Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

100% Laris! Beginilah Cara Menawarkan Catering Ke Pabrik

Beginilah Cara Menawarkan Catering Ke Pabrik - Cara menawarkan catering ke pabrik sangatlah perlu Anda ketahui. Pasalnya bisnis catering memiliki peluang yang besar dan pastinya tidak memerlukan biaya modal besar. Bisnis ini memiliki banyak peminat karena semakin berjalannya waktu orang akan disibukkan dengan berbagai hal yang menjadikan tidak adanya waktu memasak.

Salah satu masyarakat yang memiliki jadwal yang padat adalah pegawai pabrik. Mereka perlu bekerja di pagi hari dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Pemesanan catering akan menguntungkan pegawai pabrik untuk sarapan dan juga makan siang. Hal ini tentunya lebih praktis jika dibandingkan dengan memasak sendiri.

Cara Menawarkan Catering Ke Pabrik

Cara Menawarkan Catering ke Pabrik
Cara jituh menawarkan catering ke pabrik
Menawarkannya ke pegawai pabrik adalah cara yang efektif bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha catering. Namun sebelum memulainya, terdapat hal hal yang sangat perlu Anda perhatikan agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar dan memiliki banyak pelanggan. Berikut cara menawarkan catering ke pabrik :

1. Memilih Lokasi Yang Pas

Bisnis catering ini sangat cocok ditawarkan pada karyawan di kawasan industri dengan pabrik yang besar. Dengan begitu, semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan pelanggan mengingat banyaknya karyawan pada pabrik tersebut. Namun tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba menawarkannya pada perusahaan yang UMKM.

Baca juga: Begini contoh analisa perhitungan modal bisnis prasmanan catering rumahan

2. Persiapkan Modal Cukup

Menyiapkan modal tentunya merupakan hal yang wajib agar bisnis Anda berjalan lancar. Anda perlu memahami bagaimana caranya mengatur keuangan yang eifisien agar tidak mengalami kerugian. Modal ini diperlukan untuk membeli bahan baku untuk pembuatan menu makanan dan juga peralatan yang digunakan untuk memasaknya.

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah memerlukan karyawan atau tidak. Jika iya, maka Anda juga perlu menyiapkan gaji yang pas untuk karyawan Anda. Jika Anda memiliki terget untuk membuat 100 makanan setiap harinya, maka dapat diperkirakan Anda membutuhkan setidaknya 2 – 3 orang untuk membantu Anda memasak catering.

Baca juga: Perhitungan modal awal membuka warung bakso, auto untung banyak!

3. Memilih Pemasok Bahan Baku Berkualitas

Bahan baku yang berkualitas merupakan salah satu kunci utama dalan setiap usaha kuliner. Bahan baku yang bagus berpengaruh terhadap kualitas catering. Hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Anda juga perlu cermat memilih pemasok agar biaya bahan baku tetap murah namun memiliki kualitas yang baik.

4. Tentukan Harga Yang Pas

Cara menawarkan catering ke pabrik selanjutnya yaitu dengan menentukan harga yang pas. Anda dapat memberikan pilihan paket untuk harian, mingguan atau bahkan bulanan. Pada setiap paket Anda dapat menyediakan makanan utama, minuman, makanan ringan dan juga makanan penutup.

Anda perlu menetapkan harga yang pas dalam setiap paket tersebut.Untuk menentukan harga, Anda dapat melakukan beberapa survey terhadap usaha sejenis di sekitar Anda. Pastikan harga jangan terlalu mahal karena mengurangi minat pembeli, namun jangan pula terlalu murah karena Anda akan berpotensi mengalami kerugian.

5. Berikan Makanan Dan Pelayanan Berkualitas

Pastikan makanan yang Anda sediakan selalu dalam keadaan yang masih segar dan sangat layak untuk dimakan. Anda juga perlu memperhatikan packaging dari catering Anda. Hal tersebut sangat penting karena dikhawatirkan terjadinya kerusakan atau tumpahnya makanan. Anda dapat menggunakan sterofoam daripada kertas bungkus.

Kepuasan pelanggan sangatlah penting sehingga Anda perlu memberikan pelayanan yang berkualitas. Misalnya memberikan opsi pengantaran secara gratis untuk jumlah pembelian dan juga jarak tertentu. Hal tersebut tentunya akan menarik minat pelanggan untuk membeli catering Anda.

6. Awali dengan orang terdekat

Agar lebih mudah cobalah komunikasikan kepada orang yang Anda kenal di pabrik atau perusahaan yang akan Anda ajukan untuk kerjasama. Cari informasi apakah pabrik yang ingin Anda terget sudah ada langganan catering atau belum. Atau mungkin masih membutuhkan tambahan layanan catering pada menu-menu tertentu.

Jika dirasa baik, minta bantu kepada teman Anda agar dikenalkan langsung ke manager pabrik guna bersilaturahmi dan menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan.


Hal ini penting, guna kelancaran proses dalam penawaran kerjasama catering di pabrik atau perusahaan tersebut.

7. Komunikasi yang baik

Semua akan baik jika dengan cara yang baik dan komunikasi yang baik pula. Setelah mendapatkan bantuan dari teman Anda, manfaatkan dengan baik kepercayaan tersebut dengan penyampaian dan  harapan kerjasama catering dengan lugas dan tepat. Namun pastikan juga tidak terlalu banyak basa basi.

Poin yang perlu disampaikan ketika menawarkan jasa catering adalah menu-menu dari makanan disertai minuman, paket makanan, dan pelayanan yang diberikan.

Selain itu, agar usaha kuliner Anda semakin banyak peminat perlu dipelajari pula kiat sukses usaha kuliner agar laris manis.

8. Promosi Online

Yang tidak kalah pentingnya juga adalah melakukan promosi melalui media sosial, seperti facebook, instagram, tiktok, dan lain-lain. Pasalnya saat ini orang banyak mencari informasi layanan termasuk layanan catering dengan menggunakan digital.

Mengingat sekarang zaman nya online maka sebisa mungkin buka juga usaha catering yang melayani pemesanan via online dan delivery.

9. Bangun branding yang baik

Bangunlah usaha catering Anda dengan citra atau branding yang baik. Salah satu caranya dengan membuat website usaha, membuat akun di facebook, instagram, tiktok dan lain-lain. Yang kesemua itu tujuannya untuk membangun profil usaha catering Anda agar dimata customer terkesan lebih profesional.

Demikian artikel mengenai cara menawarkan catering ke pabrik. Cara diatas dapat Anda coba secara perlahan lahan. Sangat diharapkan adanya artikel ini dapat membantu Anda yang masih bingung atau ragu untuk membuka usaha catering ini. Akhir kata, saya ucapkan terimakasih. Semoga membantu.