Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Reseller, Apa Saja ya?

Kehidupan sebagai pengusaha yang sukses menjadi idaman semua orang, salah satunya menjadi reseller yang menjual produk-produk terkenal agar mendapat banyak keuntungan. Namun, keuntungan dan kerugian bisnis reseller belum banyak diketahui semua orang.

Sehingga, reseller menjadi pekerjaan yang banyak disukai oleh setiap pengusaha karena mudah dilakukan dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Selain itu, banyak kompetitor reseller yang bersaing sehingga modal yang dibutuhkan juga semakin banyak.

Ini Dia Keuntungan dan Kerugian Bisnis Reseller

1. Keuntungan Bisnis Reseller

Menjadi salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat untuk mencari uang tambahan, nyatanya usaha ini mendatangkan banyak untung dan minim resiko. Dengan modal yang minim anda bisa memulai bisnis ini meski budget anda terbatas.

Disisi lain, bisnis reseller ini bisa dijalankan secara online sehingga memudahkan anda untuk mencari cuan di era pandemi. Anda juga bisa menggunakan sistem pre order dimana pelanggan perlu membayar terlebih dahulu.

Risiko yang dimiliki bisnis reseller ini juga kecil, pasalnya anda tak perlu melakukan proses produksi dari awal dan bersusah payah memasarkannya kepada orang lain. Hanya perlu menghitung jumlah produk yang dapat dijual anda bisa dengan mudah menjual produk reseller dengan harga pasar.

Baca juga: Cara tepat reseller memasarkan barang yang wajib diketahui

Alasan lain kenapa reseller ini memiliki banyak keuntungan dan banyak diminati adalah anti ribet dan mudah. Jika anda memiliki jiwa bisnis maupun ingin memulai bisnis, anda bisa mencoba bisnis reseller yang mudah dan anti ribet.

Selain itu bisnis reseller ini fleksibel dilakukan kapan saja untuk mendapatkan untung banyak, sistem kerja yang fleksibel ini membuat anda dapat mengatur waktu produktif dan efektif dalam mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

Keuntungan menjadi reseller adalah bisa mendapat barang yang lebih murah yang bisa anda jual kembali. Dengan harga istimewa dan berbeda dari barang eceran membuat usaha reseller ini jauh lebih hemat dibanding usaha lainnya.

Anda juga tidak perlu mengurus produk tersebut, hanya memastikan barang laku dan berkualitas untuk dijual menjadikan bisnis reseller ini mudah meski membutuhkan banyak waktu untuk pertama kali memulainya.

Dengan bisnis reseller, anda tak perlu membuka toko dan tak perlu modal besar dan bisa mengerjakan bisnis ini dimana saja. Disisi lain, anda hanya memanfaatkan sosial media hingga platform e-commerce lainnya.

Hal menguntungkan lainnya dalam berbisnis reseller adalah anda dapat menjual produk tersebut dengan cara anda sendiri. Meski begitu anda perlu diberi pengarahan dari supplier agar barang yang anda jual bisa laku dan dikenal oleh pasar.

2. Kerugian Bisnis Reseller

Disisi lain, kerugian reseller yang perlu anda ketahui adalah stok barang berlebih dan barang yang tak habis terjual. Dengan bisnis reseller, anda membutuhkan analisis agar stok barang yang anda miliki tak sia-sia dan rugi.

Baca juga: Langkah Mengenal dan Memilih Peluang Bisnis Yang Tepat Bagi Ibu Rumah Tangga

Selain itu, kompetitor yang dimiliki reseller ini sangatlah banyak. Untuk itu, anda harus pintar-pintar memiliki strategi marketing yang handal. Sehingga, anda bisa lebih cermat dan kompetitif. Laba yang anda dapatkan jika berbisnis reseller relatif sedikit.

Meskipun anda akan untung banyak nantinya, pertama kali keuntungan yang didapat dalam berbisnis reseller ini adalah labanya yang kecil. Jadi anda perlu bersabar ketika anda balik modal dengan waktu yang lama.

Ruang penyimpanan yang dibutuhkan oleh seorang reseller nyatanya cukup besar karena stok barang yang akan dijual kembali cukup banyak. Tak heran, jika anda ingin menjadi seorang reseller handal anda membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup banyak.

