Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bisnis Rumahan Modal Kecil Dengan Keuntungan Besar

Bisnis rumahan modal kecil saat ini banyak rekomendasinya. Beberapa usaha bahkan tidak memerlukan modal sama sekali. Cukup siapkan skill atau keterampilan tertentu saja. Meski bermodal kecil, keuntungan yang didapatkan tidak bisa disepelekan.
Adanya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat bisnis berjamur di mana-mana. Bukan tanpa alasan, banyaknya karyawan yang diberhentikan dari tempat kerjanya membuat mereka mencari cara untuk menyambung hidup. Salah satunya dengan berwirausaha.
Kebiasaan baru atau new normal juga turut mendorong orang untuk mencoba peruntungan dalam berbisnis. Sebagian pekerja, pelajar, dan mahasiswa memiliki waktu luang sejak diterapkannya WFH (Work From Home) dan SFH (Study From Home). Ini membuat mereka memiliki keinginan untuk berwirausaha.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bisnis Rumahan Modal Kecil Dengan Keuntungan Besar
Bisnis rumahan gaji kantoran
1. Membuka Jasa Potong Rambut

Jasa potong rambut menjadi salah satu bisnis rumahan modal kecil yang pertama. Saat ini memang banyak bisnis yang dijalankan secara online, akan tetapi untuk potong rambut harus dilakukan secara langsung.
Anda yang tertarik dalam dunia hair style dan memiliki keahlian untuk memotong rambut bisa mencoba untuk membuka bisnis satu ini. Modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
Anda bisa membuka di rumah dengan menyiapkan ruangan untuk diisi peralatan salon yang sederhana untuk menghemat pengeluaran. Meski bermodal kecil, jasa satu ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar karena sekali potong rambut, pelanggan akan membayar Anda minimal 10 ribu rupiah.

Baca juga: Usaha dengan modal kecil ini layak dicoba, ada yang tanpa modal!

2. Membuka Warung Makan

Ide kedua yang dapat Anda coba adalah dengan membuka warung makan di depan rumah. Anda yang suka memasak memiliki peluang yang lebih besar untuk mencoba bisnis ini.
Menu makanan sehari-hari seperti telor balado, ayam goreng, tempe orek, dan sayur sop bisa menjadi referensi bagi Anda. Utamakan rasa dan kebersihan makanan yang Anda jual.
Jika sudah banyak pesaing, Anda juga bisa membuka usaha sarapan dengan menu seperti nasi kuning, lontong sayur, ketoprak, dan bubur ayam.

3. Usaha Kue

Usaha aneka kue masih banyak peminatnya. Anda yang jago bikin kue bisa mencoba peruntungan di sini. Berbagai macam kue bisa Anda jual. Mulai dari jajanan pasar, kue tart, hingga kue kering yang banyak disajikan saat momen hari raya.
Dengan harga jual yang murah Anda bisa mendapatkan pelanggan yang banyak. Jual kue atau jajanan pasar mulai dari harga seribuan saja. Jangan lupa untuk mengutamakan rasa kue yang enak sebagai daya tarik pembeli.
Untuk tempat berjualan tidak perlu pusing. Anda tidak perlu lahan tambahan. Cukup siapkan dapurmu untuk membuat kue. Tidak perlu buat lapak lagi.
Orang yang sudah tahu usahamu pasti akan datang dengan sendirinya ke rumah untuk membeli. Tawarkan pada mereka jika Anda menerima orderan untuk acara tertentu. Misalnya untuk hantaran pernikahan, tahlilan, dan lain sebagainya.
Jika usahamu sudah mulai besar dan Anda kewalahan menyiapkan orderan, cari orang baru untuk menjadi karyawan.

4. Penjahit

Anda yang bisa menjahit dan memiliki keterampilan seperti membuat pola baju bisa mencoba jadikan penjahit sebagai bisnis rumahan modal kecil. Untuk menyelesaikan orderan dari pelanggan memang membutuhkan keterampilan dan waktu, tetapi jika Anda senang menggeluti bidang ini pasti akan nyaman menjalankannya.
Untuk menjadi penjahit, usahakan Anda dapat memenuhi permintaan pelanggan. Misalkan pelanggan meminta untuk menyelesaikan pesanan dalam jangka waktu 2 minggu. Ini dimaksudkan agar pelanggan puas dan selalu mengandalkanmu untuk masalah membuat pakaian ke depan.

5. Laundry

Dengan kesibukan orang-orang akan pekerjaannya, masalah cuci baju memang sering tidak terurus. Anda bisa manfaatkan peluang ini. Bukalah jasa laundry baju di rumahmu. Pekerjaan ini akan menjadi lebih mudah apabila Anda memiliki mesin cuci.
Untuk mengenalkan bisnismu, manfaatkan sosial media yang Anda punya. Bisa juga memberitahukan tetangga-tetanggamu. Pastinya, akan menyebar dari mulut ke mulut seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Ide usaha modal kecil untung besar

6. Joki Tugas

Siapa sangka jika menjadi joki tugas bisa menjadi salah satu bisnis rumahan modal kecil. Yang Anda perlukan biasanya laptop, hp, dan kuota internet. Sisanya, gunakan otak untuk menyelesaikan PR atau tugas dari klien.
Gunakan sosial media seperti Twitter dan Instagram untuk menawarkan jasa joki tugas. Jangan lupa untuk membuat list harga yang akan Anda patok.

7. Warung Kopi

Ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah membuka warung kopi. Bisnis ini bisa Anda lakukan di teras rumah. Akan lebih ramai pembeli jika rumah berada di samping jalan raya atau dekat kawasan industri dan perkantoran.
Bukan hanya kopi, Anda juga bisa menyediakan mie instan dan aneka minuman lain seperti wedang jahe, jus buah, es jeruk peras dan semacamnya.
Jika modal Anda cukup, sulap teras rumah agar lebih menarik dan kekinian. Ini dimaksudkan untuk menggaet pembeli dari kalangan anak muda yang mementingkan tempat yang biasa kita sebut estetik.

8. Dropship

Dropship menjadi ide bisnis rumahan modal kecil yang terakhir. Ini sangat cocok bagi Anda yang familier dengan aplikasi belanja online dan sering menggunakannya.
Dropshipper mendapatkan uang dengan cara memasarkan produk guna mendapatkan pembeli. Anda tidak perlu untuk membeli barang sebagai stok. Setelah mendapatkan pembeli, Anda hanya perlu menghubungi supplier atau penjual yang Anda ajak kerja sama untuk mengirimkan barang.
Uang yang akan diterima dropshipper disebut dengan komisi yang nominalnya akan semakin banyak apabila mampu menjual barang dalam jumlah banyak pula.