Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mari Cari Tahu, Modal Jualan Bakso dan Cara Memulainya Sekarang!

Mari Cari Tahu, Modal Jualan Bakso dan Cara Memulainya Sekarang! - Ide dari sebuah usaha sangat banyak tentunya, namun bakso tetap menjadi ide yang paling banyak digunakan sebagian besar pengusaha. Sebenarnya berapakah modal jualan bakso yang perlu untuk disiapkan? Simak berikut ini penjelasan lengkapnya yaitu:

Modal Jualan Bakso

Modal Jualan Bakso
Modal Jualan Bakso yang menjanjikan
dan banyak peminat

Sebelum memulai usaha bakso, seorang pengusaha tentu harus mempunyai modal yang mencukupi. Pasalnya, untuk membuka sebuah usaha pasti dibutuhkan dana untuk membeli bahan ataupun kelengkapan jualan. Cukup dengan 18 juta, jualan bakso pun sudah bisa dilakukan dengan menyewa ruko.

Bacaa juga: Aneka olahan ayam untuk jualan yang direkomendasikan

Modal tersebut sebenarnya cukup terjangkau bagi yang ingin berjualan bakso secara menetap. Untuk berjualan bakso secara berkeliling sendiri, modal yang dibutuhkan bisa kurang dari 18 juta. Perbedaan jumlah modal tergantung dari fasilitas dan kelengkapan yang ingin ditawarkan.

Jika pengusaha bakso ingin memberikan fasilitas layaknya sebuah cafe modern, maka ruko atau tempat usaha bisa didekorasi lebih menarik. Berbeda lagi dengan jualan bakso yang bermodalkan gerobak seadanya. Modal yang akan dikeluarkan pun akan lebih kecil.

Baca juga: Cara jualan lauk matang agar laku keras

Cara Memulai Jualan Bakso

Bagi Pemula Bagi yang tertarik dan berminat untuk menjual bakso pemula, tentu ada beberapa cara yang harus diketahui. Cara yang dimaksud adalah perencanaan awal hingga jualan pun dapat dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, simak berikut ini ulasannya yaitu:

1. Mencari Lokasi yang Strategis

Cara pertama yang harus pengguna lakukan ketika memulai jualan bakso yang harus diperhatikan yaitu mencari tempat yang strategis. Pengguna dapat melakukan survey sebelumnya untuk melihat lokasi yang akan digunakan. Pastikan jika, lokasi tersebut mempunyai akses hingga mobilitas yang mudah dilalui.

Baca juga: Paling laku! Inilah peluang bisnis minuman modal Rp 300 ribu

Contoh beberapa tempat yang dianggap strategis salah satunya yaitu berada di persimpangan jalan, mall ataupun lingkungan sekolah dan lainnya. Pasalnya dari beberapa tempat yang dicontohkan tersebut sering dikunjungi sebagian besar orang. Memungkinkan peluang laris yang tinggi.

2. Menetapkan Harga Murah Di Awal

Selanjutnya, pengguna bisa mulai jualan bakso dengan menetapkan harga murah di awal pembukaan. Harga murah tersebut merupakan taktik yang digunakan supaya dapat membuat para pengunjung tertarik. Pada pembukaan pertama tersebut pastikan juga untuk memastikan rasa bakso yang lezat.

Baca juga: 100% laris! Beginilah cara menawarkan catering ke pabrik

3. Memberikan Merek yang Unik

Untuk membuat jualan pengguna berbeda dengan kompetitor lainnya, penting untuk membuat merek yang menarik. Menarik di sini maksudnya dapat membuat orang yang melihat merek tersebut berminta untuk makan bakso. Nama bisa saja dibuat unik sehingga bisa menarik perhatian dari banyak orang.

Contoh merek yang unik yaitu dapat dibuat dari salah satu jargon atau pun kalimat yang terdengar baru. Pasalnya hal ini akan membuat orang yang melihatnya penasaran dan ingin berkunjung. Memungkinkan untuk mendatangkan pelanggan dengan cepat pun bisa tercapai.

Baca juga: Rekomendasi usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil paling laris

4. Promosi

Kurang rasanya kalau seorang pengusaha tidak melakukan promosi terhadap barang yang dihasilkannya, mengapa? Promosi berfungsi untuk memperkenalkan apa yang tengah dijual dan kelebihannya dibandingkan yang lain. Tidak hanya itu, promosi juga kerap dilakukan untuk memperkenalkan jualan yang tengah dirintis.

