Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Bisnis Cara Menjadi Supplier Buah Dengan Mudah

Menjadi supplier buah - Buah merupakan salah satu komoditi yang banyak dijadikan sebagai objek bisnis. Dengan semakin sadarnya masyarakat akan gaya hidup sehat, kebutuhan akan makanan sehat seperti sayur dan buah menjadi semakin tinggi.

Ini mengakibatkan beberapa sektor yang menjual buah menjadi kekurangan stok. Di saat seperti inilah supplier banyak dibutuhkan. Jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis ini, berikut adalah cara-cara yang harus ditempuh untuk bisa menjadi seorang supplier buah baik di pasar tradisional maupun supermarket.

Cara Menjadi Supplier Buah

Cara Menjadi Supplier Buah
Cara Menjadi Supplier Buah

1. Datang Ke Bagian Pembelian

Untuk menjadi seorang supplier, anda pertama-tama harus mendatangi bagian pembelian. Ini dimaksudkan agar anda dapat mengetahui kondisi pasar dengan lebih baik dan akan mempermudah proses pengenalan dan penawaran produk.

Baca juga Bisnis Mencari Supplier Tangan Pertama Di Lazada

2. Bawa Contoh Produk Yang Ditawarkan

Ada baiknya saat anda datang ke bagian pembelian, anda juga langsung membawa sekaligus sampel dari produk yang ingin anda tawarkan. Dengan begini calon konsumen anda akan dapat langsung melihat produk dan kemungkinan mereka tertarik dengan penawaran anda akan meningkat. Jangan lupa untuk menyiapkan juga list harga dari produk-produk yang anda tawarkan.

3. Membicarakan Kemitraan

Jika konsumen tertarik dengan produk yang anda tawarkan dan setuju untuk menerima produk dari anda, maka selanjutnya anda harus membicarakan perihal kemitraan antara anda dan mereka atau dengan kata lain pembuatan kontrak dengan konsumen. Dalam kemitraan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu:

  • Sistem Bayar. Tentunya anda harus saling sepakat dengan sistem pembayaran yang akan dijalankan. Apakah sistemnya barang akan dibayar langsung setelah didatangkan, atau menunggu beberapa waktu setelah barang diantar baru nanti dibayar. Selain itu, jika anda menjadi supplier untuk supermarket ada beberapa biaya lain yang harus dibicarakan juga, seperti biaya pendaftaran produk agar terdaftar di kasir, biaya distribusi untuk pengiriman ke cabang-cabang lain, dan biaya sewa tempat untuk menaruh barang.
  • Waktu Pengiriman. Buah merupakan barang yang harus distok ulang dalam waktu tertentu. Tentukan waktu pengiriman yang cocok antara anda dan pihak mitra agar buah yang dijual tidak menurun kualitasnya dan terbuang percuma.
  • Jumlah Barang. Kapasitas barang juga tak kalah penting untuk dibicarakan dan dibuat kesepakatan. Dengan mengatur banyaknya barang yang diantar, anda bisa menekan resiko kerugian seperti buah kurang laku di pasaran dan biaya sewa tempat yang terlalu tinggi.
  • Mekanisme Retur. Sekalipun anda yakin dengan kualitas buah yang anda suplai ke pihak mitra, anda juga harus bisa membuat mekanisme pengembalian barang apabila tidak sesuai dengan keinginan pihak mitra. Tentunya anda juga harus bisa memberikan kualifikasi barang seperti apa yang bisa dan tidak bisa dikembalikan. Berikan kemudahan dan senantiasa teliti dalam proses pengembalian barang agar kerja sama bisa terjalin lancar dan tahan lama.

Setiap pasar pastinya memiliki peraturan dan sistemnya masing-masing, jadi anda harus bisa mengkondisikan diri dan barang dengan peraturan-peraturan tersebut.

Baca juga Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online

4. Masuk Melalui Distributor

Jika anda merasa memasarkan produk anda ke bagian pembelian secara langsung terlalu sulit dan rumit, anda bisa memasukkan barang anda melalui distributor yang sudah menjalin kerja sama lebih dahulu dengan pihak mitra yang anda kehendaki. Biasanya barang anda akan lebih mudah untuk dijajakan karena distributor tersebut sudah memiliki jam terbang dan pengalaman dalam bisnis retail.

Cara Mencari Supplier Buah

Cara Mencari Supplier Buah
Cara Mencari Supplier Buah

Bahkan, menemukan supplier buah bisa sangat rumit dan bahkan mudah. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda menerapkannya langkah demi langkah. Apalagi jika penyajian dan informasinya berkualitas, sumber daya buah pecaria tidak akan begitu sulit.