Jika barang dalam stok penyimpanan anda rusak atau kurang laku, maka akan ada kerugian yang perlu diganti. Jumlahnya juga bervariasi, tergantung anda dapat memasarkannya dengan baik atau tidak.

Untuk itu diperlukan teknik marketing yang matang dan promosi sosial media yang baik, sehingga apa yang anda lakukan sebagai reseller bisa berjalan dengan baik tanpa kendala. Sebagai reseller anda juga perlu mengerjakan banyak hal seperti melayani konsumen hingga menerima komplain.

Modal yang minim juga menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis reseller ini, untuk anda perlu memiliki modal yang cukup agar bisnis reseller ini berjalan dengan lancar. Tak heran jika bisnis reseller ini susah-susah gampang karena apa yang anda jual memerlukan marketing yang baik.

Alasan Reseller Banyak Diminati Saat Ini

Dengan menjadi reseller keuntungan yang didapat akan semakin besar jika anda dapat menjual banyak barang. Menjual barang kembali ini, bisa dilakukan oleh kelompok maupun perusahaan agar mendapatkan keuntungan yang banyak.


Meski begitu, seorang reseller perlu memiliki modal agar dapat memiliki stok barang yang ingin dijual. Reseller juga dapat mengoptimalkan bisnis ini dengan promosi seperti sosial media, website maupun blog agar dapat menjual produk sebanyak mungkin.

1. Dapat Mengontrol Kualitas Produk yang Anda Jual

Alasan pertama mengapa bisnis reseller ini banyak diminati adalah anda bisa mengontrol kualitas produk dengan baik. Jika bisnis dropship, anda tidak dapat mengontrol kualitas produk secara langsung sehingga bisnis tersebut kebanyakan tak lancar untuk dijalani.

Untuk itu, anda perlu sadar bahwa kualitas produk menjadi hal terpenting dalam bisnis reseller ini, meski apa yang dijual oleh supplier tak selalu sama pastikan produk tersebut berkualitas sehingga produk perlu terjual cepat agar tak cepat kadaluarsa.

Jika kualitas produk yang anda jual menurun, maka bisnis reseller anda akan jelek di mata konsumen. Dengan memilih kualitas barang yang baik, anda dapat menjual produk tersebut tanpa rasa was-was dan pelanggan dapat mempercayai anda sebagai reseller terbaik.

2. Dapat Memberi Harga Pas-pasan

Jika bisnis dropship mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan hanya bermodalkan internet namun bisnis ini tak bisa bersaing di harga pasar. Hal ini berbeda dengan reseller yang dapat menurunkan harga hingga pas untuk anda.

Tak heran jika harga pas-pasan ini bisa dimiliki oleh reseller tangan pertama dibanding penjualan sistem dropship. Meski dropship sendiri lebih mudah nyatanya rantai bisnis dropship lebih panjang dan harganya jauh lebih mahal.

Baca juga: Cara menjadi reseller mainan anak online

3. Berkesempatan Menjual Produk Lebih Banyak

Alasan lain mengapa keuntungan bisnis reseller lebih banyak dibanding dropship adalah anda dapat menjual produk lebih banyak. Selain meningkatkan penjualan, anda juga bisa membuat program dropship dengan mudah dan dipercaya banyak orang.

Peluang usaha ini memiliki keuntungan dan kerugian bisnis reseller yang perlu anda pertimbangkan. Meski dengan modal sedikit, anda bisa mendapat banyak keuntungan dari produk yang anda jual dan dapat membuat program reseller.

Keuntungan dan kerugian bisnis reseller ini menjadi hal yang baru dan bisa menjadi pelajaran untuk anda dalam berbisnis. Teknik promosi yang baik dan memerlukan modal banyak menjadikan bisnis ini nyata cukup sulit dijalani.

Karena keuntungan dan kerugian bisnis reseller ini bisa diprediksi, seharusnya anda bisa memprediksi apa yang terjadi sehingga penjualan anda dapat meningkat dengan teknik yang matang serta promosi yang tepat agar tak merugi.