Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Menemukan lapangan pekerjaan untuk saat ini memang terbilang sulit, apalagi di masa-masa pandemi seperti ini. Meski begitu, Anda tidak boleh berkecil hati, Anda bisa membuka usaha di tempat tinggal pedesaan dengan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang akan dijabarkan di bawah ini.

Baca juga: Bisa Dicoba! Ide Usaha Sampingan Di Desa Dengan Modal Kecil Untung Besar

Inilah Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan
Usaha yang bagus untuk
jangka panjang di desa
Bingung mencari peluang usaha yang cocok di pedesaan? Jangan khawatir, berikut ini merupakan pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang dapat Anda pilih.

1. Warung

Warung bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan usaha di pedesaan. Kebutuhan masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahun, maka Anda bisa membuka usaha warung toserba (toko serba ada) yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di pedesaan.

Di warung Anda dapat menjual segala perlengkapan sehari-hari, bahan pangan, hingga sejenis jajanan anak-anak.

Soal keuntungan tidak perlu diragukan lagi. Sebab, setiap hari dipastikan Anda akan mendapat keuntungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Fokuslah pada keseimbangan kualitas barang dan harga untuk menarik pelanggan datang ke warung Anda.

Baca juga: 25 Peluang Usaha Di Desa Yang Potensial dan Cepat Berkembang

2. Warteg

Selanjutnya usaha yang dapat Anda ambil adalah Warteg. Warteg atau warung tegal yang merupakan usaha gastronomi menjual segala makanan dan minuman disebut juga dengan kedai makan.

Ini bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan untuk Anda yang pandai dalam memasak.

Salah satu strategi usaha warteg ini Anda harus memilih wilayah strategis, membuat menu makanan menarik dan utamakan menggunakan kualitas bahan baku yang bermutu.

Tak hanya menjual makanan, Anda pun bisa membuka usaha warteg dengan ditambah konsep kedai kopi. Masyarakat pedesaan tidak lepas dengan kopi, oleh sebab itu usaha ini dijamin akan menguntungkan.

3. Menjual Aneka Kue

Jika Anda berbakat dalam membuat aneka kue terutama kue tradisional, maka usaha menjual aneka kue bisa jadi pilihan yang tepat.

Anda bisa membuka usaha kue-kue tradisional sebagai makanan khas dari pedesaan tersebut.

Kue tradisional ini banyak diincar tak hanya oleh penduduk kota, penduduk desa pun sangat menikmati makanan tersebut.

Soal peluang keuntungan Anda tidak perlu ragu sebab usaha menjual aneka kue ini akan sangat menguntungkan Anda. Bagaimana? Tertarik?

4. Agen Pulsa

Agen pulsa bisa jadi pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang sangat tepat untuk Anda sebagai pemula yang ingin membuka usaha di pedesaan. Pasalnya Agen pulsa merupakan usaha yang cepat laku dan menguntungkan.

Agen pulsa merupakan salah satu yang paling dicari, sebab masyarakat disana jarang menggunakan aplikasi untuk membeli pulsa. Maka dari itu usaha ini sangat cocok untuk di pedesaan.

Tak hanya agen pulsa ponsel, Anda pun bisa menjual pulsa token listrik sebagai kebutuhan masyarakat disana.

Bahkan Anda bisa membuka usaha konter kecil-kecilan, mulai dari kartu perdana, charger, baterai, hingga aksesori lainnya yang berkaitan dengan gadget. Usaha ini pasti akan meraup keuntungan yang besar untuk Anda.

Apalagi Anda bisa memiliki waktu yang lebih leluasa di rumah sehingga dapat sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Karena usaha agen pulsa merupakan jenis usaha rumahan di desa yang cukup menggiurkan.

5. Service Peralatan Elektronik

Tempat service peralatan elektronik merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang terbilang jarang ditemukan, sehingga usaha satu ini bisa jadi pilihan yang tepat terlebih bagi Anda yang sudah pandai mengenai soal service elektronik. Bisa dikatakan service alat elektronik adalah salah satu dari contoh usaha sendiri.

Setiap rumah pedesaan pastinya memiliki alat-alat elektronik, mulai dari TV, ponsel, kulkas, dan segala jenis alat elektronik lainnya.

Akan tetapi kemahiran masyarakat dalam men-service alat elektronik kurang memadai, sehingga sangat tepat bagi Anda yang ahli dalam service elektronik membuka usaha ini di pedesaan.

6. Pom Bensin Kecil

Ide usaha di pedesaan yang paling menjanjikan adalah membuka pom bensin kecil. Pom bensin atau tempat jual bahan bakar ini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di pedesaan. Maka tidak salah ada orang yang bilang bahwa usaha pom bensin merupakan bisnis yang laku setiap hari

Anda cukup menyiapkan tempat sebagai wadah bensin atau bahkan bakar sebagai alternatifnya. Bila perlu Anda bisa mendaftar sebagai agen pertamina di pedesaan, sehingga lapak Anda akan terlihat menjadi lebih professional.

Di desa sendiri cukup sulit untuk ditemukan SPBU atau tempat isi bahan bakar dengan ini Anda bisa membuka pom bensin di pinggir jalan, apalagi untuk saat ini mobilitas di pedesaan berkembang pesat.

Tak heran usaha ini menjadi salah satu pilihan menjanjikan di masyarakat.

Baca juga: Usaha rumahan modal 50 ribu yang patut untuk Anda coba

7. Pangkas Rambut

Jika Anda pandai dalam memangkas rambut, usaha satu ini perlu Anda pertimbangkan kembali. Di pedesaan sendiri cukup jarang ditemukan orang yang menguasai dalam hal pemotongan rambut.

Maka dari itu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan adalah usaha pangkas rambut. Tentunya membuka usaha satu ini tidak akan memakan banyak modal. Dengan bermodalkaan usaha di kampung modal 2 juta saja Anda sudah bisa dibilang punya usaha sendiri.

Untuk memulai buka usaha ini, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu mengenai banyaknya usaha pangkas rambut di pedesaan, lalu ambilah wilayah yang strategis dan tepat.

Jika peluang usaha lebih besar atau saingannya lebih rendah Anda bisa membuka usaha pangkas rambut ini dengan catatan Anda harus ahli dahulu, ya.

8. Usaha Fotocopy

Terakhir ada usaha fotocopy yang bisa Anda jadikan sebagai usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Usaha ini sangat tepat untuk dipilih melihat pekerjaan-pekerjaan lain yang membutuhkan tempat fotocopy dalam menyalin hingga meng-print. Usaha fotocopy merupakan usaha yang bagus untuk jangka panjang.

Modalnya pun tidaklah terlalu besar, sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang pemula dan ingin membuka usaha.

Nah itulah beberapa ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Dari kedelapan usaha di atas, usaha mana yang menarik untuk Anda coba? Usaha mana pun yang Anda pilih sesuaikan dengan kemampuan dan keahlian Anda sendiri, ya.