Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Usaha Kecil Kecilan di Rumah Dengan Keuntungan yang Menjanjikan

Barangku.id - Bagi siapa pun yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah, biasanya memiliki banyak golongan waktu yang tidak difungsikan. Oleh sebab itu, membuka usaha di rumah akan sangat direkomendasikan. Contoh usaha kecil kecilan di rumah akan di jelaskan di sini.

Namun bukan hanya daftar usahanya saja, cara memulainya juga harus diketahui. Apabila semua rangkaian prosesnya diketahui, maka usaha bisa berjalan dengan lancar. Jika penasaran apa saja contoh usahanya dan bagaimana cara memulainya, simak uraian berikut ini:

Usaha Kecil-kecilan Apa yang Laris?

contoh usaha kecil kecilan di desa
Contoh usaha kecil kecilan
untuk ibu rumah tangga

Contoh usaha kecil kecilan di rumah bisa dijadikan acuan bagi yang masih bingung dalam pemilihannya. Ide usaha kecil-kecilan yang laris sebenarnya ada banyak. Penasaran usaha apa saja yang direkomendasikan? Untuk mengetahuinya, simak daftar berikut ini:

1. Usaha Catering

Pilihan usaha pertama yang sangat direkomendasikan adalah membuka usaha catering. Saat ini, kebutuhan jasa catering banyak dibutuhkan pada acara-acara tertentu. Jadi bisa dibilang usaha semacam ini tidak akan pernah sepi pembeli.

Baca juga: Usaha sambal kemasan rumahan

Agar usaha catering yang dijalankan di rumah bisa dilirik pembeli, maka pastinya untuk membuat makanannya dari bahan-bahan yang berkualitas. Kemudian pastikan untuk menjaga cita rasanya agar pembeli tidak pergi ke usaha catering lainnya.

2. Jual Komponen Pulsa dan Kuota Internet

Bagi pelajar yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, maka bisa membuka usaha jualan komponen pulsa dan kuota internet. Contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar ini tidak perlu membutuhkan banyak tenaga dalam proses pengerjaannya.

Aspek yang dibutuhkan hanyalah perangkat, saldo pulsa, dan kuota internet. Jika dilihat prospeknya, usaha berjualan pulsa dan kuota internet ini tergolong menjanjikan.

Hal ini dikarenakan dua komponen ini sudah menjadi kebutuhan wajib pengguna ponsel yang saat ini terus bertambah. Oleh karenanya, usaha ini akan sangat pas untuk dijalankan di samping kegiatan sekolah.

3. Usaha Laundry

Contoh usaha kecil kecilan di rumah lainnya yang masuk jajaran rekomendasi adalah membuka usaha laundry. Usaha ini tidak memerlukan tempat yang luas sehingga bisa dijalankan di rumah. Aspek yang perlu disiapkan hanyalah mesin cuci, sabun, setrika, dan tempat yang cukup untuk menjemur.

Baca juga: Usaha sampingan di rumah untuk anak laki laki

Usaha yang satu ini juga tidak memerlukan keahlian khusus atau kreativitas yang tinggi. Asal pemilik usaha teliti dan rapi, maka usahanya bisa berjalan dengan baik karena bisa memberikan pelayanan yang memuaskan. Oleh karenanya, usaha ini sangat direkomendasikan.

4. Jual Makanan Beku

Saat ini, makanan beku menjadi pilihan banyak kalangan karena tergolong praktis dan simpel dalam proses memasaknya. Selain itu, makanan beku juga bisa tahan lama dan bisa dimasak kapan saja. Karena kebutuhan makanan beku semakin meningkat, tidak heran jika usaha jual makanan beku juga semakin banyak.

Jika ingin menjalankan usaha ini, maka tidak perlu tempat khusus. Hal yang perlu disiapkan hanya freezer dan sambungan listrik yang kuat. Dengan demikian, proses menjalankan usahanya bisa dilakukan di rumah dan bisa diperjual-belikan dengan mudah.

5. Jasa Jahit

Membuka jasa jahit juga cocok untuk dijalankan. Golongan usaha jahit akan sangat pas untuk dijalankan ibu rumah tangga yang ada di desa. Hal ini dikarenakan kebanyakan masyarakat desa masih bergantung pada penjahit untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan sandangnya.

