Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6+ Tips dan Modal Awal Berjualan Sayur di Rumah

Ingin berwirausaha kecil-kecilan yang menguntungkan tapi tidak ingin jauh dari rumah? Anda bisa mencoba membuka usaha jualan sayuran. Sebelum memulainya Anda bisa mempelajari modal awal dan tips berjualan sayur di rumah pada artikel kali ini.

Tips Berjualan Sayur di Rumah yang Laris Manis

Tips dan Modal Awal Berjualan Sayur di Rumah
Langkah awal berjualan sayur di rumah
Anda yang ingin baru memulai usaha jualan sayuran, tips di bawah ini bisa Anda terapkan untuk memulai usaha tersebut.

1. Siapkan Modal Jualan

Langkah pertama untuk usaha jualan sayuran tentunya Anda harus menyiapkan modal jualan. Dengan ini akan memudahkan langkah-langkah selanjutnya.

Anda bisa menentukan berapa budget yang Anda sediakan untuk berjualan. Budget tersebut tentunya memenuhi perlengkapan untuk usaha tersebut, seperti peralatan menjual sayuran hingga modal untuk mendapatkan sayuran yang akan Anda jual.

Baca juga: Panduan usaha minimarket sayuran dan buah yang menguntungkan

Harap diperhatikan dalam menyiapkan modal, usahakan tidak terlalu pas beri sedikit kelonggaran untuk modal tambahan. Hal ini sangat penting untuk pemenuhan keperluan yang tidak bisa dipenuhi oleh modal utama.

2. Tentukan Jenis Sayuran yang Akan Dijual

Setelah Anda menyiapkan modal berjualan, selanjutnya Anda bisa memilih dan menentukan sayuran apa yang akan jadi koleksi jualan Anda.

Pilihlah sayuran yang masih memiliki kualitas kelayakan untuk dijual, jangan sampai Anda menjual sayuran yang sudah tidak layak seperti sayuran yang layu dan berubah warna kekuning-kuningan. Ini bisa menjadikan pengaruh buruk untuk usaha jualan Anda.

Oleh sebab itu, memilah sayuran sangat penting, pilihlah sayur-sayuran yang masih segar atau fresh dan dengan kualitas yang sangat baik. Dengan ini konsumen pun dijamin akan melakukan repeat order.

Baca juga: Berikut usaha yang bagus untuk jangka panjang

Lebih bagusnya lagi jika konsumen merekomendasikan bisnis jualan Anda dari mulut ke mulut, ini tentunya akan sangat menguntungkan.

3. Kemas Sayuran dengan Rapi

Selain dengan memilah sayur-sayuran dengan kualitas baik dan segar, langkah selanjutnya Anda bisa mengemas sayuran tersebut dengan rapi untuk menambah kesan yang lebih baik untuk konsumen.

Sebagai contohnya, Anda bisa mengemas sayuran tersebut seperti kemasan yang ada di supermarket, bersih dan higienis.

Salah satu media kemas yang bisa Anda pilih antaranya media styrofoam dan plastik wrap, pastikan media kemas yang digunakan sesuai dengan jenis sayuran itu sendiri.

Anda bisa mengemasnya dengan penataan yang lebih rapi bukan hanya sekedar asal-asalan atau menumpuk-numpukan.


Dengan kemasan rapi dan bersih seperti ini, pembeli akan merasa sangat senang berbelanja di lapak sayuran Anda.

4. Jaga Kebersihan Lapak

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan dari usaha sayur rumahan dan perlu Anda perhatikan ialah Anda harus menjaga kebersihan lapak atau warung sayur Anda.

Anda tidak inginkan para pembeli merasa tidak nyaman bahkan kabur melihat penampakan lapak yang tidak dirawat kebersihannya, sepertinya banyaknya serangga atau lalat yang hinggap di warung Anda dan sejenisnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang berjualan sayuran untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan lapak.

Sebab, kebersihan lapak yang terjaga akan memengaruhi kualitas baik pada sayuran itu sendiri, sedangkan lapak yang tampak kotor tentu pembeli akan mempertanyakan kembali terkait kualitas sayurannya.

Baca juga: Cara jualan lontong sayur agar melejitkan omset penjualan

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Selain dari beberapa poin yang dijabarkan di atas, Anda yang mencoba untuk memulai bisnis jualan sayuran perlu memperhatikan pelayanan kepada para konsumen.

Pelayanan merupakan nilai positif yang dapat mempengaruhi bisnis jualan sayuran Anda. sehingga Anda harus melayani para pembeli dengan pelayanan yang baik.

