Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Kerupuk Seribuan Yang Menjanjikan

Bisnis kerupuk seribuan - Kerupuk sudah menjadi bagian dari makanan kita sehari-hari. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat segelintir orang sangat menyukai makanan ini. Bukan hanya rasanya yang enak, harganya yang murah pun juga menjadi nilai plus bagi kerupuk. 

Mulai dari 1000 rupiah, kita sudah bisa membeli seplastik kerupuk ukuran sedang. Walaupun murah, bukan berarti bisnis kerupuk tidak menguntungkan. Justru karena harganya yang murah, konsumen akan kembali membeli kerupuk tersebut. 

Otomatis dengan banyaknya pembelian, pendapatan pun semakin tinggi. Jika anda tertarik berbisnis kerupuk, simak artikel berikut yang membahad cara memulai, kelebihan, serta kekurangan dari bisnis ini.

Tips Memulai Bisnis Kerupuk Seribuan

Tips Memulai Bisnis Kerupuk Seribuan
Tips Memulai Bisnis Kerupuk Seribuan

Untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis ini. Ada beberapa tips yang bisa barangku.id bisa jelaskan. Nah gausah panjang lebar, langsung saja kita ke pembahasan inti.

1. Menyiapkan Modal

Tips memulai bisnis kerupuk seribuan yang pertama yang perlu anda siapkan tentu saja adalah modal. Modal yang anda butuhkan adalah alat dan bahan. Modal peralatan berupa alat yang akan anda gunakan untuk membuat dan memproses kerupuk. Apabila anda tidak ada niat untuk membuat kerupuk, anda hanya perlu menyiapkan peralatan dapur guna menggoreng dan menempatkan kerupuk.

Baca juga Cara Memulai Bisnis Startup

Untuk bahan sendiri, kerupuk mempunyai bahan dasar tepung. Ada baiknya anda memilih tepung dengan kualitas tinggi agar kerupuk yang dihasilkan juga bagus. Namun jika anda menilai membuat kerupuk repot, maka anda bisa membeli kerupuk mentah. Biasanya kerupuk-kerupuk tersebut dijual dalam keadaan kering, jadi anda tinggal menggorengnya saja.

2. Memilih Jenis Kerupuk

Seperti ditulis diatas, jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat kerupuk anda bisa membeli kerupuk mentah dan kemudian menggorengnya agar siap dikemas dan dijual. Tapi sebelum itu, anda juga harus memilih jenis kerupuk yang akan anda jual nanti. Sesuaikan jenis kerupuk dengan pangsa pasar, apalagi jika anda ingin menitipkannya ke warung-warung sekitar.

Baca juga Ide Bisnis Gila Cocok untuk Anda yang Mudah Bosan

3. Memastikan Kualitas

Kualitas kerupuk yang bagus tentu akan lebih disukai konsumen daripada yang kualitasnya buruk. Salah satu cara agar kerupuk yang anda jual berkualitas adalah dengan berhati-hati saat proses penggorengan. Setelah selesai menggoreng, pastikan kerupuk benar-benar kering sebelum dikemas. Sebab kandungan minyak yang berlebih pada kerupuk bisa membuat tekstur renyah kerupuk berkurang. Anda bisa menggunakan mesin spinner kerupuk untuk mempercepat proses ini.

Selain itu pengemasan kerupuk juga harus diperhatikan. Biasanya kerupuk seribuan dikemas dalam plastik ukuran sedang yang kemudian ujungnya dibakar dan direkatkan dalam tempo cepat. Sekali lagi, pastikan kerupuk sudah dingin dan bebas dari minyak sebelum dibungkus. Pastikan juga plastik benar-benar merekat dan tidak berlubang untuk menjaga kualitas kerupuk. 

Alat yang bisa anda gunakan untuk membantu proses ini adalah press plastik. Bisa juga menggunakan plastik yang sudah ada sealnya agar lebih mudah, walau harga plastiknya akan sedikit lebih mahal dari plastik biasa.

4. Pemasaran

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran. Anda bisa menjual sendiri kerupuk buatan anda secara online maupun offline. Silahkan anda jajahkan kerupuk-kerupuk tersebut di lapak anda. Berikan juga harga yang sesuai dengan kualitas dan ukuran. 

Pada pemasaran offline, jika anda belum punya lapak sendiri, anda bisa memasarkan kerupuk anda dengan menawarkannya ke warung tradisional maupun ke warung makan.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Usaha Ternak Lele

Kelebihan Bisnis Kerupuk

Bisnis kerupuk ini mempunyai kelebihan pada segi produksi. Harga bahan kerupuk yang murah membuat para pengusahanya bisa menghasilkan kerupuk dalam jumlah besar dengan modal yang lebih kecil. Kerupuk juga sudah dikenal oleh banyak orang sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk dipasarkan. 

Selain itu, harga kerupuk yang terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat juga membantu para penjualnya dalam meraup untung.

Kekurangan Bisnis Kerupuk

Kekurangan bisnis kerupuk terletak pada banyaknya pesaing. Ya, anda tentu bukanlah satu-satunya orang yang menjual kerupuk. Saat ini sudah cukup banyak pengusaha kerupuk yang namanya besar dan dikenal banyak masyarakat, sehingga jika anda adalah pendatang baru maka anda harus bisa menyesuaikan diri.

Penutup

Sekian pembahasan tentang bisnis kerupuk seribuan. Makanan yang satu ini memang tak pernah habis dicari oleh orang. Jika anda memang mempunyai jiwa pengusaha, usaha kerupuk ini cocok untuk anda pertimbangkan.

Terima kasih sudah berkunjung di website barangku.id. Penulis berharap semoga artikel ini bermfaat bagi temen-temen semua yang ingin menjalankan bisnis kerupuk seribuan/