Baca juga: Ide usaha percetakan rumahan

Usaha kecil kecilan di desa ini juga bisa menghasilkan banyak keuntungan jika dikerjakan dengan baik. Penjahit pakaian harus konsisten agar pengguna jasanya banyak. Golongan usaha ini juga tidak perlu tempat besar dalam proses pengerjaannya.

6. Reseller atau Dropshipper

Pilihan terakhir yang sangat direkomendasikan adalah menjadi reseller atau dropshipper. Usaha yang satu ini tergolong sangat mudah diterapkan karena hampir semua kegiatan dilakukan secara online. Contoh usaha kecil kecilan online pada golongan ini juga bisa memberikan rincian keuntungan yang banyak.

Cari saja supplier produk tertentu yang terpercaya dan lakukan pembelian. Kemudian, produknya bisa dijual lagi dengan harga khusus yang sudah ditentukan. Sedangkan jika ingin menjalankan konsep dropshipper, maka tidak perlu stok barang dan bisa langsung berkoordinasi dengan seller-nya.

Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Setelah mengetahui daftar contoh usaha kecil kecilan di rumah, maka harus tahu juga tentang bagaimana cara membuka usahanya. Aspek ini juga penting untuk dipertimbangkan agar nantinya usaha bisa berjalan dengan baik tanpa kendala. Untuk detailnya, simak pembahasan berikut:

1. Cari Ide Usaha

Langkah awal yang harus diterapkan adalah dengan mencari ide usaha. jika masih bingung, pilih saja salah satu dari beberapa contoh di atas. Namun disesuaikan juga dengan keahlian masing-masing agar proses menjalankan usahanya bisa lebih baik.

Baca juga: Rekomendasi usaha Es kekinian

3. Lakukan Riset Menyeluruh

Setelah itu, coba lakukan riset pada beberapa sisi usahanya. Mulai dari bagaimana strategi usahanya, bagaimana cara promosinya, berapa harga yang harus ditentukan, dan siapa saja pesaingnya. Semua aspek ini memang sangat penting untuk dipertimbangkan sejak awal.

Dengan mengetahui aspek-aspek tersebut, maka strategi awal bisa dibuat dan kemungkinan risiko ke depan bisa diperhitungkan. Kemudian, solusi dan rencana lanjutan juga bisa dibuat sehingga saat terjadi secara nyata bisa langsung menemukan solusinya.

3. Buat Rincian Modal

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rincian modal usahanya. Meski dijalankan di rumah, tentunya ada beberapa modal yang harus dikeluarkan. Entah itu untuk bahan, alat, atau bahkan biaya operasional.

Jika ingin modalnya tidak terlalu banyak, maka pangkas kebutuhan menyesuaikan dengan apa yang sudah dimiliki. Jika alatnya sudah ada di rumah, maka tidak perlu membeli lagi. Dengan demikian, modal yang dibutuhkan akan semakin sedikit.

4. Cari Supplier Terpercaya

Kemudian lakukan pencarian supplier terpercaya yang bisa membantu proses pembukaan usaha. Golongan supplier yang dicari ini bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan. Pemilihan supplier ini sangat krusial karena bisa berpengaruh pada produk yang dijual.

Jika bahan atau barang dari supplier tidak berkualitas, maka usaha yang dijalankan juga akan terdampak karena hasil produk yang dibuat juga menjadi tidak berkualitas. Oleh karenanya, pastikan untuk menemukan supplier terbaik agar usaha bisa dipercaya banyak pihak.

5. Tawarkan Usaha kepada Orang Sekitar

Sebagai langkah awal promosi, maka tawarkan usaha kepada orang-orang terdekat. Karena usaha dijalankan di rumah, maka proses ini akan sangat pas untuk diterapkan. Jika sistem word of mouth ini sudah berjalan dengan baik, maka bisa melakukan promosi dengan metode lainnya.

Baca juga: Peluang usaha rumahan paling menjanjikan

6. Lakukan Pembukuan dengan Baik

Langkah terakhir untuk melakukan usaha di rumah adalah dengan melakukan pembukuan yang baik. Meski usaha dijalankan di rumah, namun proses atau langkah ini akan sangat pas untuk dijalankan karena bisa berpengaruh pada usaha yang dijalankan. Alur keuangan juga menjadi mudah.

Demikianlah beberapa contoh usaha kecil kecilan di rumah yang bisa dijalankan. Selain contoh usahanya, sudah dirincikan juga tentang cara memulai usahanya. Dengan adanya semua informasi tersebut, maka proses membuka usahanya akan jauh lebih terstruktur.