1. Cari produsen buah secara langsung

Tips cara mencari supplier buah yang pertama adalah adalah menemukan petani buah dan bertemu untuk bekerja sama secara langsung. Jika Anda ingin memiliki stok buah segar dan berkualitas tinggi, rekomendasinya adalah membeli langsung dari penanam. Untuk mengkonfirmasi parameter produk, periksa kembali uji kualitas.

Baca juga Inilah Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari dan Menjanjikan

Sebagai negara agraris, Anda tidak perlu terlalu bingung ketika mencari petani atau pemasok buah yang cocok. Biasanya, banyak pengusaha bertemu petani buah di daerah pedesaan atau daerah.

2. Petani yang telah menyuplai banyak buah kepada penjual

Tips mencari supplier buah yang selanjutnya adalah dengan bekerja sama dengan petani yang sudah menyuplai banyak buah. Karena pencarian buah dalam jumlah banyak ditujukan untuk bisnis, maka Anda tidak bisa membuat kesepakatan sembarangan.

Demi bisnis, pilihlah petani yang jujur dan Memiliki Kredibilitas yang menjanjikan. Untuk mengukurnya, petani biasanya sudah lama memasok banyak buah ke pedagang lain.

3. Berteman dan berbagi dengan kompetisi

Persaingan atau persaingan yang sehat diperbolehkan dalam bisnis, tetapi ini tidak berarti bahwa hubungan dengan pesaing tetap harus dipanaskan. Atau, membangun hubungan bisnis yang baik atau membangun persahabatan dapat menjadi cara untuk menemukan pemasok buah terbaik yang belum kita perhatikan.

Hubungan yang baik antara pesaing dapat digunakan untuk bertukar informasi, bertukar tentang bisnis. Selain itu, Anda bisa mendapatkan informasi tentang pemasok buah dari mereka.

4. Usahakan banyak bertanya kepada seseorang yang sudah menjalankan bisnis supplier buah

Tidak mungkin memulai bisnis dan menjual buah dengan tenang. Semakin aktif, semakin banyak solusi yang dapat diperoleh.

Sebagai pengusaha yang baik, Anda dapat mengajukan lebih banyak pertanyaan. Misalnya tentang daerah yang memiliki banyak penanam buah sebagai pemasok terpercaya, atau hal lainnya.

Selain itu, prinsip pengusaha aktif mengajukan pertanyaan juga dapat digunakan untuk konsultasi. Terutama ketika Anda memiliki beberapa keraguan tentang memulai bisnis buah.

5. Ikuti acara-acara besar atau bazaar

Cara Mencari supplier buah selanjutnya bisa anda temukan dengan mengikuti berbagai event atau bazaar yang berkaitan dengan sentra industri. Pengusaha dapat mengeksplorasi banyak manfaat, termasuk bagi pengusaha buah.

Sebelumnya, hanya perlu berpartisipasi dalam acara yang sesuai dengan setiap bidang pekerjaan. Dari sana, akan ada banyak peluang untuk bertemu pesaing dan distributor, bahkan jika pemasok yang Anda butuhkan hadir.

6. Bergabung dengan Forum Bisnis

Solusi lain dapat dilakukan dengan bergabung dalam forum bisnis, baik bisnis pada umumnya maupun lebih khusus dalam perdagangan buah. Biasanya, beberapa kelompok atau pihak dengan minat yang sama akan bergabung dengan forum.

Anda juga dapat berkomunikasi dengan mereka secara langsung dan mendalam. Salah satunya dapat digunakan untuk mengetahui rekomendasi dari pemasok buah utama.

7. Aplikasi belanja online untuk sayuran dan buah-buahan

Ternyata mencari supplier bisa dilakukan tidak hanya lansgong. Melalui aplikasi atau situs web, Anda dapat menemukan penjual sayuran dan buah-buahan. Bahkan informasi dan rekomendasi yang diperoleh bisa lebih, mengingat pada satu platform mereka pasti akan diikuti oleh beberapa penjual.

Secara langsung, sudah pasti cara untuk menemukan pemasok buah terbaru dengan perkembangan terkini. Bahkan dengan cara ini, Anda dapat mencari pemasok sesuai keinginan karena fungsi filter yang membantu dalam pencarian.

Penutup

Sekian cara-cara yang harus ditempuh untuk bisa menjadi seorang supplier buah. Memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun dengan tingginya permintaan pasar akan buah, untung yang bisa didapat tentu sepadan dengan usaha yang anda lakukan.