Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari dan Menjanjikan

Barangku.id - Ketika berjualan, tentunya Anda ingin dagangan Anda laku setiap hari bukan? Maka, Anda harus memilih produk yang tepat untuk berbisnis. Di bawah ini terdapat deretan ide usaha dagang yang laku tiap hari.
Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari
Berikut Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari

1. Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok, merupakan kebutuhan pokok manusia sehari-hari dalam menunjang kehidupan. Umumnya sembako berisi beberapa kebutuhan bahan makanan mentah, seperti beras, telur, minyak goreng, mi instan, kecap, dan lain sebagainya.

Bahan sembako pasti akan selalu dibutuhkan, sehingga pasti akan ada yang beli. Anda juga tidak perlu mematok harga yang terlalu tinggi, sebab jika terlalu tinggi justru akan sulit laku. Karena orang-orang akan memilih tempat yang menjual dengan kualitas sama namun harga lebih murah.

Perhitungan modal awal dan keuntungan usaha sembako juga perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka usaha dagang ini.  
Usaha dagang sembako
Jualan yang cepat laku

2. Produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Salah satu ide usaha dagang yang laku tiap hari adalah produk perawatan tubuh dan kecantikan. Contoh produknya sederhana, mulai dari sabun, shampoo, body lotion, dan juga peralatan mandi dan kecantikan lainnya. Produk-produk ini tetap akan dicari sebab memang dibutuhkan untuk kebersihan diri.

Bagi wanita, pastinya produk ini menjadi kebutuhan utama mereka juga. Jadi, jangan ragu untuk menjual produk kecantikan dan perawatan tubuh, sebab akan ada saja yang membeli produk Anda untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Produk Kesehatan

Selain sembako dan produk kecantikan, produk kesehatan juga pastinya akan laku setiap hari jika dijual. Produk kesehatan akan sangat dibutuhkan masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh mereka terhadap serangan penyakit apapun. Contoh produknya seperti obat-obatan, vitamin, dan juga suplemen makanan penunjang kesehatan.

Baca juga: 25 Peluang usaha di Desa yang potensial dan cepat berkembang

Keperluan seperti masker dan hand sanitizer juga masih dibutuhkan, mengingat saat ini di Indonesia masih tersebar virus Covid-19. Anda bisa menjual produk kesehatan dalam paketan, misalnya paket masker dan hand sanitizer lengkap dengan vitamin C, atau paket obat-obatan khusus.

4. Makanan dan Minuman

Usaha dagang yang laku tiap hari juga diisi oleh makanan dan minuman. Makanan dan minuman menjadi kebutuhan dasar manusia, jadi pastinya produk ini akan terus dicari dan dibutuhkan oleh manusia. Anda bisa menjual aneka makanan sehat dan bergizi serta minuman yang berkhasiat.

Sebaiknya jual makanan atau minuman yang sehat, bergizi, namun juga unik dan kreatif agar masyarakat lebih berminat untuk mencobanya. Apalagi saat ini banyak produk-produk makanan dan minuman yang semakin berkembang setiap harinya.

5. Gadget

Selain yang di atas, Anda pun bisa menjual gadget. Saat ini gadget menjadi kebutuhan dasar manusia dalam hal berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Beragam gadget bisa Anda jual mulai dari handphone, tablet, laptop, atua perangkat pendukung lainnya.


Produk ini akan terus berkembang setiap tahunnya karena mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Walaupun begitu, Anda setidaknya memiliki teknik marketing yang cukup agar konsumen berminat untuk membeli produk Anda.

6. Bensin Eceran atau Pertamini

Mengingat pengguna motor roda dua di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan, maka tidak salah jika jualan bensin eceran menjadi usaha yang laku tiap hari. 

Untuk memulai usaha jualan bensin, di awal Anda harus menentukan ingin berdagang bensin secara eceran tradisional yang biasa menggunakan botol dan jerigen atau dengan cara metode modern menggunakan pom bensin mini yang biasa juga kita sebut dengan pertamini.

Perbedaan dari keduanya, eceran secara tradisional dan modern (Pertamini) tentu yang sangat menonjol adalah dari segi modal. Berdagang bensin pertamini membutuhkan modal yang lebih besar. Sekurangnya Anda perlu merogo kocek kurang lebih Rp. 6.000.000 untuk instalasi usaha bensin pertamini.

Namun dari segi kepercayaan dan branding di mata pembeli tentu jualan bensin pertamini lebih terkesan profesional.


Silahkan tentukan pilihan Anda mau berdagang bensin eceran dengan menggunakan metode tradisional atau modern (pertaamini) dengan mempertimbangan potensi dan keungan.

7. Reseller Pakaian

Kebanyakan pengusaha diawal-awal biasanya bertanya, Jualan apa ya yang cepat laku? Maka diantara beberapa jawaban yang tepat adalah menjadi reseller pakaiaan.

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan setiap hari. Pakaian pun tidak berselang lama akan rusak kemudian manusia membutuhkan pakaian yang baru lagi. Begitu seterusnya. Belum lagi sebagian orang suka mengikuti model dan trand pakaian terbaru yang selalu update. Maka bisnis reseller pakaian merupakan usaha dagangan yang laku tiap hari. Tentunya Anda juga perlu mengetahui lebih dalam terkait Keuntungan dan kerugian bisnis reseller.

