Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Jualan Bensin Eceran Dengan Keuntungan Menarik

Yang namanya membuka usaha tentunya mempunyai penawaran keuntungan serta ada juga resikonya. Tak terkecuali dengan jenis usaha jualan bensin eceran yang hadir dengan kedua hal tersebut. Mungkin keuntungan yang didapat oleh pengusaha cukup menarik seperti kebutuhan akan bensin cukup banyak.

Hingga hal semacam ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang pasar yang menjanjikan. Apalagi lokasi SPBU yang terdapat di sekitar lokasi penjualan cukup jauh. Sedangkan dari segi kelemahan seperti modal yang dibutuhkan tidak sedikit, serta perlu adanya izin dan lainnya, berikut informasi selebihnya:

Peluang Jualan Bensin Ecer

cara jual bensin eceran
Ilustrasi jualan bensin ecer

Secara umum bisa dikatakan bahwa bensin menjadi kebutuhan pokok bagi sejumlah orang yang mempunyai kendaraan. Mengingat sekarang ini jumlah kendaraan yang dioperasikan jumlahnya tidaklah sedikit, bahkan mencapai berjuta-juta kendaraan.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku tiap hari dan menjanjikan

Apalagi dari jenis kendaraan bermotor yang sebagian besar masyarakat memiliki. Hingga keberadaan dari usaha jualan bensin ecer, masih tergolong lumayan banyak peminatnya. Terlebih bagi lokasi yang memang jaraknya jauh dari SPBU.

Bensin eceran ini juga diminati bagi orang yang tengah dalam keadaan mendesak dan tak sempat pergi ke SPBU. Bisa juga diminati oleh orang yang enggan untuk melakukan antri.

Jenis usaha ini masih berpeluang bagus untuk waktu sekarang ini meskipun terdapat wacana baru untuk masa mendatang. Yakni berupa perubahan penggunaan BBM menjadi listrik untuk kendaraan. Pasalnya pemakaian bahan bakar listrik dinilai tergolong ramah terhadap lingkungan serta beberapa sisi menarik lainnya.

Modal Usaha Jualan Bensin Eceran

Tentunya untuk membuka suatu usaha, diperlukan modal untuk melakukan pembelian sejumlah hal. Misalnya saja seperti untuk melakukan pembelian peralatan sampai dengan untuk membeli bensin itu sendiri. Nantinya modal jual bensin eceran yang diperlukan tidaklah sama, lantaran tergantung dengan jenis usahanya seperti berikut:

1. Modal Jual Bensin Eceran Konvensional

Nantinya besaran modal yang diperlukan guna memulai usaha jualan bensin eceran akan tergantung dengan jenisnya. Untuk jenis pertama adalah menjual bensin secara eceran dalam bentuk konvensional. Modal yang diperlukan untuk bentuk ini cukup terjangkau.

Baca juga: Ide bisnis usaha modal 1 juta di kampung

Alat pelengkap yang diperlukan juga gampang dijumpai dengan harga yang bersahabat. Diantara peralatan yang diperlukan tersebut meliputi corong, kemudian botol, jerigen dan lainnya. Kisaran modal tersebut dapat dirinci seperti berikut:
  • Untuk membeli jerigen bensin sebesar 200 ribu rupiah.
  • 10 ribu rupiah untuk membeli corong bensin.
  • Botol bensin membutuhkan biaya 10 ribu rupiah.
  • 50 ribu rupiah untuk biaya tempat jualan bensin.
  • Untuk membeli bensin itu sendiri butuh dana 200 ribu rupiah.
Pada waktu awal, modal yang diperlukan untuk usaha bensin ecer secara konvensional ini adalah sebesar 470 ribu rupiah. Perlu diketahui bahwa, nominal tersebut bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan tergantung dengan penjual sendiri.

Entah mengurangi ataupun menambah jumlah bensinnya. Perubahan harga juga dipengaruhi oleh lokasi usaha.

2. Modal Jualan Bensin Eceran Pertamini

Jenis lainnya untuk usaha jualan bensin eceran adalah dalam bentuk pertamini. Penjualan dengan menggunakan bentuk konvensional dengan pertamini ini tidaklah sama. Bisa dikatakan bahwa modal usaha bensin eceran yang diperlukan untuk jenis usaha pertamini ini cenderung lebih besar.

Baca juga: 8 Usaha yang cocok untuk pemula di pedasaan

Salah satu penyebabnya adalah harga untuk mesin pertamini ini tidak murah. Besaran harga mesin tersebut untuk ukuran 210 liter dibandrol dengan kisaran harga sekitar 7 juta rupiah.

Untuk biaya pengisian bensin dalam bentuk full tangki sekitar 1,6 juta untuk bensin jenis pertalite. Sedangkan untuk jenis bensin pertamax memerlukan dana sekitar 1,9 juta rupiah.

