Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Peluang Usaha Di Desa Yang Potensial dan Cepat Berkembang

Peluang usaha di desa - Membuka usaha tidak melulu harus di kota baru bisa dikatakan berhasil. Padahal, di desa pun terdapat banyak peluang usaha yang bisa dibuka oleh siapa pun dan potensi untuk berhasil pun terbuka lebar. Dengan memanfaatkan peluang usaha di desa Anda tidak perlu bersusah payah meninggalkan kampung halaman. Ada beberapa alasan mengapa bisnis di desa terbilang lebih berpotensi dan berhasil. 

4 Alasan Bisnis di desa yang sangat potensial

  • Minim kompetitor: Jika kita perhatikan di desa masih terbilang sedikit pesaing. Dengan demikian potensi Anda untuk membuka usaha di desa terbilang baik.
  • Peluang usaha terbuka lebar: Pasti sering kita dengar ada penduduk desa pergi ke kota untuk membeli barang-barang tertentu, ya kan? Itu sebenarnnya adalah salah satu peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Yaitu dengan menghadirkan produk-produk yang mereka butuhkan. Tentu dengan adanya toko atau usaha yang kita miliki, masyarakat desa akan senang karna mereka tidak harus ke kota lagi untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan.
  • Fleksibel: Sebenarnya penduduk desa tergolong orang yang Fleksibel terhadap barang. Jika sudah ada dan mudah dijangkau maka mereka akan lebih terbuka untuk menerima barang baru tersebut.
  • Berkembang: Perlu diingat bahwa desa juga lambat laun akan menjadi perkotaan. Tentu tingkat kebutuhan pun semangkin meningkat. Nah tentu, kesempatan ini sangat disayangkan bukan jika dibiarkan begitu saja tanpa kita turut andil dalam perkembangan desa yang dengannya usaha atau bisnis kita pun akan semangkin berkembang dan besar.

Lalu jika ada yang mengatakan, di kota tingkat kebutuhan sangat besar. Namun perlu diingat juga bahwa tingkat persaingan pun juga sangat besar. Tidak jarang kita dapati seseorang yang pergi ke kota untuk membuka usaha wal hasil gagal lantaran tidak siap dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. 

Baca juga: Ide usaha sampingan di desa dengan modal kecil untung besar

Sebenarnya di desa pun untuk membuka usaha juga sangat potensial. Tidak perlu ragu terkait berkembang atau tidaknya usaha Anda di desa, karena di desa pun tidak kalah besar potensi untuk maju dan berkembang.

Nah jika Anda sudah mantap untuk memulai usaha di desa, yuk simak beberapa rekomendasi usaha di desa yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk baca sampai akhir ya agar Anda lebih tahu dan tidak gagal faham.

25 Peluang usaha di desa yang potensial dan mudah untuk berkembang

peluang usaha di desa
Jika Anda mencari ide peluang usaha
di desa, Anda berada di halaman yang tepat.

Berikut ini merupakan rekomendasi 25 peluang usaha di desa yang petensinya tidak kalah dengan di kota. Yuk kita simak bersama:

1. Toko Sembako

Yang pertama adalah usaha sembako atau biasa juga disebut dengan usaha kelontong. Toko sembako ini biasanya hampir selalu ada di setiap desa. Pasalnya memang barang-barang yang dijual oleh toko kelontong ini adalah kebutuhan sehari-hari. Seperti, beras, minyak goreng, telur, makanan ringan, bumbu dapur, korek api, dan lain-lain. 

