, termasuk admin sosial media. Anda harus selalu awas dengan konten yang anda upload karena citra perusahaan ditaruhkan disana. Anda juga harus mengetahui waktu-waktu yang pas untuk mengunggah konten sehingga engagement terhadap perusahaan anda meningkat. Maka dari itu, sebaiknya anda review terlebih dahulu konten yang anda upload dan mengunggah disaat yang tepat.

Itulah pembahasan tentang admin sosial media serta tips-tips menjadi seorang admin sosial media. Jika anda memang seorang pegiat sosial media, tak ada salahnya menjadikan hobi anda itu sebagai pekerjaan.