Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wajib Tahu! Begini Tips Usaha Angkringan Pemula Biar Laris Manis!

Tertarik untuk memulai usaha angkringan tapi masih bingung? Tentang, artikel ini akan memberikan tips agar usaha angkringan pemula bisa laris manis dengan mudah dan simpel.

Pada dasarnya, usaha angkringan itu sangat mudah untuk dijalankan, namun sayangnya banyak pemula yang belum tahu tips supaya angkringan semakin ramai dan laris. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha angkringan ini, coba terapkan enam tips berikut ini:

1. Pilih Tempat Usaha Angkringan yang Strategis

bisnis angkringan pemula
Cara bisnis angkringan pemula

Hal utama yang wajib menjadi perhatian adalah pemilihan lokasi usaha. Apapun usahanya, lokasi jelas sangat mempengaruhi jalannya usaha ke depan. Oleh karenanya, pastikan untuk memilih lokasi yang pas dan strategis untuk usaha angkringan.

Baca juga: Kreasi jualan pangsit goreng paling banyak digemari

Tentukan terlebih dahulu target pasar yang akan disasar untuk angkringan tersebut, seperti mahasiswa, karyawan, atau masyarakat biasa. Pilihlah tempat yang dekat dengan target market tersebut. Apabila memang tidak ada lahan kosong di sekitarnya, maka buatlah izin untuk berjualan di pinggir jalan kepada petugas.

2. Tentukan Konsep Angkringan

Aspek yang tidak kalah penting dalam usaha angkringan adalah menentukan konsepnya. Walaupun terlihat sepele, namun dengan adanya konsep akan sangat mempengaruhi tampilan dan pelayanan angkringan nantinya.

Coba pikirkan konsep angkringan semenarik mungkin atau bahkan kekinian untuk menarik perhatian banyak orang agar mampir ke sana. Apabila ingin konsep yang sederhana, seperti di pinggir jalan, maka konsep ini bisa sedikit dikesampingkan dan fokus pada pelayanan saja.

Baca juga: 6 Tips jeruk peras yang untung besar

3. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Angkringan

Tips selanjutnya untuk usaha angkringan pemula adalah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan yang akan dipakai. Meskipun terlihat sederhana, namun ternyata proses ini cukup rumit karena beberapa item harus disesuaikan dengan tema angkringan, yakni Jawa dan klasik.

Untuk itu, gerobak kayu akan lebih mewakilkan konsep angkringan Jawa ini. Selain itu, ceret, dan cangkir kuno juga sangat diperlukan untuk menunjang tampilan angkringan yang unik. Jangan lupa untuk menyediakan tempat bakaran yang selalu identik dengan angkringan-angkringan di Jawa.

4. Buat Menu Spesial

Tidak kalah penting, menu spesial juga wajib dipikirkan oleh calon pengusaha angkringan. Bagaimana tidak, dengan menambahkan menu spesial pada angkringan, maka akan membuatnya berbeda dari lainnya.

Usahakan untuk membuat menu yang seunik mungkin dan belum pernah dijadikan menu oleh angkringan lainnya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan rasa masakan, dan bila perlu buatlah bumbu dengan cita rasa khas untuk menarik minat pembeli.

Baca juga: Modal jualan sosis bakar yang dibutuhkan hingga datangkan keuntungan besar

5. Perhatikan Kebersihannya

Jika angkringan sering mendapat predikat kumuh dan kurang bersih, maka ini menjadi poin penting yang patut diperhatikan selanjutnya. Jadi, buatlah suasana angkringan sebersih dan senyaman mungkin agar pembeli tidak ragu untuk mampir dan menikmati menu yang dijajakan tersebut.

Di samping itu, selalu perhatikan kebersihan peralatan angkringan yang digunakan. Bila perlu gunakan sarung tangan agar makanan tetap terjaga tingkat higienisnya. Dengan demikian, menu yang dijajakan akan tetap sehat dan aman.

6. Pertahankan Ciri Khas Angkringan

Salah satu tips usaha angkringan pemula yang perlu diperhatikan juga ialah harus tetap mempertahankan identitas dari angkringan itu sendiri. Seperti warung makan angkringan biasanya identik dengan grobak  yang ditutup dengan terpal biru atau sejenisnya. 

Mungkin diawal Anda ingin membuat konsep warung makan angkringan yang lebih kekinian, namun jangan sampai menghilangkan identitas atau ciri khas dari warung makan angkringan yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia.


Ciri khas selanjutnya yang tidak kalah penting untuk tetap dipertahankan adalah harga makanan angkringan biasanya relatif lebih murah dan jauh lebih terjangkau untuk masyarakat kecil. 