Untuk memulai usaha ini biasanya hal pertamaa yang perlu dipersiapkan adalah:
  • Tempat usaha: Tempat di sini bisa di rumah sendiri atau jika Anda ingin membuka usaha sembako dalam sekala besar, maka diperlukan tempat yang cukup besar pula. Bisa dengan membangun bangunan untuk toko sembako sendiri atau bisa juga dengan menyewa tempat. 
  • Modal: Sebagai modal di awal. Selanjutnya modal tersebut tinggal diputar dengan sebaik-baiknya. 
  • Tempat Kulakan barang: atau tempat yang nantinya Anda jadikan supplier barang-barang toko sembako.
  • Kendaraan: Digunakan sebagai transportasi angkut barang-barang toko. Apa lagi jika tempat supplier Anda cukup jauh dari tempat warung Anda. Maka Kendaran di sini sangat dibutuhkan.
Jika Anda memiliki rumah dipinggir jalan, Anda bisa langsung membuka usaha toko sembako dari rumah Anda langsung. Tanpa harus sewa tempat atau bahkan membuat tempat warung terlebih dahulu. 

Akan tetapi Anda juga harus tetap memikirkan untuk kedepannya, Jika nanti usaha sembako Anda semakin besar maka dibutuhkan tempat kusus yang tidak ada salahnya untuk dirancang dari sekarang.


Maksimalkan modal yang ada sekarang dengan terus menerus diputar agar usaha toko sembako Anda semakin besar dan berkembang dengan berlahan namun pasti.

2. Pangkas Rambut

Rambut merupakan anggota tubuh yang perlu perawatan secara rutin. Karena jika tidak dirawat atau dicukur, maka rambut tersebut akan semakin panjang. Karenanya orang-orang membutuhkan jasa potong rambut. Tentu untuk membuka usaha ini membutuhkan keahlian dalam memotong rambut yang rapi, bagus, dan unik. Agar pelanggan Anda senang terhadap hasilnya dan bisa menjadi langganan tetap Anda. 

Beruntung jika Anda memiliki keterampilan untuk memotong rambut. Pasalnya, usaha pangkas rambut ini memiliki penghasilan yang cukup besar dibandingkan dengan pengeluaran dalam operasionalnya.

Tidak banyak yang dibutuhkan untuk memulai usaha pangkas ini, karena lebih mengandalkan keterampilan atau skil. Berikut yang perlu dipersiapkan untuk membuka jasa pangkas rambut:
  • Tempat untuk usaha pangkas rambut
  • Peralatan pangkas rambut. Seperti Gunting, sisir, mesin cukur, poster model rambut, kursi, cermin, dan lain-lain.
Usaha pangkas rambut bisa dibuka dipinggir jalan dan juga bisa di tengah desa. Baiknya pilih tempat yang menurut Anda strategis. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal awal kisaran 5-8 juta. Modal tersebut sudah termasuk untuk memperindah tempat pangkas Anda. Seperti yang sudah kami terangkan terkait modal membuka bisnis barbershop pada artikel sebelumnya.

3. Warung Makan

Usaha warung makan bisa dijalankan dimana saja asalkan ditempat yang strategis, tak terkecuali di desa sekali pun. Jika Anda ingin membuka warung makan di desa direkomendasikan menu selain makanan sehari-hari. Karena selain profitnya yang kecil, juga biasanya masyarakat desa terbiasa memasak makanan sehari-hari di rumah sendiri. Namun beda halnya dengan menu selain dari makanan sehari-hari, seperti mie ayam, bakso, gorengan, soto, dan lain-lain. Ini akan lebih besar keuntungannya.

Persiapan yang diperlukan untuk membuka usaha warung makan ialah:
  • Tempat yang strategis.
  • Etalase yang terbuat dari papan atau kaca.
  • Peralatan dapur untuk memasak dan alat penyajian makanan.
Usaha warung makan ini sangat bertumpuh pada rasa masakan, tempat yang baik, dan nyaman untuk pelanggan. Maksimalkan tiga point tadi maka akan menjadi keunggulan tersendiri bagi warung makan Anda.

4. Ternak Ayam

Ternak ayam bisa menjadi pilihan usaha di desa yang bisa dilakukan bagi siapa saja yang ingin bergelut di bidang peternakan. Pasalnya ayam merupakan hewan yang mudah untuk diternak. 

Ada beberapa jenis ayam yang mungkin bisa Anda ternak, misalnya ayam kampung, ayam petelur, dan ayam potong. 


