Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Bisnis Ayam Geprek yang Perlu Diketahui

Ayam geprek bisa dibilang tengah menjadi menu favorit sebagian besar masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Banyaknya penggemar makanan ini tentunya membuat bisnis ayam geprek juga semakin menjamur di kalangan masyarakat.

Namun, untuk dapat memulai bisnis dengan tepat tentunya membutuhkan strategi yang tepat pula. Apalagi di tengah banyaknya persaingan yang terjadi. Lalu, bagaimana sih caranya? Mari simak ulasan berikut:

Sekilas Tentang Ayam Geprek

Bisnis ayam geprek
Ilustrasi sajian ayam geprek

Indonesia memang menjadi negara dengan berbagai macam makanan khas. Bahkan di setiap daerah di Indonesia pun mempunyai ciri khasnya tersendiri dari cita rasa yang disajikan pada setiap hidangannya.

Seperti halnya ayam geprek yang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Makanan khas dari Yogyakarta ini pada awalnya disebut sebagai pitik geprek. Pitik sendiri merupakan bahasa jawa dari ayam.

Baca juga: Kreasi Jualan pangsit goreng paling banyak di gemari

Rasa gurih dan pedas yang berbau antara ayam goreng dan juga sambel menjadi ciri khas yang tepat dalam makanan ini. Tidak heran bila pada akhirnya makanan khas Jogja ini kini berhasil menjadi favorit dari berbagai kalangan masyarakat.

Biasanya ayam geprek dan sambal matah sendiri akan disajikan dengan nasi panas dan lalapan sebagai pelengkap. Tentunya menu ini pada akhirnya memang menjadi menu favorit yang cocok untuk lidah orang Indonesia yang menyukai rasa pedas.

Bahkan kini pun bisnis ayam geprek kekinian juga telah menjamur di berbagai kota. Tentunya dengan ciri khas masing-masing dari setiap rumah makan untuk menarik konsumen. Bisnis kuliner saat ini pun bisa dibilang susah-susah gampang dalam menjalankannya.

Hal ini tentunya tergantung dari bagaimana pelaku bisnis itu sendiri dapat menyajikan menu ayam geprek yang sesuai dari rasa yang ditawarkan pada masyarakat. Apalagi dengan banyaknya pesaing yang bertambah setiap saatnya dalam bidang yang sama.

Tentunya pelaku bisnis dalam bidang ini haruslah benar-benar memiliki strategi yang tepat dalam mempromosikan dan menyajikan menu ayam geprek pada masyarakat. Salah-salah dalam strategi pemasaran tentunya bisa menyebabkan kerugian karena kalah dalam bersaing.

Baca juga: Tips jualan jeruk peras yang menguntungkan

Hal inilah kemudian yang membuat pelaku bisnis harus mempertimbangkan berbagai aspek terlebih dahulu sebelum kemudian memulai bisnis. Khususnya dalam bisnis kuliner seperti ayam geprek yang memiliki banyak pesaing.

Melalui pertimbangan yang tepat dan strategi pemasaran yang tepat pula maka, bisnis pun tentunya juga bisa berjalan. Bahkan pelaku bisnis juga bisa mendapatkan keuntungan besar bila bisa menjalankan dengan tekun.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Ayam Geprek Rumahan?

Persaingan dunia kerja memanglah semakin ketat. Tidak heran bila pada akhirnya kini banyak anak muda lebih memilih memulai bisnis dibandingkan bekerja dibawah naungan perusahaan. Namun, kenyataannya bersaing dalam dunia bisnis pun juga tidak bisa dilakukan dengan mudah.

Baca juga: Cara jualan lontong sayur agar melejitkan omset penjualan

Ada banyak tantangan yang sebenarnya juga harus dipersiapkan. Seperti halnya dalam memulai bisnis ayam geprek yang rasa-rasanya terus menjamur di berbagai daerah. Mulai dari harga yang murah hingga mahal pun bisa ditemui. Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini? Berikut tipsnya:

1. Memantapkan Niat dalam Bisnis

Bisnis kuliner satu ini memang tengah menjadi favorit dan pilihan sebagian besar wirausaha. Proses pembuatan ayam geprek yang tampak sederhana dan bahan yang mudah didapat tentu menjadi alasannya. Apalagi dengan melihat minat masyarakat terhadap kuliner pedas satu ini.

Tentunya hal ini akan menjadi peluang bisnis ayam geprek yang tepat bila mampu dijalankan dengan sabar dan sungguh-sungguh. Bahkan omset yang didapatkan pun juga bisa memiliki nilai yang cukup besar bila dijalani dengan serius.