Karna jika harga menu makanan sudah mahal, maka orang-orang akan berfikir ulang untuk makan diangkringan. Mungkin sebagian berfikir, jika harga menu makanan angkringan sudah mahal lebih baik makan di rumah makan atau restauran sekalian jika harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh berbeda.

7. Lakukan Promosi

Walaupun sudah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas menu dan pelayanan pada angkringan, namun itu semua belum cukup dalam membuat angkringan ramai. Tetap dibutuhkan promosi untuk meningkatkan penjualan angkringan tersebut.

Untuk kegiatan promosi, maka dapat menggunakan dua metode, yakni dengan marketing online ataupun secara offline. Untuk pemasaran online, bisa memanfaatkan sosial media dengan membuat konsep marketing yang kekinian. Sedangkan untuk offline bisa melakukannya dengan menyebar pamflet.

Modal Usaha Angkringan untuk Pemula

Setelah mengulas tips usaha angkringan pemula akan lebih baik lagi jika kita ketahui berapa modal usaha angkringan untuk pemula. 

Berdasarkan pengalaman dari beberapa pengusaha angkringan, modal usaha angkringan untuk pemula tidaklah begitu besar. 

Dengan bermodal kurang lebih Rp. 5.000.000 Anda sudah bisa membuka usaha angkrigan yang siap beroperasi. Harga tersebut untuk satu grobak ya.

Berikut rincian modal usaha angkringan untuk pemula:
  • Beli grobak : Rp. 2.500.000
  • Beli perlengkapan dan alat masak: Rp.1.500.000
  • Kompor dan tabung gas: Rp. 350.000
  • Biaya lain-lain : Rp. 100.000
  • Total: Rp. 4.450.000
Dengan bermodalkan kurang lebih Rp. 5.000.000, Anda sudah bisa mulai menjalankan usaha angkringaan pemula. Namun perlu diingat, ada beberapa perhitungan yang harus diperhatiakan juga, yaitu biaya operasional. Lantas apa sajakah biaya operasional yang perlu dipersiapkan tersebut? Diantaranya sebagai berikut:
  • Bahan makanan dan minuman untuk satu bulan kedepan: Rp. 4.500.000
  • Sewa tempat angkringan (jika ada): Rp.500.000
  • Biaya lain - lain: Rp. 100.000
  • Total: Rp. 5.100.000
Itulah gambaran kasar (estimasi) dari modal usaha angkringan pemula dan rincian nya. 

Omset Usaha Angkringan Pemula

Usaha angkringan termasuk usaha yang cukup menjanjikan dan tergolong usaha yang tidak ada matinya. Artinya peluang untuk mendapatkan keuntungan besar masih sangat terbuka lebar. 

Mari kita asumsikan omset dari usaha angkringan pemula sebagai berikut:

Kita estimasikan pelanggan yang datang disetiap harinya ada 30 orang saja. Harga makanan kita pukul rata menjadi Rp 10.000 untuk satu porsi. Maka dalam satu bulan omset usaha angkringan Anda sebesar Rp. 9.000.000

Baik sekarang mari kita hitung keuntungan bersih dari usaha angkringan pemula yaitu dengan mengurangi omset dengan biaya operasionalnya. 

Omset usaha angkringan Rp. 9.000.000
Biaya operasional: Rp. 5.100.000
Total: Rp. 3.900.000

Maka total keuntungan dari usaha angkringan dalam setiap bulan nya adalah sebesar Rp. 3.900.000.

Keuntungan Bisnis Angkringan

Jika Anda sudah memastikan diri untuk terjun dibidang kuliner khususnya usaha angkringan. Berikut beberapa keuntungan bisnis angkringan yang akan Anda rasakan, diantaranya:

1. Usaha yang Tidak Kenal Musim

Kita tahu bahwa usaha kuliner, segala yang berkaitan dengan makanan dan minuman dari angkringan tidak tergantung pada musim. Pasalnya, makanan dan minuman akan selalu dibutuhkan terlebih makanan yang ada pada menu angkringan tersebut kebanyakan dari menu makanan pokok yang dibutuhkan oleh orang sehari-hari.

Dengan demikian usaha angkringan besar kekungkinannya untuk sukses. Tinggal bagaimana pemilik usaha angkringan tersebut bisa memaksimalkan sebaik mungkin tips usaha angkringan.