Ayam kampung mungkin bisa dijadikan andalan untuk perternak ayam khusus di desa. Karena melihat dari kebutuhan dari desa itu sendiri. Agar koleksi ayam ternak Anda lebih komplit bisa juga diberengi dengan ternak ayam petelur dan juga ayam potong. Hanya mungkin sekalanya lebih kecil dari ayam kampung. Tentu ini disesuaikan dengan jumlah kebutuhan yang ada di desa masing-masing.

Persiapan yang diperlukan untuk menternak ayam adalah:
  • Kandang ayam yang baik dan terawat.
  • Pakan ayam.
  • Konsep yang baik dalam memenejemen agar ayam terawat dengan baik dan menguntungkan.
Kuncinya adalah ulet dan telaten dalam menjalankan usaha ini. Bisa dimulai usaha ternak ayam dengan modal yang kecil namun keuntungan relatif besar.

5. Pertamini

Kita sama-sama tahu bahwa dalam setiap tahunnya terdapat data peningkatan jumlah kendaraan bermotor atau pun mobil. Tidak hanya di kota, jumlah peningkatan yang pesat tersebut juga terjadi di desa. Nah, jika kita jelih melihat data ini tentu akan menjadi peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Agar usaha pertamini menjadi lebih lancar, ada baiknya untuk membuat surat izin usaha. 

Jika kita bisa melihat kondisi pasar dan faham bagaimana strategi yang baik, usaha pertamini di desa pun bisa menjadi usaha yang besar dari segi keuntungan. Menariknya usaha pertamini ini bisa kita katakan bisnis anti rugi. Karena selalu dicari oleh semua pengguna kendaraan bermotor atau pun mobil. 

Untuk memulai usaha pertamini ini Anda perlu siapkan:
  • Modal yang cukup
  • Tempat yang strategis
  • Penyuplai stok minyak
  • Etalase kayu dan botol
Jika Anda memiliki modal besar bisa sekalian dibentuk dengan sedemikian rupa toko pertamini agar terlihat lebih propesional.

6. Budidaya Ikan Lele

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah budidaya ikan lele. Ikan lele ini merupakan jenis ikan yang banyak di cari orang. Dengan modal kisaran 3-5 juta Anda sudah bisa menternak ikan lele di desa Anda. 

Anda tinggal membeli bibit ikan lele, persiapkan kolam yang baik, dan sisanya tinggal beri pakan secara rutin dalam tiap hari nya.

Namun perlu diperhatikan bahwa ikan lele termasuk ikan predator jadi diperlukan penanganan khusus. Contohnya, diperlukan tempat pemisah berdasarkan ukuran dan umur ikan lele tersebut. Agar tidak memakan satu sama lainnya. 

7. Ternak Sapi

Ternak sapi juga menjadi peluang usaha di desa yang tidak kalah menariknya. Namun usaha satu ini membutuhkan modal yang cukup besar. Untuk membeli 1 ekor sapi saja membutuhkan uang puluhan juta rupiah. Namun jika Anda telah berhasil, keuntungan dari ternak sapi juga akan sangat besar. 

Untuk diawal Anda bisa memulai dengan 2 atau 3 ekor sapi terlebih dahulu. Ambillah sapi yang sudah siap dikawinkan agar tidak terlalu lama untuk melahirkan anak-anak sapi selanjutnya. Semangkin cepat berkembang itu akan semakin baik.

8. Ternak Kambing

Ternak kambing menjadi peluang usaha di desa yang petensial. Pasalnya kebutuhkan daging kambing terbilang tinggi. Dari kebanyakan, permintaan kambing biasanya untuk Aqiqah, qurban, sate, dan lain-lain.

Dibandingkan dengaan sapi tentu kambing jauh lebih murah. Dengan bermodalkan sekitar 10-15 juta Anda sudah bisa memiliki kambing kisaran 5 ekor kambing dewasa. 

Sama hal nya dengan sapi, ambillah kambing dewasa yang siap dikawinkan agar lebih cepat berkembang dan melahirkan anakan kambing.