2. Membuat Menu Ayam Geprek yang Khas

Tentu hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan takaran bumbu yang tepat terlebih dahulu pada sajian ayam geprek yang akan dijual. Memberikan ciri khas yang membuat ayam geprek terasa lebih enak adalah hal yang perlu dilakukan bila perlu.

Ciri khas ini sendiri misalkan saja bisa dilakukan pada sajian sambal sebagai pelengkap menu pada bisnis ayam geprek kekinian. Memberikan rasa pedas dengan ciri khas sambal yang berbeda dengan menu ayam geprek lain tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri.

Baca juga: Aneka Olahah Ayam untuk jualan yang direkomendasikan

3. Menentukan Target Pasar

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan dalam memulai bisnis ayam geprek kekinian adalah menentukan target pasar. Adanya target pasar pada dasarnya menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan bahkan dalam bisnis kuliner seperti ini.

Pada dasarnya penentuan target pasar inipun nantinya juga akan diikuti dengan pemilihan tempat berjualan dan harga yang akan ditawarkan. Hal ini menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan supaya usaha dapat berjalan.

4. Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik pada konsumen memang menjadi hal krusial lain yang perlu dipertimbangkan. Keramahan dan kecakapan pelayanan dalam suatu rumah makan memang seringkali menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih tempat makan.

Tentunya hal ini kemudian yang juga perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis ayam geprek kekinian ini. Melalui pelayanan yang baik inilah nantinya pelanggan pun akan merasa puas dan kemungkinan kembali untuk membeli pun juga semakin besar.

5. Menawarkan Delivery Order

Membuka usaha ayam geprek online di era modern sekarang ini tentunya harus memiliki inisiatif memberikan pelayanan delivery order. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan bersaing dengan lainnya.

Pada zaman yang segalanya serba online ini pada dasarnya memang membuat sebagian orang lebih memilih memesan makanan untuk diantar ke tempat tujuan. Hal inilah kemudian yang perlu dipertimbangkan supaya pelanggan pun bisa mendapatkan pelayanan yang tepat.

Baca juga: Rekomendasi usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal minim laris manis

6. Memperhatikan Kebersihan Rumah Makan dan Dapur

Memperhatikan kebersihan dari rumah makan serta dapur juga menjadi hal berikutnya yang sangat perlu untuk dilakukan pelaku bisnis ayam geprek kekinian. Tempat makan yang bersih dan nyaman tentu menjadi nilai tambah yang membuat pelanggan merasa nyaman.

Tentunya hal ini pun juga harus sejalan dengan kebersihan dari dapur sebagai tempat utama untuk mengolah makanan. Hal ini dilakukan untuk menjaga higienitas dari bisnis yang tengah dijalankan.

7. Melakukan Promosi

Promosi tentunya masih menjadi bagian penting dan paling utama yang perlu dilakukan untuk menarik pelanggan. Apalagi untuk bisnis yang baru dibuka. Tentunya adanya pengenalan produk pada masyarakat menjadi hal yang perlu dilakukan.

Supaya promosi bisa berjalan dengan tepat dan dapat menarik konsumen, nantinya pelaku bisnis ayam geprek kekinian bisa melakukan promosi melalui media sosial serta pamflet. Dua langkah ini menjadi cara promosi paling sederhana yang bisa dilakukan.

Diantara promoi yang baik dilakukan adalah dengan menawarkan menu makanan siang catering ke pabrik. Karena di pabrik tentu terdapat banyak karyawan yang butuh makanan siang. Ini kesempatan baik yang perlu diperhatikan sebagai salah satu usaha meningkatkan pemasaran dan promosi. 

8. Menawarkan Menu Lain

Cara berikutnya yang perlu dilakukan supaya bisnis ayam geprek kekinian bisa laris adalah memberikan tawaran menu lain dalam daftar menu. Nantinya menu yang ditawarkan bisa mencakup kudapan seperti halnya berbagai macam minuman sebagai pilihan.

Memberikan tambahan menu lain selain ayam geprek juga bisa menjadi pilihan untuk memberikan opsi bagi konsumen. Tentunya dengan banyaknya opsi menu ini nantinya bisnis dari kuliner ayam geprek pun juga bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini kiat sukses usaha kuliner yang bisa Anda pelajari agar usaha ayam geprek makin laris.

Peluang Usaha Ayam Geprek

Usaha ayam geprek di Indonesia masih dan akan terus berada di deretan usaha potensial yang memiliki prospek bagus. Setidaknya hal itu dibuktikan dengan beberapa diantara peluang usaha ayam geprek diberikut ini.