Selain itu, juga diperlukan dana untuk membayar tagihan listrik. Mengingat jalannya usaha ini juga dipengaruhi oleh listrik. Kisaran modal untuk biaya tagihan listrik tersebut sekitar 100 ribu rupiah dalam waktu 1 bulannya.

Keuntungan Jual Bensin Eceran Terdekat

Dari untung jual bensin eceran botol sejumlah orang tertarik membuka usaha jualan bensin eceran lantaran beberapa keuntungan yang ditawarkan. Meskipun modal yang diperlukan tidak terlalu besar, bentuk usaha jualan bensin secara konvensional tidak bisa dipandang remeh keuntungannya. Sebagai perumpamaan seperti per botol mengambil keuntungan 1500 rupiah.

Apabila terdapat setidaknya 30 motor yang melakukan pengisian bensin di tempat tersebut. Maka keuntungan dalam hitungan per satu harinya adalah 45 ribu rupiah. Bisa dikatakan bahwa berbeda jenis penjualan.

Baca juga: Begini cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas

Maka, berbeda pula dalam hal keuntungan yang bisa didapatkan. Perkiraan untuk keuntungan dari penjualan bensin dengan bentuk pertamini adalah sekitar 300 ribu rupiah untuk waktu per harinya.

Hingga jika dihitung dalam waktu per bulan keuntungan yang bisa didapatkan adalah sekitar 9 juta rupiah. Nominal keuntungan tersebut bisa saja mengalami perubahan tergantung banyaknya pembeli.

Cara Jualan Bensin yang Laris

Agar penjualan bensin eceran yang dijalankan bisa laris dengan banyak pembeli maka bisa mencoba menerapkan beberapa tips. Mulai dari pemilihan lokasi sampai dengan layanan yang ditawarkan.

Beberapa hal tersebut bisa dipakai supaya usaha semakin berkembang lantaran banyaknya pembeli. Sebab dengan memakai tips tersebut mampu membuat pelanggan ingin datang kembali. Adapun rincian tips atau cara jual bensin eceran yang dimaksud seperti berikut:

1. Memilih Lokasi Strategis

Tips pertama yang bisa dilakukan supaya usaha jualan bensin eceran mampu menghadirkan keuntungan secara maksimal yakni dengan menentukan lokasi strategis. Penentuan tempat usaha yang tepat ini bisa berpengaruh terhadap penjualan bensin yang dilakukan.

Baca juga: Tips membuka usaha cucian mobil modal anti ribet

Dengan kata lain, pemilihan lokasi yang padat kendaraan mempunyai peluang besar untuk ramai pembeli. Lokasi yang dipilih tidak harus perkotaan maupun harus pedesaan akan tetapi pilihlah lokasi yang banyak dilalui oleh banyak pengguna jalan.

Terutama yang menggunakan kendaraan, entah bermotor ataupun mobil. Lokasi akan bertambah strategis lagi jika letaknya berjauhan dengan SPBU milik pemerintah.

2. Mengamati Pesaing

Tips lainnya yang bisa dilakukan oleh penjual bensin eceran adalah dengan melakukan pengamatan terhadap para pesaing yang ada. Tujuannya tidak lain supaya bensin eceran yang dijual banyak pembelinya dan keuntungan berlimpah.

Dalam hal ini, penjual bisa berusaha untuk berjualan di tempat yang jauh dari pesaing. Entah itu pesaing berupa SPBU milik pemerintah maupun sesama penjual bensin eceran lainnya.

Pasalnya, jika penjual menjual bensin dengan jarak yang cukup dekat dengan pesaing. Maka kemungkinan sepi pembeli bisa saja terjadi. Mengingat pembeli bakal memiliki pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan bahan bakarnya.

Baca juga: Analisa usaha cuci karpet yang perlu Anda ketahui

3. Memberikan Pelayanan Berkualitas

Pada dasarnya seluruh usaha yang dijalankan juga dipengaruhi oleh pelayanan yang ditawarkan oleh pemiliknya. Tak terkecuali untuk jenis usaha jualan bensin dengan menggunakan sistem ecer. Mengingat dengan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, mampu membuat peluang besar untuk pelanggan membeli lagi.

Pelayanan yang berkualitas ini mampu dijalankan dengan beberapa cara mudah. Contohnya seperti dengan memberikan senyum, bisa juga dengan bertutur kata secara sopan kepada pelanggan.

Begitupun sebaliknya dengan memberikan pelayanan buruk mampu membuat pelanggan menjadi enggan datang kembali lantaran kapok. Bukan tidak mungkin reputasi usaha pun berubah menjadi buruk.

Demikian sekilas informasi terkait peluang usaha jualan bensin eceran dengan keuntungan menggiurkan. Pastinya dalam suatu usaha terdapat tantangan supaya usaha yang dimiliki lebih dipilih oleh pelanggan ketimbang usaha milik pesaing.

Terimakasih sudah membaca di blog kami Barangku.id