Tips membeli kambing untuk usaha: Agar dapat harga yang murah belilah kambing pada saat harga penjualan kambing menurun. Bisa pada saat setelah hari raya Idul Adha atau pada waktu lainnya. Asalkan harga saat membeli kambing tadi tidak pada harga sedang mahal.

9. Jual Pulsa

Tidak hanya di kota, saat ini di desa pun telah banyak yang menggunakan pulsa dan internet. Ini bisa menjadi peluang usaha di desa yang juga petensial dan terus berkembang. Dengan bermodalkan Rp. 2.000.000 saja Anda sudah bisa memulai usaha jual pulsa.

Selain pulsa bisa juga diberengkan dengan menjual paket data, pembayaran bpjs, pembayaran PLN, dan sejenisnya. 

Perlu diperhatikan, agar modal terus berputar sebisa mungkin diminimalis untuk transaksi hutang. Karna bisa jadi modal Anda macet jika pelanggan Anda banyak yang berhutang.

10. Tambal Ban (Bengkel motor)

Jika melihat di desa banyak sekali pengguna motor, maka buka usaha tambal Ban bisa menjadi pilihan. Jika Anda memilki kemampuan montir maka bisa sekalian buka usaha dengan bengkel. 

Agar lebih komplit Anda bisa menjual kebutuhan perbaikan, seperti oli, kalbulator, ban, dan lain-lain. 

Peluang usaha di desa dengan membuka usaha bengkel merupakan keputusan yang cukup baik. Pasalnya di desa pesaing usaha di bidang ini masih tergolong sangat rendah.

11. Warkop (warung kopi)

Di kampung atau di desa biasanya ada warung yang biasa digunakan oleh pelanggan tersebut untuk sekedar nongkrong. Nah itulah yang dimaksud dengan warung kopi, Para pengunjung datang selain untuk menikmati secangkir kopi juga biasa ngobrol bareng sama tetangga lainya. 

Tentu warung kopi ini nantinya tidak hanya menyediakan minuman kopi saja tapi juga tersedia aneka makanan ringan, seperti pisang goreng, bakwan, pempek, roti-rotian, piscok, dan lain-lain.

12. Penjahit

Peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan juga adalah menjahit. Jika Anda termasuk orang yang mempunyai skil menjahit tidak ada salah nya untuk dimanfaatkan dengan membuka usaha jahit di desa. Namun jika Anda belum bisa dibidang menjahit tapi tertarik untuk membuka jasa jahit bisa memulainya dengan kursus menjahit terlebih dahulu.

Selain itu Anda juga bisa menyimak tips usaha jahit terlebih dahulu agar kedepannya usaha Anda lancar dan berkelanjutan.


Untuk memperbesar penghasilan dari menjahit, Anda bisa mulai dengan merekrut beberapa karyawan untuk membantu Anda menangani pesanan menjahit. 

13. Toko Pertanian

Di desa tentu sebagian besar penduduknya adalah petani. Ini bisa dijadikan kesempatan bagi Anda untuk membuka peluang usaha di desa dengan membuka toko pertanian. Barang yang bisa anda jual seperti, racun rumput, pupuk, alat-alat pertanian, obat tanaman, dan lain-lain.

Modal bisa disesuaikan, jika Anda ingin sekaligus membuka usaha toko pertanian dalam sekala besar bisa dengan membuat tempat toko yang bagus dan berada di tempat yang strategis. Terjangkau dari beberapa penjuru desa.

Namun jika Anda ingin membuka toko pertanian dengan modal kecil bisa dengan memulai menjual produk yang banyak dibutuhkan terlebih dahulu agar modal Anda terus berputar. 

Perlu diketahui juga, selain toko pertanian selain bisa dimulai dengan modal kecil juga bisa dijalankan dengan Tanya modal sama sekali loh. Seperti yang sudah kami terangkan dalam artikel sebelumnya di pembahasan Ternyata bisnis sembako tani Indonesia bisa dilakukan tanpa modal.