Anda bisa melayaninya dengan ramah, cekatan, adanya penawaran antar sayur ke rumah dan yang tidak kalah pentingnya sabar menghadapi konsumen yang labil dan menyebalkan menurut Anda.

Jika pelayanannya kurang baik, pembeli bisa saja berpindah tempat ke lapak lain. Oleh sebab itulah kenapa pelayanan bisa menjadi nilai tambahan untuk usaha bisnis Anda.

6. Tawarkan Harga yang Bersaing

Terakhir tips berhasil usaha bisnis berjualan sayuran di rumah ialah terkait penawaran harga. Anda bisa menawarkan harga yang terbilang bersaing untuk menarik perhatian para konsumen.

Anda bisa menyesuaikan harga dengan kualitas dan jenis dari sayuran yang Anda jual. Pilihlah harga di posisi tengah jangan kemurahan dan jangan kemahalan. Ini bisa memberikan pengaruh pada bisnis Anda.

Baca juga: Perhitungan modal awal dan keuntungan toko sembako

Sebab harga bisa menjadi faktor penentu keberhasilan dari usaha jualan sayuran yang sedang Anda jalankan.

Anda bisa memilih untuk menawarkan harga yang tepat dan sesuai serta bersaing atau kompetitif untuk memberikan kesan positif pada para konsumen.

Nah itulah beberapa poin yang bisa Anda pelajari dan aplikasikan terkait tips berjualan sayur di rumah. Tips yang sudah diuraikan di atas juga bisa diterapkan bagi anda seorang pemula yang sedang mencari inspirasi bagaiman cara jualan sayur untuk pemula.

Modal Awal Berjualan Sayuran di Rumah

Dari mana modal awal untuk usaha berjualan sayuran? Tentu saja jawabannya ada pada diri Anda sendiri yang ingin mencoba untuk memulai usaha bisnis tersebut.

Jika Anda menabung untuk membuka usaha, maka gunakan saja uang tabungan tersebut untuk memulai usaha Anda.

Sedangkan jika Anda tidak memiliki uang simpanan sama sekali Anda bisa mencoba untuk meminjam ke bank atau saudara Anda.

Pilihan akhir Anda bisa mendapatkan modal awal tersebut dari pemerintah yang biasanya mengadakan kompetisi bisnis plan dengan hadiah yang lebih dari lumayan.

Baca juga: Ini dia berbagai konsep jualan pakai mobil yang mudah dilakukan

Dengan memenangkan kompetisi tersebut Anda bisa mendapatkan modal awal.

Namun, dari beberapa pilihan di atas akan sangat dianjurkan jika modal jual sayuran di rumah untuk awal-awal yang Anda gunakan adalah hasil dari tabungan Anda. hal ini akan membuat Anda merasa sangat bangga dan berharga akan keberhasilan yang dicapai.

Rincian Modal Jualan Sayur di Rumah

Modal awal untuk usaha berjualan sayuran Anda bisa menyediakan uang modal sebesar 2 juta rupiah dengan rincian 7 ratus ribu untuk modal membeli peralatan yang Anda butuhkan dan 1.3 jutanya Anda bisa jadikan sebagai modal untuk mendapatkan bahan atau sayuran yang dijual nantinya.

Anda bisa memilih sayuran yang memiliki perkiraan cepat habis yakni sayuran yang banyak diminati oleh masyarakat seperti sawi, kubis, bayam, dan jenis sayuran lainnya.

Sedangkan modal untuk membeli peralatan Anda bisa membelikannya ke peralatan seperti tempat sayuran, media pengemasan, alat pengukur berat, meja hingga kursi.

Baca juga: Tips membuka kemitraan warteg serta rekomendasi mitra warteg

Lebih jelasnya Anda bisa melihat simulasi rincian modal yang ada di bawah ini.
  • Untuk modal peralatan atau seperti media pengemasan perkiraan Anda membutuhkan modal sekitar 100 ribu saja.
  • Sedangkan perlengkapan tempat sayur, meja kursi dan lainnya kurang lebih Anda bisa menyediakan 600 ribu.
  • Dan sisanya Anda bisa gunakan untuk keperluan bahan-bahan sayuran untuk Anda jual yakni sekitar 500 ribuan ke atas.
Anda bisa mengambil keuntungan dari usaha dagang tersebut yakni 10% dari nilai jual. Semisalnya dalam perhari Anda bisa mendapatkan keuntungan minimal 100 ribu baka pendapatan yang Anda peroleh dalam sebulan bisa mencapai 3 juta rupiah. Menguntungkan bukan?

Dengan tips berjualan sayur di rumah dan modal awal yang dijabarkan sebelumnya, Anda bisa memulai usaha jualan dengan cerdas dan dijamin menguntungkan.