2. Keuntungan Besar

Cerita dari beberapa pengusaha angkringan yang sudah sukses mengatakan bahwa rata-rata dari penghasilan bersih angkringan sebesar kurang lebih Rp.200.000 untuk satu harinya dan satu grobak.

Maka jika kita hitung keuntungan dari usaha angkringan dalam satu bulannya yaitu Rp. 6.000.000 ( Rp. 200.000 x 30 hari). Sangat besar bukan!

Pengehasilan tersebut hanya satu grobak, lalu bagaimana jika Anda mempunyai 3 grobak saja. Maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp. 18.000.000. 

3. Modal Relatif Kecil

Membuka usaha angkringan termasuk usaha yang cukup mudah. Hal itu dibuktikan dengan membuka usaha angkringan tidak membutuhkan barang-barang yang harganya tinggi. 

Selanjutnya dengan bermodalkan hanya kisaran 3-5 juta Anda sudah bisa menjalan usaha angkring yang cukup lumayan bagus.

Menariknya lagi usaha angkringan tidak membutuhkan ruko untuk berjualan yang harga sewa nya saat ini cukup besar. Dengan bermodalkan grobak saja Anda bisa berjualan dimana saja Anda mau.

Menu Angkringan Pemula

Setelah kita mengulas tentang tips usaha angkringan pemula, modal usaha angkringan untuk pemula, omset usaha angkringan pemula, dan keuntungan bisnis angkringan. Sekarang mari kita ulas terkait daftar menu angkringan pemula

1. Tempe Mendoan

Makanan asal Banyumas ini cukup terkenal dikalangan pencinta kuliner. Mendoan menjadi salah satu menu angkringan yang wajib ada. Dengan rasa yang gurih sangat cocok disantap bersama hidangan sepiring nasi.

2. Nasi Kucing

Nasi kucing atau yang biasa dikenal juga dengan sego kucing merupakan menu angkringan lengendaris asal jogja. Nasi kucing termasuk menu andalan yang ada di angkringan. 

Dengan harga yang sangat murah menjadikan nasi kucing banyak diburu oleh para pelanggan angkringan. 

3. Aneka Bacem

Tempe dan tahu makanan yang sering dibuat bacem. Harga yang murah dan mudah didapat menjadi asalan utama kenapa tempe dan tahu menjadi sasaran utama untuk dijadikan makanan bacem ini.

Selain tahu dan tempe, ada juga ayam bacem yang hampir ada disetiap menu angkringan yang ada di Indonesia.

4. Tahu Isi

Tahu isi pun masuk diantara menu yang ada di angkringan. Isi dari tahu tersebut biasanya terdiri dari berbagai campuran sayuran. Antaranyaa wortel, tauge, kol, dan banyak lagi lainnya yang bisa dijadikan isi dari tahu isi tersebut.

Rasa yang gurih dan tekstur yang kriuk membuat pecinta angkringan semakin betah berlama-lama di angkringan.

5. Sate Angkringan

Diantara menu angkringan yang populer juga biasanya terdapat aneka sate angkringan. Sate angkringan menjadi salah satu menu favorit pecinta angkringan. 

Terdapat banyak aneka sate yang ada diangkringan, seperti sate telur puyuh, sate kerang, sate usus ayam, sate bakso bakar, sate jeroan, dan lainnya.

6. Teh Kampul

Teh kampul merupakan sajian teh hangat dengan jeruk wedang yang manis. Minuman wajib yang ada di menu angkringan pemula.

7. Wedang jahe

Diantara menu angkringan pemula lainnya yaitu wedang jahe. Disaat cuaca dingain wedang jahe menjadi penghangat badan yang ampuh. 

Biasanya minuman wedang jahe ini dibuat dari beberapa bahan yaitu Jahe, serai dan gula merah. Kemudian dimasak bersamaan dengan daun pandan sebagai penambah aroma. 

8. STMJ

STMJ sendiri singkatan dari susu telur madu jahe. Perlu diketahui bahwa khasiat dari dari STMJ salah satunya adalah sabagai penghangat badan. Cocok di minum pada saat malam hari dan pagi hari. 

Minuman STMJ merupakan minuman yang menyehatkan karena terdiri dari bahan-bahan alami, seperti, jahe, madu,telur cengkeh, dan susu.

Itu tadi tujuh tips usaha angkringan pemula yang patut untuk diterapkan. Dengan mengaplikasikan tujuh tipe tersebut, besar kemungkinan usaha angkringan akan lebih ramai oleh pembeli dan banyak diminati.

Terimakasih sudah mampir di blog kami Barangku.id. Semoga bermanfaat dan jumpa lagi di artikel berikutnya.