1. Sesuai dengan Lidah Penduduk Indonesia

Gurih dan pedas menjadi ciri khas dari rasa ayam geprek ini. Ciri khas itulah yang menjadikannya sangat populer di lidah orang Indonesia. Dengannya ayam geprek akan mudah dari segi pemasaranya. 

Terlebih jika Anda nanti kembangkan dari segi rasa dan bentuk agar ayam geprek millik Anda terlihat lebih kekinian tentu akan lebih menarik minat khalayak banyak.

2. Tidak Bergantung dengan Musim

Menyantap ayam geprek di saat cuaca panas dan dingin pun akan terasa nikmat. Pun disantap saat makan siang maupun makan malam ayam geprek tetap akan terasa nikmat di lidah.

Dengannya menu makanan ayam geprek ini salah satu dari makanan yanag tidak ketergantungan dengan musim, suasan, dan waktu. Semua akan terasa nikmat jika ayam geprek sudah di lidah. 

Inilah yang menjadikan pelung usaha ayam geprek akan terus dicari dan sangat potensial.

3. Kaya Akan Varian

Jika ayam geprek dikenal oleh banyak orang dengan rasa yang pedas, Anda juga bisa hadirkan menu ayam geprek dengan varian rasa pedas yang disesuaikan dengan keinginan konsumen. Seperti hadirkan menu ayam geprek yang terdiri dari beberapa level rasa pedas pada ayam geprek tersebut. Sehingga menjadikan jangkauan konsumen pun akan lebih luas. Kita tahu tidak semua orang bisa memakan makanan yang sangat pedas.

4. Untung Besar

Jika kita bicara dari segi keuntungan, maka tentu salah satu peluang usaha ayam geprek yang sangat diminati yaitu karna usaha ayam geprek ini mampu mendatangkan keuntungan yang besar.

Selain itu juga, ayam geprek bisa disatukan dengan menu lainya seperti menu lauk matang siap saji. Sehingga selain dari menu ayam geprek, Anda juga bisa menghadirkan varian menu lainnya di warung makan Anda nantinya.

Modal Ayam Geprek

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dari bisnis ayam geprek adalah masalah modal. Setiap usaha tentu akan memerlukan modal baik usaha tersebut dalam sekala besar maupun sekala usaha kecil.

Bisnis ayam geprek akan tergantung dari modal yang dimiliki. Dengannya Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Berikut uraian terkait rincian modal ayam geprek yang mungkin bisa Anda jadikan patokan dalam menghitung modal ayam geprek secara lebih terperinci.

Peralatan masak dan makanan: Rp. 3.000.000
Meja dan kursi: Rp. 2.500.000
Biaya Promosi: Rp. 750.000
Sewa tempat: Rp. 3.000.000
Biaya Operasional: Rp. 10.000.000
Biaya kondisional: Rp. 2.000.000
Total: Rp. 21.250.000

Tentu rincian modal di atas akan tetap menyesuaikan dengan tempat dimana akan Anda buka usaha ayam geprek tersebut. Karena biasanya disetiap tempat atau pun daerah akan memiliki harga yang berbeda, seperti harga sewa tempat tadi.


Begitu juga jika Anda sudah memiliki tempat (rumahan) atau peralatan sendiri, maka Anda tidak perlu lagi menganggarkan modal untuk keperluan yang sudah Anda memiliki sendiri.

Pun demikian juga dengan biaya operasional silahkan dikondisikan dengan modal yang ada dan sesuaikan pula dengan kebutuhan dari karyawan yang dibutuhkan pada saat memulai bisnis ayam geprek.

Dengan rincian modal bisnis ayam geprek diatas setidaknya Anda kini sudah memiliki gambaran untuk memulai usaha ayam geprek Anda.

Sekarang saat nya untuk memulai.

Demikianlah tadi ulasan tentang bisnis ayam geprek yang bisa menjadi pilihan bisnis tepat di era sekarang. Tentunya dengan strategi pemasaran yang tepat dan kualitas rasa juga penyajian higienis akan membuat bisnis bisa bersaing dan bertahan di tengah persaingan yang sama.

Terikhir semoga ulasan terkait bisnis ayam geprek ini bisa membantu Anda semua yang sedang mencari informasi usaha ayam geprek. 

Kami ucapkan terimakasih sudah mampir di blog kami Barangku.id. Kami akan sangat senang jika Anda berkenan membagikan artikel ini guna menjangaku kebermanfaatan yang lebih banyak.