14. Toko Bangunan

Seiring berjalannya waktu penduduk desa pun mulai sedikit demi sedikit membangun rumah beton. Mereka pasti akan senang jika Anda membuka toko bangunan yang menyediakan kebutuhan mereka untuk membuat rumah. Tentu mereka memilih menjadi pelanggan Anda dari pada bersusah payah harus ke kota untuk membeli barang-barang bangunan yang berat. Baca juga Ide bisnis usaha modal 1 juta di kampung

Namun perlu diingat untuk membuka toko bangunan ini membutuhkan modal yang cukup besar. Pasalnya Anda harus menyediakan barang-barang bangunan seperti pasir, semen, besi, paku-pakuan dan lain sebagainya yang itu semua harganya cukup mahal.

Siapkan juga transportasi mobil angkut untuk membawa barang-barang tersebut dari supplier ke toko Anda.

15. Tukang Foto

Peluang usaha di desa yang perlu diperhatikan juga adalah menjadi tukang foto atau jasa cekat foto. Jasa foto ini rata-rata di desa masih sangat minim. Nah ini bisa menjadi peluang Anda yang ingin membuka jasa foto di desa. 

Tidak muluk-muluk, biasanya di desa permintaan paling banyak adalah jasa pas foto untuk membuat ktp, pas foto anak sekolah, pas foto untuk menikah dan lain-lain.

Jika Anda mempunyai skil di bidang jasa foto maka membuka usaha cetak foto di desa sangat prospek.

16. Sewa Tenda dan Kursi

Tenda dan kursi biasanya digunakan dalam jumlah banyak pada saat acara-acara tertentu. Seperti, nikahan, sunatan, hajatan, syukuran, dan lain-lain. 

Tentu orang yang sedang memiliki hajatan atau acara akan memilih untuk menyewa tenda dan kursi tersebut dari pada harus membelinya yang kemudian digunakan hanya sesekali saja. Ini menjadi peluang usaha di desa yang bisa menjadi pilihan. Baca juga Ide bisnis budidaya jamur tiram dan peluang bisnis

Modal yang dibutuhkan kisaran 10-20 juta untuk membeli kursi dan tenda dalam jumlah banyak. Enaknya usaha sewa tenda dan kursi ini adalah kita hanya cukup membelinnya sekali saja dan selanjutnya adalah kita hanya menunggu penyewaan kemudian selanjutnya adalah penghasilan. Menarik sekali bukan? semakin banyak modal yang Anda miliki maka akan semakin besar keuntungan yang didapat.

17. PhotoCopy

Photo copy saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi. Semakin tinggi tingkat perkembang di suatu desa maka tingkat permintaan photocopy pun akan meningkat. Keadaan ini bisa dimanfaatkan dengan membuka usaha jasa photocopy di desa Anda. 

Di desa usaha Photocopy termasuk usaha yang minim pesaing. Selain Anda membuka usaha Photocopy, bisa Anda barengi dengan menjual alat ATK seperti buku, pulpen, pensil, penggaris, dan peralatan sekolah lainya. 

Baiknya usaha Photocopy ini dibuka dekat dengan sekolah atau pondok pesantren. Karena kebanyakan pelanggan Anda nantinya adalah pelajar dan guru.

18. Pengepul Hasil Pertanian

Usaha pengepul hasil dari pertanian masyarakat desa merupakan bisnis yang cukup potensial. Anda akan menjadi pembeli hasil pertanian yang kemudian Anda jual ke agen pembeli yang lebih besar lagi. 

Usaha ini cukup menguras modal Anda nantinya, silahkan dipersiapkan sebelum memulai agar Anda tidak berhenti ditengah jalan. 


Anda bisa memulai dengan membeli hasil pertanian seperti, jagung, padi, cabe, buah-buahan, sayur-sayuran dan seterusnya.

19. Jual Sayur

Peluang usaha di desa selanjutnya ialah jual sayuran. Anda beli sayuran dari petani langsung, sehingga sayur yang Anda dapat masih sangat segar. Selain itu juga, harga yang masih relatif murah. 