Sekarang promosi dapat dilakukan dengan bermacam cara, salah satunya pemanfaatan sosial media. Contohnnya ada, Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya yang bisa dipakai untuk melakukan promosi. Bukan hanya itu saja, gencarnya melakukan promosi juga dapat memviralkan sebuah usaha.

Baca juga: Cara menjalankan usaha teh poci sendiri agar laris manis

Jadi bakso yang dijual pun akan semakin terkenal dan membuat publik penasaran. Pengguna juga dapat memakai jasa marketing, influencer atau selebgram dalam melakukan promosi tersebut. Bagaimana, sangat mudah bukan melakukan promosi di zaman sekarang?

Keuntungan Jualan Bakso

Setelah membahas tentang modal usaha bakso dan cara memulai usaha jualan bakso, sekarang mari kita beranjak ke step berikutnya yaitu keuntungan jualan bakso:

1. Keuntungan berlipat

Hal yang pertama dilirik oleh seorang pengusaha sebelum memulai usaha biasanya adalah dari segi keuntungan. Hal ini terbilang wajar, lantaran seorang pengusaha harus bisa mengembalikan modal diawal dari pendapatan atau keuntungan usaha bakso tesebut.


Namun jangan khawatir, usaha bakso tergolong usaha yang mempunyai potensi keuntungan yang cukup besar. Hal ini akan membuat anda kemungkinan untuk mengalami kerugian terbilang kecil.

Dari modal awal kirasan Rp. 18.000.000 biasanya modal tersebut akan kembali dalam kurung waktu 3 bulan plus bonus keuntungan Rp. 2.500.000 perbulannya. Namun perlu diperhatikan bahwa nominal tersebut tidak baku karena kembali dari sekala besar atau kecilnya usaha bakso yang anda buka. Semakin besar usaha bakso yang anda kelola tentu nominal keuntungan akan jauh lebih besar.

2. Tidak Terpatok Pada Cuaca

Hal yang menarik juga dari usaha jualan bakso adalah tidak berpengaruh dengan cuaca apa pun. Nah jika Anda membuka usaha jualan bakso tidak perlu khawatir lantaran tidak adanya permbeli karena faktor dari cuaca. Hal ini dikarenakan makanan bakso ini sangat cocok disantap pada saat cuaca dan kondisi apa pun. Tua dan muda semua suka dengan makanan nusantara ini.

3. Penyajian yang Cepat

keuntungan jualan bakso berikutnya adalah dari segi penyajian yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika diperhatikan proses penyajian bakso untuk satu porsi kurang lebih 5 menit sudah siap dihidangkan.

Tentu semua itu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti, saus, kecap, bumbu-bumbu, bakso, mie, dan lain-lain sudah siap. Jadi kita tinggal membuat hidangan bakso untuk setiap porsinya saja.


Namun jika dibandingan dengan jenis usaha lainnya, bakso terbilang yang tercepat dalam penyajian. Sehingga pelanggan pun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu hidangan dari bakso tersebut.

4. Pemasaran yang Mudah

Bakso merupakan makanan kuah yang sudah banyak penggemar. Untuk di Indonesia sendiri makanan bakso ini sudah sangat populer. Nah dengan kepopuleran bakso tersebut menjadi keuntungan bagi anda yang ingin membuka usaha bakso. 


Untuk pemarasan cukup dengan membuatkan nama usaha bakso yang unik, kemudian buatkan baliho untuk dipasang didepan warung atau grobak usaha bakso anda. Dan selebihnya bisa juga dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Whatsapp, dan media sosial lainnya agar bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas.

Maka dengan seperti itu, usaha bakso yang Anda kelola akan cepat dikenal banyak orang dan bisa melejitkan jumlah pembelian bakso Anda.

5. Banyak Peminat

Keuntungan jualan bakso yang terakhir adalah banyaknya peminat dari makanan bakso di Indonesia. Dari semua kalangan suka dengan bakso.


Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin menjalankan usaha bakso. Seperti yang sudah disampaikan bahwa, usaha bakso tidak susah dalam hal pemasaran lantaran peminat dari makanan bakso sendiri sudah banyak. 

Tips utama dalam melariskan usaha bakso adalah cita rasa yang nikmat menjadi hal wajib yang harus ada pada usaha bakso Anda.

Itulah penjelasan terkait modal jualan bakso, cara untuk mulai merintisnya, dan keuntungan jualan bakso. Kini para pemula dapat memikirkan sejumlah dana yang perlu untuk dipersiapkan supaya dapat berjualan bakso baik menggunakan tempat atau gerobak. Jadi perkiraan dana yang dikumpulkan dapat dipersiapkan dengan baik.