Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Merintis Usaha Baru Dengan Modal Kecil Agar Cepat Sukses

Barangku.id - Mengelola suatu usaha memang menjadi kegiatan sebagian kalangan untuk memperoleh keuntungan. Hal ini lantaran usaha bisa dipakai sebagai pemasukan tambahan maupun pemasukan standar dalam keuangan keluarga. Untuk itulah cara merintis usaha baru perlu dipahami lebih dulu.

Tujuannya tidak lain supaya bisa meminimalisir kerugian yang terjadi serta mampu menghasilkan keuntungan secara maksimal. Di samping itu terdapat beberapa tips yang bisa dicoba oleh pelaku usaha supaya hasil maksimal meskipun dengan modal terbatas, informasi selebihnya seperti berikut:

Cara Memulai Usaha Baru

memulai usaha baru
Langkah langkah merintis usaha baru

Bagi pelaku dunia usaha yang hendak melakukan pembukaan jenis usaha baru. Maka sebaiknya memperhatikan cara merintis usaha baru supaya memiliki tambahan pengetahuan. Dengan mengetahui beberapa hal terkait jenis usaha yang hendak dijalankan.

Maka setidaknya pelaku usaha nanti bisa memilih gambaran dan bisa merencanakan keberlangsungan dari bisnis tersebut. Berikut daftar cara memulai usaha baru yang bisa diterapkan dengan mudah:

1. Mempelajari Administrasi Keuangan

Jenis pertama untuk cara merintis usaha baru bisa dilakukan dengan ikut memperlakukan dunia akuntansi terkait bidang keuangan. Jika pelaku usaha bukan merupakan lulusan dari jurusan akuntansi tersebut, maka jangan menyerah terlebih dahulu.

Pasalnya ilmu akuntansi ini bisa dipelajari di tempat lain selain bangku kuliah atau instansi umum lainnya. Melainkan pelaku usaha juga bisa belajar ilmu ini di tempat lain seperti pada pelaku usaha lain yang sudah sukses atau saudara.

2. Menjauhkan Pikiran Negatif

Bisa dibilang bahwa pikiran negatif bisa menjadi sugesti tersendiri dalam diri seseorang. Hingga ketika hendak mengawali untuk membuka usaha, maka pelaku usaha perlu menjauhkan berbagai macam pikiran negatif yang dimiliki.

Contohnya adalah pikiran negatif mengenai kegagalan sehingga menjadikan pikiran semacam ini menjadi kekhawatiran tersendiri. Singkatnya jika pelaku usaha sendiri merasa ragu akan usaha yang dijalankan. Maka bagaimana orang lain bisa percaya akan hal tersebut jika pemiliknya saja begitu.

3. Menentukan Tujuan, Visi, dan Misi

Daftar berikutnya untuk cara merintis usaha baru yaitu dengan menentukan tujuan, visi serta juga misi dari usaha yang hendak dikelola. Ketiga hal tersebut termasuk penting dalam sebuah bisnis yang dimiliki. Mengingat nantinya ketiga hal tersebut menjadi faktor yang mempengaruhi arah dari usaha.

Perlu diperhatikan bahwa meskipun skala usaha yang dimiliki masih terbilang kecil, namun ketiga perkara tersebut tetap dimiliki. Nantinya pelaku usaha perlu memastikan bahwa usaha yang dikelola mempunyai target. Bukan asal jalan tanpa menggunakan strategi ataupun trik penunjang.

4. Menghitung Kebutuhan Modal

Satu dari sejumlah hal yang cukup erat kaitannya dengan dunia usaha adalah modal. Perhitungan akan kebutuhan modal ini penting dilakukan supaya calon pelaku usaha memiliki gambaran umumnya. Terutama terkait kisaran berapa besar kiranya nominal modal yang harus disiapkan.

Di samping itu juga sulit bagi calon pelaku usaha untuk melakukan pembukaan bisnis jika modal belum memenuhi. Disini bisa dilakukan perhitungan dengan rinci kiranya apa saja yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Pelaku usaha bisa menghindari pembelian barang yang kurang penting lebih dulu.

5. Memilih Usaha yang Hendak Dikelola

Tentunya sebelum benar-benar melakukan pembukaan terhadap jenis usaha baru. Maka pemilihan jenis bisnis yang hendak dijalankan perlu dipahami lebih dulu. Tujuan dilakukannya hal ini yaitu supaya bisnis yang nantinya dikelola bisa lancar serta berlangsung lebih mudah.