8. Reseller Jilbab

Bagi wanita muslimah jilbab merupakan kebutuhan pokok, sama hal nya dengan pakaian tadi. Jika kita perhatikan perempuan akan kebutuhan pakaian termasuk jilbab jauh lebih tinggi dari pada laki-laki. Satu wanita ada yang memiliki tiga sampai puluhan pakaian dari berbagai modal demikian pula dengan jilbab.

Maka menjadi reseller jilbab masuk dalam katagori barang dagangan yang laku tiap hari. Baik bisnis pakaian dan jilbab merupakan bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Jadi sangat baik untuk dijadikan pilihan usaha dagangan. 

9. Sayur Mayur

usaha sayuran yang menjanjikan
Usaha sayuran yang menjanjikan
Sebenarnya usaha dagang sayur mayur relatif lebih mudah untuk dijalani siapa saja dan dari segi keuntungan pun tidak kalah besar dengan usaha-usaha dagang lainnya. Yang menjadi masalah adalah faktor gengsi dan seterusnya. Kebanyak dari kita lebih mengambil jenis usaha lain yang lebih bergensi di mata khalayak manusia.

Padahal usaha dagang sayur mayur merupakan bisnis yang tidak ada matinya alias usaha dagang yang laku tiap hari.


Untuk menjalankan usaha dagang sayur mayur Anda bisa menggunakan dari salah satu atau kedua-duanya dari sistem di bawah ini:

  • Sistem Beli Putus

Sistem beli putus ini adalah Anda membeli langsung dari petani dengan harga yang jauh lebih murah. Hanya saja untuk resiko sistem beli putus ini juga lebih besar. Karena jika sayuran tersebut tidak laku, rusak, dan layu maka tidak ada pengembalian. Namun kelebihan dari sistem beli putus, selain mendapatkan harga yang jauh lebih murah kita bisa menjual dengan harga yang lebih mahal. 

Sangat cocok jika kita menjadi pemasok sayur untuk supermarket karna kita tahu harga sayur di supermaket jauh lebih mahal dari pada harga sayuran yang ada di pasar tradisional.

  • Sistem Titip

Beda halnya dengan sistem beli putus, sesuai namanya sistem titip dimana kita hanya membantu menjualkan saja tanpa ada resiko. Jika ada yang layu atau tidak laku terjual maka kita bisa mengembalikan kepada petani tersebut.

Kelebihanya adalah kita terbebas sama sekali dari sesiko kerugian lantaran tidak laku terjual dan sejenisnya. Dan kekurangannya adalah kita tidak bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan sistem beli putus. Kita tidak bisa mematok harga sesuai keinginan kita.

Sistem titip biasanya menggunakan akad bagi hasil 80:20. Penjual mengambil keuntungan 20% saja dari total hasil penjualan dan 80% keuntungan dimiliki oleh petani atau pemasok.

Masih banyak produk-produk usaha dagang yang laku tiap hari untuk dibahas. Namun, yang disebutkan di atas adalah yang paling umum dan dapat Anda coba. Sebaiknya tentukan produk yang benar-benar sesuai dengan minat Anda dan juga budget modal yang Anda miliki.

Baca juga: Ide usaha budidaya jamur tiram dan peluang bisnis

Misalnya, untuk produk makanan, Anda bisa memulainya dengan modal yang sedikit, loh. Hanya saja Anda harus pintar-pintar mengatur strategi mulai dari pengolahan, pengemasan, hingga pemasarannya agar banyak orang yang menyukai produk Anda bahkan menjadi langganan Anda setiap hari.

Cara Memulai Usaha Agar Tepat Sasaran dan Lebih Efektif

1. Metode ATM (Amati Tiru dan Modifikasi

Untuk pertama-tama tidak ada salahnya mnenggunakan metode ATM ketimbang harus mempelajari teorinya saja. 

Anda bisa mulai dengan mempelajari orang-orang disekitar yang sudah terbukti telah berhasil di bidang bisnis yang akan Anda geluti.

Silahkan tiru dan modifikasi ide-ide yang ada, sampai Anda bisa melahirkan konsep usaha Anda sendiri. 

Cara ini sebenarnya jauh lebih efektif dari pada Anda harus memulainya dari nol yang nanti tentu Anda akan mengalami yang namanya trial and error.

2. Riset atau Analisa Pasar

Menganalisa pasar merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Dengan menganalisa pasar Anda akan mengetahui seberapa besar peluang yang ada dan bisa mengukur seberapa besar kompetitor yang ada. 

Yang tidak kalah penting adalah dengan Anda menganalisa pasar akan mulai tergambar apa saja yang perlu ditekankan guna memancing pembeli dan apa saja yang perlu diantisipasi agar usaha Anda tidak merugi.

3. Rutin Mencatat Cash Flow

Yang terakhir adalah mencatat secara rutin cash flow (arus kas) usaha dagang Anda. Hal ini dirasa perlu karena berpengaruh besar terhadap perkembangan usaha Anda. Setelah Anda mengetahui secara terprinci dari arus kas usaha Anda tentu akan lebih jelas dalam menentukan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk selanjutnya secara tepat.