Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berikut Contoh Absen Kehadiran Terlengkap

Barangku.id - Catatan kehadiran menjadi salah satu aspek penting dalam pengoptimalan suatu pekerjaan termasuk unit usaha Anda. Artinya contoh absen kehadiran tidak hanya terbatas pada ruang akademis seperti sekolah atau universitas.

Mengapa contoh cukup penting dalam pembuatan catatan kehadiran? Ini karena dengan contoh absen Anda bisa mendesain secara tepat dan sistematis. Di samping itu, dapat menghindari kesalahan input data yang bersifat merugikan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui bagaimana contoh dari absen kehadiran mari intip ulasan berikut. Dimana dijabarkan dalam bentuk format absen yang umum digunakan dan opsi pembuatannya.

contoh absen kehadiran

Fungsi Absensi Kehadiran

Sebelum membahas contoh absen kehadiran ada baiknya Anda mengenal fungsi-fungsi dari absensi itu sendiri. Terdapat minimal 4 fungsi absensi dalam penerapannya:


Sebagai monitoring kehadiran. Fungsi pertama berlaku untuk siswa atau mahasiswa (ruang akademis) dan karyawan atau pegawai di perusahaan. Lewat monitoring ini produktivitas masing-masing anggota dapat diketahui.
  • Sebagai monitoring kehadiran. Fungsi pertama berlaku untuk siswa atau mahasiswa (ruang akademis) dan karyawan atau pegawai di perusahaan. Lewat monitoring ini produktivitas masing-masing anggota dapat diketahui.
  • Sebagai monitoring operasional. Fungsi kedua biasanya berlaku pada perusahaan yang menggunakan absensi karyawan agar mengetahui operasional. Dimana operasional perusahaan bisa lebih dikenali apakah berjalan cepat atau lambat.

  • Sebagai alat untuk mengatur jam kerja. Fungsi ketiga terletak pada kustomisasi jam kerja khusus bagi karyawan yang kurang disiplin. Berbeda dengan yang tepat waktu absen dapat menjadi suatu alternatif reward atas kedisiplinan.

  • Sebagai alat tolak ukur kinerja. Fungsi terakhir absensi bisa memberikan pandangan terhadap nilai kinerja baik siswa, mahasiswa, atau karyawan. Untuk karyawan dengan catatan kehadiran memungkinkan hadiah berupa tunjangan.

Jenis Absensi Kehadiran

Setelah melirik fungsi catatan kehadiran, jenis-jenis absensi tak kalah penting diketahui. Dimana yang pertama berupa absensi manual yang masih menjadi favorit di banyak perusahaan dan instansi.

Kelebihan absensi manual cenderung mudah diterapkan, tidak mengeluarkan dana yang berlebihan, dan dapat dilakukan secara offline. Namun kekurangannya terletak pada terbatas penggunaan (banyak anggota) dan kesalahan data bisa dibuat-buat.


Beralih ke absensi online yang dapat dijadikan sebagai alternatif absensi manual terkait kekurangannya. Keunggulan yang perlu Anda diketahui kalau memanfaatkan absen online adalah lebih ramah lingkungan, praktis, dan mengurangi kesalahan data.

Kendati demikian tetap ada kekurangan absensi online ini, misalnya jaringan internet yang dalam kondisi maintenance sehingga menghambat absen. Lalu spesifikasi perangkat smartphone harus mengikuti software absen online yang didesain.

Jenis terakhir datang dari absensi sidik jari yang kini mulai diberlakukan di beberapa perusahaan dan instansi. Hanya saja model absensi kurang cocok untuk Anda yang menerapkan kerja secara daring alias remote.

Kelebihan yang dimiliki oleh absensi sidik jari terletak keamanan autentikasi anggota dalam catatan kehadiran. Selain itu sidik jari memungkinkan transfer data kehadiran yang cepat berbasis format file.

Contoh Absen Kehadiran

Untuk contoh desain absen kehadiran disini lebih mengarahkan pada opsi pembuatan dan format. Ada 3 opsi yang bisa Anda gunakan dalam mendesain absensi kehadiran sesuai jenis yang disebutkan.

1. Contoh Absensi Kehadiran Excel

Opsi berikut merupakan desain dari jenis contoh absen manual excel yang dapat dibuat di perangkat Windows maupun Mac. Seandainya anggota yang Anda ingin masukkan ke dalam absensi cukup banyak maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu rumus Excel.

Ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengisi setiap kebutuhan data para anggota yang nantinya tertampil dalam spread Excel. Diantara rumus yang membantu, rumus IF dan COUNTIF yang dikombinasikan dengan sel dari Excel.

Format seperti Nama, NIK atau NPM, Divisi, Hari, Bulan, Tahun, Hadir, Tidak Hadir, Cuti, Sakit, Izin, Hari Libur, dan Gaji. Tambahkan pula keterangan dalam absensi kehadiran yang Anda rasa perlu dan mendukung optimalisasi anggota.

