Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Jualan Jeruk Peras Yang Untung Besar

Di iklim Indonesia yang seperti ini, tentunya dengan jualan jeruk peras tak akan mengalami kerugian. Selain didukung oleh iklim Indonesia yang panas ini, jeruk peras juga memberikan efek yang baik bagi tubuh. Karena ada banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dari adanya perasan jeruk ini.

Akan tetapi, penjual dari jeruk peras ini tidak hanya satu dua saja. Melainkan ada cukup banyak penjual yang juga berjualan jeruk peras. Hal ini tidak lain disebabkan oleh tingginya minat jeruk peras dari konsumen. Untuk itu, penjual harus mampu memberikan keunikan dari dagangannya.

Tips Usaha Minuman Jeruk Peras

usaha minuman jeruk peras
Tips sukses jualan jeruk peras

Apakah Anda salah satu dari yang tertarik untuk memulai usaha jeruk peras? Tidak diragukan lagi bahwa usaha jeruk peras termasuk usaha jangka panjang dan akan terus diminati. Sebelum memulai usaha jeruk peras ada baiknya simak terlebih dahulu tips usaha minuman jeruk peras berikut:

1. Penyediaan Stan atau Booth

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman pasti akan memberikan pengaruh di setiap lini kehidupan masyarakat. Termasuk dengan gaya ataupun cara jual untuk menarik pembeli ini. Penjual harus mampu memberikan inovasinya terhadap jualannya agar pembeli tertarik akan produk tersebut.

Kebersihan dan keindahan dari tempat jualan menjadi hal krusial bagi setiap penjual, khususnya penjual makanan minuman. Karena secara tidak langsung, setiap pembeli akan memilih penjual yang memiliki tempat yang bersih.

Baca juga: Rekomendasi usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil laris manis

Tempat yang bersih ini dapat dijangkau oleh penjual dengan pendirian booth atau stan layaknya penjual minuman lain. Adanya stan ini juga dapat dijadikan pusat perhatian tersendiri bagi pembeli jika stan tersebut dihias sekreatif mungkin.

2. Menambah Varian Rasa/Topping

Untuk menarik minat dari pembeli ini, pengguna dapat menambahkan pilihan varian yang dapat dipilih oleh pelanggan. Misalkan saja, penjual dapat menambahkan pilihan menu jeruk peras yang mix dengan susu. Tentunya itu dapat memberikan kemenarikan sendiri bagi pembeli.

Topping yang unik ini juga dapat membuat pembeli jadi penasaran akan rasa dari produk tersebut. Hal ini dapat meningkatkan antusiasme pembeli untuk mencicipi produk jeruk peras yang dijual. Pemilihan topping ini dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Ide topping yang dapat digunakan dan cocok untuk menu jeruk peras ini, misalnya buah leci, kelapa muda, markisa, dsb. Hal ini juga membuat kualitas dari es jeruk peras yang dijual tersebut jadi lebih meningkat.

Perlu diketahui juga bahwa jualan es jeruk peras kususnya di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Pasalnya orang Indonesia termasuk pecinta buah jeruk ditambah lagi cuaca di Indonesia yang panas menambah penjualan es jeruk peras akan semakin laris manis.

3. Kemasan Yang Unik

Yang menjadi perhatian dari pembeli selain rasa adalah kemasan dari produk tersebut. Wajar saya, banyak penjual lain yang juga memperindah cara pengemasan dari produk mereka hanya untuk meningkatkan minat pembeli.

Baca juga: Ide bisnis makanan online rumahan cepat laku

Para penjual jeruk peras ini juga dapat mengadaptasi dari cara tersebut untuk dapat meningkatkan minat pembeli ini. Pengemasan yang unik ini bisa dari gelas yang diberikan motif ada gambar tertentu. Atau juga bisa diberikan keunikan pada tutup dari es jeruk peras ini.

Cukup pastikan bahwa kemasan yang digunakan dari produk tersebut memiliki keunikan dari yang ada di pasaran. Hal ini saja telah membuat poin kemenarikan sendiri bagi para pembeli. Tentunya, kemasan yang baik ini juga dapat memberikan nilai tambah dari produk ini.

4. Pemilihan Lokasi Strategis

Tentunya untuk mendapatkan pelanggan yang banyak ini, penjual juga perlu memperhatikan tempat jualan yang hendak digunakan. Pastikan untuk memilih tempat yang mudah dijangkau oleh setiap pelanggan. Karena hal ini akan meningkatkan omset penjualan tersebut.

Untuk dapat memilih lokasi strategis ini juga dapat ditinjau dari seberapa banyak konsumen yang berada di sekitar wilayah tersebut. Terutama pilih tempat yang tidak berdekatan dengan pesaing. Meskipun berdekatan dengan penjual es lainnya, pastikan tidak menjual jenis es yang sama.

Baca juga: Ide usaha makanan online kekinian untuk pemula

5. Beri Promo Menarik

Setiap pelanggan akan memilih tempat yang memberikan promo daripada yang tidak. Untuk memberikan promo ini, pastikan untuk tidak sampai merugikan penjual sendiri. Hitung berapa harga yang harus dijual dari es jeruk peras ini jika mengadakan promo.

6. Strategi promosi yang tepat

Tidak peduli sebagus apa pun produk atau jasa yang Anda miliki jika tidak dibarengi dengan pemasaran atau promosi yang cerdas akan menjadi sia-sia kalau orang-orang tidak mengenal produk yang Anda miliki.

Karenya, pastikan melakukan promosi yang tepat sasaran guna menarik pelanggan yang lebih banyak lagi. Melakukan promosi saat ini pun tidak begitu susah. Pasalnya promosi bisa dilakukan dengan adanya bantuan media sosial yang banyak digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Estimasi Keuntungan Jual Jeruk Peras

Mari coba kita asumsikan bahwa dalam satu hari Anda bisa menjual jeruk peras sebanyak 40 gelas perhari. Kemudian dengan asumsi 30 hari kerja dalam setiap bulannya, Maka perkiraan omset dari jualan jerut peras dalam setiap bulanya adalah sebagai berikut:

Harga jeruk peras Rp. 5.000 / gelas
Terjual dalam tiap harinya = 40 gelas
Perbulannya ada 30 hari kerja
Maka total = 30 x 40 x Rp 5.000 = Rp. 6.000.000

Harga Pokok Produksi (HPP)

HPP merupakan laporan keuanganya biaya produksi terhadap produ-produk yang sudah terjual dalam periode tertentu.

Sekarang mari coba kita hitung HPP dari usaha jualan jeruk peras dalam periode 1 bulan. Karena di awal buka usaha jeruk peras, maka kita asumsikan bahwa tanpa ada tenaga kerja, semua dilakukan sendiri.

Biaya bahan pokok = Rp. 500.000
Tenaga kerja = Rp. 0
Biaya operasional dan kebutuhan lainnya = Rp. 700.000
Maka HP = Rp. 1.200.000

Maka keuntungan dari usaha jualan jeruk peras sebagai berikut:
Total penjualan - total total HPP (Rp. 6.000.000 - Rp. 1.200.000 = Rp. 4.800.000
Keuntungan bersih = Rp. 4.800.000

Itulah informasi mengenai tips jualan jeruk peras agar mendapatkan untung yang besar. Pastikan untuk terus memberikan layanan yang terbaik terhadap pelanggan, agar disukai oleh para pelanggan tersebut.

Terimakasih sudah mampir di blog kami Barangku.id semoga bermanfaat dan sampai jumlah di artikel berikutnya.