Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Jualan Lauk Matang agar Laku Keras

Barangku.id- Lauk adalah salah satu kebutuhan harian yang sangat dibutuhkan berbagai kalangan. Oleh sebab itu, membuka usaha lauk yang sudah matang bisa dijadikan pilihan yang menggiurkan. Jualan lauk matang tentunya juga diperlukan strategi yang tepat.

Bagi yang akan membukanya, maka harus tahu dulu apa saja tips dan strategi yang bisa dilakukan. apabila semua aspeknya dipenuhi, maka komponen keuntungan akan terus bertambah signifikan seiring berjalannya waktu. Untuk mengetahuinya, berikut tips lengkapnya:

1. Ubah Menu Secara Berkala

jualan lauk matang
Tips jualan lauk matang agar laris manis
Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah menu jualan lauk matang secara berkala. Langkah ini tentunya bisa dijadikan solusi agar pelanggan bisa menemukan menu baru dan tidak mudah bosan. Jangka waktu yang paling pas untuk mengubahkan adalah setiap satu minggu.

Baca juga: Laris Manis! Beginilah cara menawarkan catering ke pabrik

Atau jika ingin lebih variatif, maka bisa mengubah setiap hari. Dengan perubahan menu ini, maka pelanggan akan senang karena menunya terus berganti dan tidak selalu sama. Jadi, pelanggan juga tidak akan mudah bosan dengan menu yang sama.

2. Sesuaikan dengan Minat Pelanggan

Langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti minat pelanggan. Secara tidak langsung, langkah ini termasuk riset yang bisa memudahkan dalam penentuan menu yang akan dijual. Metodenya sendiri bisa dengan tanya jawab mengenai lauk apa yang diinginkan.

Baca juga: Rekomendasi usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil paling laris manis

Jika sudah melakukan riset dengan mengajukan beberapa pertanyaan, maka akan ditemukan menu yang paling diminati. Kemudian siapkan menu tersebut sebagai salah satu yang dijual sehingga pelanggan akan merasa senang karena keinginannya disediakan.

Meski tergolong sepele, aspek atau tips satu ini terbukti efektif untuk menarik pelanggan. Jika lauk yang diinginkan sebagian besar pelanggan tersedia, maka pelanggan akan terus berdatangan untuk membeli dan mencoba menu tersebut. Baca juga: Kiat sukses usaha kuliner agar makin laris manis

3. Sediakan Paket Lauk Tertentu

 Tips jualan lauk matang selanjutnya adalah dengan menyediakan paket lauk tertentu. Misal untuk menu sarapan, makan siang, atau jam khusus malam, berikan komponen pilihan yang berbeda-beda. Dengan menyediakan paket semacam ini, maka pelanggan akan tertarik untuk membeli menyesuaikan dengan kebutuhan.

Atau bisa juga membedakan menu menjadi menu berbuka dan sahur apabila menjual di bulan puasa. Jangan lupa juga untuk membedakan tiap lauknya. Dengan demikian, pelanggan akan puas karena akan mendapat jenis menu yang berbeda-beda.

4. Berikan Layanan Pemesanan dalam Jumlah Besar

Jika ingin melebarkan sayap dalam berjualan lauk, maka berikan layanan pemesanan dalam jumlah yang besar. Layanan semacam ini akan cocok untuk pihak-pihak yang akan memiliki acara tertentu. Membeli lauk yang sudah matang untuk acara tertentu pastinya lebih efisien.

Oleh sebab itu, layanan ini patut dicoba agar usaha bisa terus dijalankan. Namun agar minat pelanggan tidak berkurang, pastikan untuk menjaga cita rasa yang diberikan. Kemudian, terapkan harga berbeda untuk pembelian yang tergolong banyak.

5. Gencar Promosi

Saat ini untuk melakukan promosi bisa terbilang mudah. Pasalnya kita berada di zaman yang serba internet yang bisa membantu dan memudahkan kita semua untuk melakukan banyak hal termasuk dengan melakukan promosi untuk usaha yang disedang dijalankan.

Selain mudah, juga media promosi seperti facebook, instagram, tiktok, dan lain lain bisa dilakukan dengan cuma-cuma alias gratis. Tidak bagaimana pengguna dari medos itu sendiri bagaimana memaksimalkan untuk hal yang positif dan menguntungkan.

Maka silahkan lakukan promosi dengan baik dan unik agar usaha jualan lauk matang Anda lebih mudah dikenal dan menarik banyak pelanggan di media sosial tadi.

6. Lokasi Strategis

Ide jualan lauk matang penting untuk didasari dengan pengetahuan tentang lokasi strategis untuk membuka usaha jualan lauk matang ini. Karena mengingat lauk matang adalah jenis makanan yang cepat basi. Maka diperlukan strategi khusus agar penjualan cepat laku dan laris manis. Berikut beberapa tips untuk menentukan lokasi yang strategis:
  • Lokasi strategis biasanya banyak dilalui oleh masyarakat banyak. Sebisa mungkin tempat usaha lauk matang yang akan Anda buka dijalan yang ramai dan sering dilalui orang dengan berbagai aktifitas mereka.
  • Lokasi strategis juga bisa berada didekat pemukiman yang padat penduduk, seperti perumahan, apartemen, kos kosan, pabrik, dan sejenisnyaa.
  • Lokasi yang strategis juga bisa ditandai dengan adanya ruang untuk parkir. Sehingga memudahkan pembeli untuk singgah di warung Anda.
  • Lokasi strategis berikutnya adalah berada ditempat yang bersih dan nyaman. Perlu diingat bahwa Anda akan membuka usaha jualan lauk matang maka kebersihan dan kenyamanan adalah nomer satu.

7. Jaga Kebersihan

Tips terakhir yang wajib untuk diperhatikan adalah masalah kebersihan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan saat menjalankan usaha makanan semacam ini. Unsur kebersihan ini tentunya harus disediakan di berbagai aspek usaha. Mulai dari dapur, tempat jualan, hingga kemasannya.

Baca juga: Tips menjalankan bisnis kebab modal minim

Hal ini tentunya perlu diperhatikan agar pelanggan merasa aman membeli makanan dan lauk yang ditawarkan. Jangan sampai masalah kebersihan tidak diperhatikan dan akhirnya membuat pelanggan pergi ke tempat lain. Oleh sebab itu, pastikan aspek ini terjaga dengan baik.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai tips jualan lauk matang yang tepat sasaran. Jika semua tips tersebut dilakukan, maka proses berjualan jenis lauk matang akan lebih baik dan keuntungan bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu.