Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mudah dan Simpel! Ini Dia Cara Jualan Pulsa Lewat SMS dan Cara Transaksinya

Menjadi agen pulsa memang menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Selain prospek keuntungannya yang besar, berjualan pulsa juga sangat simpel. Bahkan, bisa mulai berjualan hanya melalui SMS saja. Cara jualan pulsa lewat SMS ini juga tergolong sederhana dan mudah.

Tertarik untuk mencoba berjualan pulsa hanya melalui SMS saja? Berikut beberapa cara yang patut dicoba untuk memulai bisnis pulsa lewat SMS:

Cara Jual Pulsa Lewat SMS

cara jual pulsa melalui sms
Cara jual pulsa lewat sms

1. Tentukan Distributor Pulsa Pilihan

Hal pertama yang wajib menjadi perhatian adalah distributor pulsa. Pasalnya, distributor ini akan sangat mempengaruhi kelangsungan usaha pulsa yang dijalankan. Umumnya, setiap distributor memiliki ketentuan pelayanan masing-masing. Selain itu, harga setiap distributor tentunya tidak sama.

Baca juga: Strategi usaha konter Hp yang wajib diterapkan sejak dini

Untuk itu, pilihlah distributor pulsa yang telah memiliki reputasi baik dan sudah beroperasi sejak lama. Kemudian, bandingkan pula harga pada distributor satu dengan lainnya. Pasalnya, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada banyaknya keuntungan yang akan dituai.

2. Siapkan Kode Operator

Perlu diketahui, dalam setiap bisnis pasti akan melibatkan seorang pengusaha dengan suatu hal tertentu. Demikian pula dengan usaha pulsa ini yang akan melibatkan penjual dengan kode operator. Siapa pun pasti tahu bahwa ada banyak sekali operator yang digunakan di Indonesia.

Itu artinya, banyak sekali kode yang perlu diketahui oleh penjual pulsa. Namun, jangan khawatir karena sekarang sudah cukup banyak website yang memberikan informasi daftar kode operator. Dengan demikian, tidak perlu lagi pusing mencarinya, cukup cari di browser, maka kode operator akan muncul.

Baca juga: Cara kerja bisnis online agen kuota

3. Lakukan Pendaftaran

Apabila dua aspek di atas sudah terpenuhi, maka cara jualan pulsa lewat SMS berikutnya adalah mulai melakukan pendaftaran untuk menjadi agen pulsa. Kali ini, artikel akan memberikan contoh langkah pendaftaran untuk menjadi agen pulsa Metro Tronik, sebagai berikut:
  • Pertama, buka menu SMS, lalu masukkan nomor tujuan distributor Metro Tronik.
  • Jika sudah, kemudian tulis format pendaftaran, yakni JOIN.NAMA OUTLET.KOTA.
  • Selanjutnya, tinggal kirim tekan send atau Ok untuk mengirimkan format pendaftaran tersebut.
  • Terakhir, pihak Metro Tronik akan mengkonfirmasi bahwa pendaftaran telah berhasil, sekaligus mengirimkan ID dan PIN.

4. Mulai Deposit Modal

Apabila proses pendaftaran sebagai agen telah berhasil, maka tahapan berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan deposito sebagai modal bisnis berjualan pulsa. Untuk cara deposito sendiri juga tergolong mudah, yakni sebagai berikut:
  • Langkah awal, ketikkan format TIKET.NOMINAL.PIN (yang telah dikirim oleh distributor pulsa).
  • Jika berhasil, maka akan mendapatkan balasan dari distributor berupa nominal uang yang harus ditransfer dan batas waktu transfer yang telah ditentukan.
  • Setelah itu, lakukan transfer baik melalui M-banking atau ATM terdekat.

5. Saatnya Berjualan Pulsa dan Menuai Keuntungan

Setelah berhasil daftar dan saldo deposito sudah masuk pada akun bisnis pulsa, maka saatnya mulai bertransaksi. Nah, bagi yang belum mengerti, berikut format transaksi pulsa melalui SMS:
  • Buka menu SMS, kemudian tulis format NOMINAL.NO HP.PIN.
  • Khusus nomor Indosat dan CDMA biasanya wajib menyertakan kode voucher format kode.No.HP.PIN.
  • Untuk pengisian multi, bisa dilakukan dengan format transaksi, NOMINAL.1.NOMOR HP PERTAMA.2. NOMOR HP KEDUA. PIN
  • Apabila terjadi kendala, maka bisa mengajukan komplain dengan format KOMisi pengaduan masalah atau komplain.
Agar usaha jualan pulsa Anda sukses dan berkembang, Pelajari dengan baik tips membuka konter pulsa. Mengingat saat ini banyak usaha orang-orang yang mudah gulung tikar lantaran tidak mengedukasi diri sebelum memulai suatu usaha.

Cara Transaksi Penjualan Pulsa Lewat SMS

Selain jualan pulsa menggunakan aplikasi, terdapat cara transaksi penjualan pulsa lewat sms yang banyak digunakan orang-orang sekarang dalam berjualan pulsa. Jualan pulsa lewat sms terkesan lebih simpel asalkan kita sudah tahu pola dan cara transaksinya dengan baik dan benar.

Perlu diketahui bahwa transaksi jualan pulsa dengan menggunakan sms akan membutuhkan kode-kode transaksi tertentu. Kode tersebut akan didapatkan dari pihak grosir pulsa dimana Anda mendaftarkan diri sebagai agen pulsa. Kemudian Anda akan diedukasi bagaimana cara transaksi jualan pulsa lewat sms tersebut.


Metode transaksinya biasanya, Anda hanya mengetikkan kode-kode transaksi tersebut yang berisikan jumlah pulsa, yang nantinya akan dikirimkan ke nomer pembeli atau pelanggan Anda. 

Agar transaksi jualan pulsa lewat sms berjalan lancar pastikan Anda hafal betul kode-kode tersebut. Namun untuk diawal, mungkin bisa dengan cara mencatat kode-kode tersebut agar tidak hilang dan tidak terjadi kesalahan saat bertransaksi.

Penting sekali saat melakukan transaksi pastikan kode-kode pulsa tersebut sudah benar, sesuai dengan yang diinginkan dan juga harap pastikan nomer tujuan pembeli atau pelanggan Anda sudah benar. Hal ini penting dikarenakan agar terhindar dari kesalahan pengiriman dari segi jumlah pulsa dan kesalahan tujuan dari pengiriman pulsa tersebut.

Selanjutnya adalah Anda juga perlu mengetahui dari resiko jualan pulsa itu sendiri. Agar hal-hal yang tidak diinginkan sebagai penjual pulsa bisa Anda hindari.

Itulah cara jualan pulsa lewat SMS paling mudah dan cara transaksi penjualan pulsa lewat sms. Siapa bilang jualan pulsa saat ini harus pakai aplikasi dan internet. Walaupun teknologi sudah modern, siapa saja masih bisa berjualan pulsa melalui SMS dengan mudah dan sangat simpel.

Terimakasih sudah mampir di blog kami Barangku.id. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu kembali di artikel berikutnya.