Absen Kehadiran: PT. Angin Sepoi-Sepoi
Tahun: 2023

No

Nama

ID Karyawan

Jabatan

Senin

1-Juni

Selasa

2-Juni

Rabu

3-Juni

Kamis

4-Juni

Jum’at

5-Juni

1

 

 

 

H

I

C

S

T

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan:
  • H: Hadir
  • I: Izin
  • C: Cuti
  • S: Sakit
  • T: Tidak Masuk
Tabel di atas merupakan contoh absensi kehadiran Excel yang bisa anda gunakan. Selanjutnya silahkan kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

2. Format Absen Kehadiran Tautan Google Form

Opsi selanjutnya datang dari tool milik Google bernama Google Form. Artinya memanfaatkan basis teknologi online dalam menginput data-data anggota.

Baca juga: Rekomendasi 10 website penghasil uang terpopuler

Bagi yang belum pernah mengakses tool ini dapat membuka Google Drive (akun pribadi) lalu pilih tautan Google Form. Nanti pada laman muncul seperti form yang bisa diatur sesuai kebutuhan absensi anggota.

Untuk kolom Pertanyaan Tanpa Judul silahkan Anda atur menjadi jam operasional instansi dan perusahaan. Kalau ingin berupa tabel langsung saja pilih tool yang ditandai Kotak Centang.

Setelah itu, buat format yang sesuai dengan kebutuhan absensi anggota termasuk nama, keterangan masuk dan keluar, dan data gaji. Jangan lupa membagi tautan kepada anggota agar dapat mengisi setiap format absen.

3. Format Absensi Kehadiran Aplikasi KaryaOne

Opsi terakhir sebagai contoh absen kehadiran berupa software yang sengaja didesain untuk keperluan absen, KaryaOne. Praktis dan fleksibel itulah kira-kira keunggulan utama dari KaryaOne ini.

Keunggulan lainnya KaryaOne dapat diintegrasikan dengan finger print kalau-kalau menggunakan jenis absen terkait. Lalu KaryaOne mendukung monitoring seluruh aktivitas anggota baik harian maupun bulanan, transfer data absen, dan persetujuan libur.

Format absensi yang dapat Anda ketik bisa mengacu pada opsi pertama. Mulai dari keterangan penting seperti nama, nomor identitas, masuk dan keluar, harian atau bulanan hingga tahun berlakunya laporan absen.

Baca juga: Aplikasi membuat curriculum vitae gratis

Lewat 3 contoh absen yang menandai kehadiran atau ketidakhadiran anggota pengoptimalan operasional bisa dengan mudah Anda ketahui. Terlebih kondisi kemajuan dan perkembangan perusahaan yang meningkat atau menurun.

4. Contoh Absensi Kehadiran Manual

Pada contoh absensi karyawan harian manual dilakukan berdasarkan jenis shift karyawan. Lebih tepatnya dilakukan untuk karyawan paruh waktu atau biasa disebut dengan freelancer.

Absensi Harian Karyawan Part-time PT. ABC

Nam: Budi
Jabatan: Editing Konten Instagram
Bulan:  Juni

Hari/Tanggal

Jenis Shift

Pagi

Siang

Malam

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

Senin,

12/6/2023

 

 

 

 

 

 

Selasa,

13/6/2023

 

 

 

 

 

 

 

Rabu,

14/6/2023

 

 

 

 

 

 

Kamis,

15/6/2023

 

 

 

 

 

 

Jum’at,

16/6/2023

 

 

 

 

 

 


5. Contoh Absensi Karyawan Harian Manual

Selanjutnya contohh daftar kehadiran manual dengan menggabungkan data seluruh karyawan dalam satu harinya.

Contoh absen kehadiran Karyawan Part-time PT. ABC

Data karyawan PT. ABC
Tanggal/Hari: Senin

Nama Karyawan

Datang

Pulang

Terlambat

Keterangan

1 .

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

5.

 

 

 

 


                                                                                                            Mengetahui,

                             
                                                                                                            Manager

6. Contoh Absen Karyawan Bulanan

Anda juga bisa menggunakan contoh absen karyawan bulanan yang ada di bawah ini, dengan pendataan anbsensi seluruh karyawan dalam kurung waktu satu bulan kerja.

Contoh Absensi Karyawan PT. Angin Sepoi-Sepoi

Bulan: Juni 2023
Departemen: Pemasaran Produk

Nama Karyawan

Tanggal

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                                                                                Mengetahui,


                                                                                                                Manager

8. Contoh Absen Kehadiran Kegiatan

Sebelum membuat form absensi kegiatan, perlu diketahui poin-poin penting yang perlu dimasukan dalam sebuah absensi kehadir dari suatu kegiatan. Yaitu:

1. Menyertakan atau memberikan informasi terkait kegiatan yang dilaksanakan. Seperti acara seminar, rapat, coffe morning bersama karyawan, dll.
2. Waktu pelaksanaan kegiatan atau acara. Seperti: Tanggal, bulan dan tahun.
3. Nama beserta tanda tangan penanggung jawab acara atau kegiatan.
4. Tempat kegiatan atau acara. Seperti: Aula, lapangan, kantor, kelas, gedung dan lain-lain.
5. Tabel berisikan:
  • Nomer: Diisi dengan sesuai urutan. Gunanya agar mengetahui dengan cepat jumlah peserta yang hadir pada acara tersebut.
  • Identitas peserta kegiatan: Berisikan informasi nama, jabatan, asal/entitas perusahaan/sekolah, tanda tangan/paraf untuk validasi kehadiran peserta.
  • Dan terakhir yaitu kolom keterangan.
LOGO
ORGANISASI ANAK BANGSA (OAB)
Mencerdaskan Anak Bangsa
www.oab.co.id
ACARA BUKA BERSAMA
“Merajuk Ukhuwah Membina Ketaqwaan Bersama”
------------------------------------------------------------------------------
ABSENSI KEHADIRAN ANGKOTA OAB
Kamis, 12 Juni 2023

No.

Nama

Devisi/Bagian

Ttd

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

9. Contoh Absen Kehadiran Mahasiswa

Absensi kehadiran mahasiswa biasanya meliput informasi absensi, no, nama dan hari atau jam mata pelajaran. Agar lebih mudah, berikut contoh absen kehadiran mahasiswa yang bisa anda gunakan:

No

Nama

Absensi Pertemuan ke:

1

2

3

4

5

6

7

8

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10. Contoh Absen Kehadiran Siswa

Guna mempermudah guru dalam memperhatikan kehadiran siswanya, membuat absen kehadairan siswa sangatlah membantu. Absensi kehdairan siswa juga bisa menjadi salah satu acuan penilaian kehadiran dan kedisiplinan para siswa.


Format absensi harian siswa biasanya terdiri dari: Judul absen, nomor data, NISN siswa, nama siswa, tanggal,  dan nilai kompetensi. Namun dalam membuat ansensi kehadiran siswa formatnya bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutahan.

Berikut contoh daftar hadir siswa yang bisa anda gunakan:

Absensi Kehadiran Siswa Kelas IV SDN Nusantra
Tahun 2025, Oleh Wali Kelas Bpk. H. Bejo Sedarsono

No

Nama Siswa

Nomor induk

Laki-laki/ Perempuan

Senin 7 Nov

Selasa 8 Nov

Rabu 9 Nov

1

Agus

12367

L

Hadir

Ijin

Bolos

2

Memed

12368

L

Bolos

Hadir

Ijin

3

Pona

12369

L

Hadir

Hadir

Hadir

4

Susi

12370

P

Ijin

Hadir

Hadir

5

 Dewi

 12321

P

 Hadir

 Hadir

 Hadir

6

 Bejo

12435

L

 Hadir

 Hadir

 Ijin

7

Sanah

 12321

P

 Ijin

 Hadir

 Hadir

8

 Basma

 12324

P

 Bolos

 Hadir

 Ijin

9

 Eka W

 12323

L

 Sakit

 Hadir

 Hadir


contoh daftar hadir siswa
Berikut juga merupakan contoh dari absens kehadiran siswa yang bisa anda gunakan.
contoh presensi kehadiran siswa

11. Contoh Absen Kerja Harian

Agar mempermudah dalam mengontrol para perkerja,  termasuk dalam urusan gaji. Maka suatu perusahaan dirasa penting untuk membuat absensi kerja harian yang baik dan benar.


Berikut contoh absensi kerja harian yang bisa anda gunakan.

Absesnsi Kehadiran
Periode 1-30 Juni 2023

No

Nama

Bagian

Tanggal

1

2

3

4

5

6

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

IN

OUT

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ket: Semua yang bertugas wajib mengisi absen kehadiran. 
                                                                                                                            Mengetahui,

                                                                                                                            Bro Budi

12. Contoh Absen Kehadiran Pegawai

Seperti yang sudah disampaikan bahwa absensi kehadiran pegawai cukup penting karena dengan data absen kehadiran pegawai bisa mengukur berbagai aspek dari pegawai yang ada diperusahaan. Salah satunya menentukan besaran gaji bagi pegawai itu sendiri.

Langsung saja, berikut contoh absen kehadiran pegawai yang bisa anda gunakan.

No

Nama

Jabatan

Tanda

Keterangan

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 


Tentu dari beberapa contoh absen kehadiran yang sudah dijelaskan di atas anda bisa kembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan dilapangan atau pun di kantor anda.


Demikian ulasan contoh absen kehadiran yang dapat diatur dalam beberapa tool yaitu Microsoft Excel, Microsoft Word, Google Form, dan KaryaOne. Tak ketinggalan format umum yang dipakai sebagai catatan kehadiran anggota di instansi dan perusahaan.

Berdasarkan fungsi absensi sendiri Anda dapat semakin memahami mengapa absensi kehadiran penting dibuat. Begitu pula dengan jenis-jenis absen kehadiran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemudahan akses anggota.