Disini calon pengusaha bisa memilih bidang bisnis sebagaimana minat yang dimiliki. Contohnya seperti ketika pelaku usaha mempunyai hobi memasak, maka bisa membuka usaha makanan. Selain itu jika pelaku usaha gemar berolahraga, maka bisa membuka bisnis alat olahraga.

Cara membuka Usaha Baru dengan Modal Kecil

Bagi orang yang hanya memiliki modal pas pasan untuk membuka suatu usaha. Maka tak perlu sedih pasalnya ada beberapa cara membuka usaha baru dengan memakai modal kecil. Daftar langkah yang perlu dilalui tersebut yakni seperti berikut:

1. Melakukan Riset

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai cara membuka usaha baru dengan modal kecil yaitu melakukan riset. Riset ini dilakukan untuk mengetahui kondisi pasar dan peluang yang dimiliki oleh suatu jenis usaha. Keberadaan dari bisnis yang dikelola usaha mampu menjadi jawaban atas permasalahan masyarakat.

Di samping untuk mengetahui peluang pasar yang ada. Dengan melakukan riset ini bisa juga dipakai oleh pelaku usaha untuk mengetahui keberadaan dari pesaing. Nantinya adanya pesaing tersebut tidak harus ditakuti, melainkan bisa dimanfaatkan untuk menganalisis dan menciptakan produk lebih unggul.

2. Mengalokasikan Modal Bisnis Secara Tepat

Nantinya dalam hal pengalokasian modal ini, pelaku usaha akan menjumpai dua cara berbeda. Yang pertama adalah dengan menggunakan capital expenses sedangkan yang kedua adalah operational expenses. Istilah capital expenses merupakan modal yang dipakai untuk beberapa keperluan.

Diantaranya meliputi membeli peralatan, kemudian bahan baku dan juga perlengkapan. Sementara itu yang dimaksud dengan operational expenses yaitu pengeluaran secara operasional yang berhubungan dengan beberapa hal. Misalnya seperti biaya tagihan listrik, gaji pegawai dan lainnya.

3. Memanfaatkan Alat yang Sudah Dimiliki

Tidak Seluruh barang yang diperlukan untuk membuka suatu usaha harus dalam bentuk baru. Bahkan untuk menekan kebutuhan modal yang ada, maka alat yang sudah ada bisa dimanfaatkan kembali dalam usaha tersebut.

Nanti jika usaha yang dirintis tersebut sudah berkembang dengan pesat, maka pelaku usaha bisa melakukan pembelian barang dalam bentuk baru. Misalnya seperti pembelian alat berupa mesin tertentu. Dengan demikian pelaku usaha bisa memulai bisnis ini meskipun modal yang dimiliki tidak mahal.

4. Memanfaatkan Sosial Media

Keberadaan dari sosial media ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk melakukan kegiatan promosi. Bahkan dalam melakukan promosi tersebut pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan dana lantaran tersedia dengan cara gratis.

Sisi menarik dari penggunaan sosial media ini selain gratis adalah jangkauannya yang cukup luas, jaraknya bisa mencapai luar pulau bahkan luar negeri. Cara melakukan promosi tersebut cukup. Mudah dikerjakan. Pasalnya pelaku usaha hanya tinggal mengunggah gambar dari produk dan berikan keterangan.

5. Melibatkan Orang Terdekat

Untuk langkah berikutnya sebagai cara memulai usaha baru bagi pemula yakni dengan melibatkan keluarga dalam menjalankannya. Dalam keluarga dekat sendiri bisa pasangan bisa suami atau istri. Selain itu juga ada lagi seperti adik, kemudian kakak dan lainnya.

Ketika usaha yang dijalankan mampu melakukan pengembangan yang cukup besar. Nantinya pelaku usaha bisa melakukan lowongan untuk mempekerjakan beberapa orang sebagai pegawai. Dengan turut menambahkan pekerja yang ada, namun jangan sampai salah pilih orang dan menetapkan kriteria tertentu.

Demikian sekilas informasi mengenai tata cara merintis usaha baru dengan cukup mudah. Ulasan di atas bisa menjadi referensi atau tambahan pengetahuan jika hendak membuka suatu usaha. Namun beberapa diantaranya bingung untuk memulai sehingga perlu paham akan beberapa cara tersebut.

Bagi yang memiliki modal dengan nominal kecil jangan bersedih. Pasalnya ada beberapa cara yang baik diterapkan bagi calon pengusaha bermodal pas-pasan. Meskipun demikian jika ditangani dengan serius, bukan tidak mungkin bisnis tersebut mampu berkembang pesat.