Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kerja Sampingan Di Rumah yang Mendatangkan Cuan, Cocok Untuk Menambah Penghasilan

Kerja sampingan di rumah menjadi alternatif pilihan sebagian besar orang untuk menambah penghasilan. Sering kali mereka tidak puas dengan penghasilan dari pekerjaan utama. Atau bisa jadi, pendapatan dari pekerjaan sampingan ditujukan untuk mengumpulkan modal bisnis yang lebih besar.

Beberapa pekerjaan berikut ini dapat menjadi pilihan kerja sampingan di rumah yang mudah dilakukan oleh siapa pun. Modal yang dikeluarkan juga tergolong kecil bahkan ada yang hanya cukup menyiapkan skill atau keterampilan tertentu saja.

Peluang Kerja Sampingan Di Rumah 

Kerja dari rumah saat ini bukanlah hal yang aneh. Bahkan para pekerja atau karyawan yang biasanya harus pergi ke kantor bisa saja menyelesaikan pekerjaannya dari rumah. Istilah lainnya adalah Work From Home (WFH). 

Saat ini, menjadi pengusaha adalah hal yang banyak ditekuni karena pendapatannya bisa melebihi pekerjaan karyawan yang bekerja di tempat atau perusahaan orang lain. Seiring dengan besarnya penghasilan yang didapatkan, kemungkinan rugi pun akan selalu ada. 

Baca juga: Usaha rumahan modal 50 ribu yang patut dicoba

Kemungkinan besar, di awal Anda tidak akan langsung mendapatkan keuntungan besar. Bisa saja hanya balik modal atau bahkan merugi. Akan tetapi, jangan sampai hal itu menjadikan Anda pesimis untuk melanjutkan usaha.

Rekomendasi Pekerjaan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Kerja sampingan di rumah
Kerja sampingan di rumah
yang menguntungkan
1. Menjadi Reseller

Reseller merupakan orang yang membeli produk dari supplier untuk dijual kembali. Karena itu, reseller berarti harus menyetok barang untuk dijual kepada konsumen. Jika Anda berminat menjadi reseller bisa pilih barang kebutuhan yang bisa bertahan lama agar tidak rugi karena basi, busuk, ataupun rusak.

a. Kebutuhan Pokok

Anda yang mau menjadi reseller bisa mulai menjual barang kebutuhan pokok atau sembako. Sembako pasti selalu diperlukan kapan pun. Pilihlah supplier dengan kualitas barang yang bagus dan harga yang murah. Semakin murah harga dari supplier, maka kemungkinan besar keuntungan yang akan Anda dapatkan makin besar. 

Tak hanya itu saja, pastikan pula supplier-mu bisa terus menyetok barang secara rutin dan tepat waktu. Anda bisa membuka toko di rumah atau menawarkannya melalui media sosial serta membuka toko di beberapa marketplace yang ada guna memperluas jangkauan pelanggan.

b. Perabotan Rumah Tangga

Barang lain yang sering dicari adalah perabotan dapur. Anda bisa pilih untuk menjual peralatan dapur seperti panci, wajan, blender, teflon, rantang, sendok, pisau, dan lain sebagainya. 

Bisa pilih juga perlengkapan rumah tangga lain seperti sprei, sarung bantal, kain penutup kulkas, keset, sabun pembersih lantai kamar mandi, dan lainnya. 

Barang-barang tersebut memang tidak secara rutin ada pembelinya. Akan tetapi, karena tidak ada masa kadaluarsa, barang tersebut bisa menjadi stok dalam etalase jika sewaktu-waktu ada yang mencari. 

c. Jualan Kosmetik

Produk kosmetik juga dapat dijual kepada tetangga sebagai kerja sampingan di rumah yang bisa dilakukan. Kosmetik saat ini menjadi barang wajib yang harus dimiliki perempuan. Oleh karena itu, usaha jualan kosmetik bisa menjadi sumber pemasukan untuk jangka panjang.

Andabisa menjual berbagai kosmetik mulai dari pensil alis, maskara, eyeliner, eyeshadow, blush on, hingga lipstick. Maksimalkan jangkauan pembeli dengan menggunakan media sosial seperti story WhatsApp agar bisa dilihat oleh teman, saudara, hingga tetangga-tetanggamu. 

2. Menjadi Dropshipper

Sedikit berbeda dengan reseller, dropshipper tidak menyetok barang. Anda hanya perlu pandai untuk promosi dan menarik minat pembeli. Untuk menjadi dropshipper, kuota internet dan smartphone menjadi suatu keharusan.

Setelah mendapatkan pembeli, supplier akan mengirimkan barangnya atas nama Anda ke alamat pembeli. Bayaran yang Anda terima dalam bentuk komisi yang besarannya tergantung kesepakatan. Yang jelas, semakin banyak produk yang Anda jual, komisinya pun akan semakin besar. 

3. Jualan Makanan Dan Minuman

Jika Anda ibu rumah tangga yang sedang mencari ide kerja sampingan di rumah, bisa membuka kedai atau warung keci-kecilan. Mulailah jualan makanan seperti seblak, lok-lok, cireng, dan mie ayam. Atau bisa juga pilih jualan minuman seperti jus buah, es semangka India, jamu herbal, dan capucino cincau.

Makanan tersebut cenderung murah dan banyak peminatnya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa dapat menjadi target pasarmu. Untuk mendapatkan pelanggan, Anda mesti banyak melakukan promosi dan pastikan daganganmu memiliki cita rasa yang enak dan disukai. Karenanya, pembeli pasti akan kembali datang untuk membelinya.

Jika bisnis ini sudah mulai banyak pembelinya jangan terburu-buru untuk membuka cabang baru. Fokus pada usahamu saat ini. Jika Anda kewalahan melayani pembeli, coba untuk rekrut karyawan untuk membantu.

Baca juga: 25 Peluang usaha di desa yang petensial dan cepat berkembang

4. Menjadi Content Writer

Menjadi penulis lepas untuk mengisi konten baik itu artikel, review produk, website, blog, caption pemasaran produk, dan lainnya saat ini menjadi peluang kerja sampingan di rumah yang banyak dicari. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan ini selepas bekerja atau sambil mengasuh anak sekalipun.

5. Menjadi YouTuber

Peluang kerja sampingan di rumah terakhir adalah menjadi YouTuber. Anda yang memiliki kemampuan seperti bernyanyi, menari, memasak, bercerita, sampai review produk dapat mengubah kemampuan tersebut menjadi sumber penghasilan.

Buat channel YouTube milikmu dengan konten yang bermanfaat dan menghibur banyak orang. Untuk awalan, mungkin Anda belum dapat merasakan hasilnya, tetapi seiring berjalannya waktu dengan semakin bertambahnya subscriber dan penonton maka penghasilan juga akan datang juga.

Untuk ide usaha satu ini memang sedikit menyita waktu karena Anda harus menyiapkan ide konten, take video, sampai mengedit video sebelum diupload.

Nah, itu tadi rekomendasi kerja sampingan di rumah yang bisa Anda pertimbangkan. Tentukan pilihan Anda, mana yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share dan terimakasih.