Membuka usaha jualan sayur, Anda harus faham pemasarannya agar sayuran Anda cepat laku. Pasalnyaa sayur merupakan tanaman yang cepat layu.  Jadi, diperlukan skil khusus agar saayuran Anda cepat laku terjual.

20. Jual Buah-buahan

Jual buah-buahan juga merupakan peluang usaha di desa yang layak Anda coba. Seperti buah pisang, nanas, ubi, kedelai, jagung, semangka, mangga, dan banyak lainnya. Dengan Anda membeli dari petaninya langsung, Anda akan mendapat harga yang murah. Kemudian Anda kirim buah-buahan tersebut kepasar untuk diual.

Jika Anda memiliki modal lebih, buah-buahan tersebut bisa Anda kirim ke kota untuk dijual maka hasilnya pun lumayan besar, pasalnya bua-buahan di kota hargannya cukup mahal. Simak ulasan tentang cara menjadi supplier buah yang mingkin bisa anda geluti.

21. Penggilingan Padi

Padi merupakan sumber penghasil tetap bagi masyarakat di desa. Padi tersebut di giling oleh mesin hingga menjadi beras. Terdapat puluhan hektar sawah yang ada di desa untuk ditanami padi dalam tiap tahunnya. Setelah panen tentu petani membutuhkan penggilingan padi untuk dapat menjadikan padi menjadi beras. Ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memiliki niat untuk membuka jasa penggilingan padi. 


Mengingat penggilingan padi di desa masih sangat minim maka keuntungan ada pada Anda yang jika membuka pabrik penggilingan padi. Anda cukup merekrut 1-2 pegawai untuk menjalankan pabrik padi tersebut. 

Sembari membuka usaha penggilingan padi, Anda juga bisa sekalian menjadi pengepul beras yang Anda beli langsung dari para petani. Kemudian beras tersebut Anda jual ke kota. Dengan ini Anda akan mendapatkann keuntungan berkali-lipat.

22. Berkebun

Jika anda termasuk orang yang memiliki tanah luas tidak ada salahnya Anda coba manfaatkan untuk berkebun. Anda bisa memulai menanam pisang, jagung, semangka, bawah merah, cabai, dan semacamnya. 

Tidak jarang kita dapati orang sukses di desa karena berkebun dan bercocok tanam. Pasalnya memang di desa merupakan tempat yang sangat cocok untuk usaha berkebun. Apa lagi tanah di desa Anda tergolong tanah yang subur.

23. Sewa Tanah

Di desa sangat lumrah dengan istilah sewa tanah. Jika Anda memiliki banyak tanah namun Anda tidak sempat untuk menanaminya, bisa Anda manfaatkan dengan menyewakannya kepada orang lain yang ingin bercocok tanam. Sistemnya bisa dengan bagi hasil atau bisa dengan murni sewa tanah pertahunnya. 

24. Cetak Undangan Pernikahan

Tidak hanya di kota, di desa pun ada banyak undangan dari berbagai jenis acara. Seperti acara pernikahaan, acara aqiqahan, acara sunatan, acara syukuran, dan lain-lain.  Dari semua acara tersebut membutuhkan undangan, khususnnya acara pernikahan, masyarakat banyak membutuhkan jasa cetak undangan pernikahan. Kabari baiknya di desa masih minim sekali yang membuka usaha jasa cetak undangan ini. 

Jika Anda membuka jasa cetak dan desain undangan pernikahan tentu akan ramai diburu orang. Dan Anda pun akan mendapat banyak keuntungan dari jasa undangan tersebut.

25. Brilink (jasa Transfer)

Beda hal nya dengan orang di kota, masyarakat di desa masih membutuhkan jasa transfer untuk membantu mereka mengirimkan uang ke tujuan. Lantaran di desa masih belum ada bank yang bisa dijangkau.

Nah inilah peluang yang bagus untuk membuka usaha brilink untuk membantu masyarakat dalam urusan transfer uang. 

Itulah tadi ulasan 25 peluang usaha di desa yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk membuka usaha di kampung halaman. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.