Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Tips dan Cara Izin Tidak Masuk Kerja Lewat Whatsapp

Bagaimana Cara dan Contoh Izin Tidak Masuk Kerja Lewat Whatsapp ? Kalau kamu melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan atau instansi lazimnya cukup sukar meminta izin. Jika mau izin setidaknya memperoleh pengganti yang hendak handling pekerjaanmu sementara.

Tapi hal itu tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Berikut Contoh Izin Sakit Kerja Lewat Whatsapp yang bagus untuk karyawan.

Nah ini dia beberapa tips, contoh, dan cara izin tidak masuk kerja lewat whatsapp.

Pengertian Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi sosial media yang dimiliki oleh setiap manusia. Aplikasi whatsapp ini seakan-akan aplikasi wajib bagi setiap orang. Karenanya sudah tidak heran, dizaman ini orang-orang sudah serba online.

Salah satunya adalah membuat izin tidak masuk kerja lewat whatsapp.

Fungsi dan Tujuan Menulis Surat Izin Tidak Masuk Bagi Pegawai

Tips dan Cara Izin Tidak Masuk Kerja Lewat Whatsapp
pixels.com - anton
Adapun fungsi dan tujuan menulis surat izin tidak masuk kerja, ialah sebagai berikut :

Baca juga: Mengenal aturan cuti dalam perusahaan

1. Terhindar dari Anggapan Membolos

Hampir seluruh perusahaan memiliki peraturan terkait ketidakhadiran setiap karyawannya. Ada hukuman bagi siapapun yang membolos pada jam kerja.

Baik itu pemotongan honor bulanan, tidak mendapat duit makan, atau ditambahkan jam lembur. HRD akan memeriksa check lock masuk dan keluar, ada alat khusus yang mendeteksi sidik jari sehingga tampakhari serta jam keluar masuk.

Oleh karenanya, untuk menghindari anggapan buruk dari HRD atau karyawan lainnya disarankan menulis surat izin. Akan namun izin mesti terang dan logis semoga gampang diterima oleh pihak HRD.

Baca juga: Cara meminta izin sakit Covid online dengan sopan

Mengingat zaman kita saat ini sudah begitu canggih, kamu bisa mengajukan izin melalui whatsaap atau email yang lebih sopan. Asalkan pakai bahasa yang sopan supaya tidak terkesan meremehkan.

2. Bentuk Kesopanan dan Etika

Seorang pegawai wajib menjunjung tinggi budpekerti dan cara bersikap yang bagus. Harus mudah berbaur dengan pegawai lainnya, serta bisa melakukan pekerjaan sama secara tim.

Berhati-hati dalam bertindak dan berucap semoga tidak menghancurkan kinerja di kantor. Karena hal tersebut mampu menghipnotis penilaian karyawan, dan berimbas terhadap jenjang karir.

Begitu pula masalah perizinan pada jam kerja, baik buruknya attitude yang kamu miliki menurut kesedianmu dalam meminta izin.

Dari hal ini sobat satu divisi hingga jajaran HRD akan merasa lebih dihargai. Mereka akan menganggap bahwa kau tahu bagaimana cara menempatkan diri dan turut menjaga nama baikmu.

Baca juga: Cara izin tidak masuk kerja via whatsapp yang benar dan sopan

3. Tanda Taat Terhadap Peraturan

Kebanyakan perusahaan menerapkan disiplin tinggi untuk para karyawannya. Mulai dari jam masuk pukul 8 pagi, jam istirahat pukul 12 siang, atau izin keluar saat jam kerja.

Hal ini pastinya untuk efektivitas pekerjaan, mengenang pegawai akan berkejaran dengan sasaran perusahaan. Jadi apapun bentuk izinnya alangkah lebih baik disampaikan secara terperinci.

Salah satu memberikan surat izin juga merupakan bentuk taat kepada peraturan perusahaan atau instansi kalian saat ini. Selain mempertahankan karir tetap dijalan yang bagus, pengajuan ini dapat menjadi pola bagi karyawan lain.

Sehingga tercipta budaya yang bagus di dalam kantor, tidak asal menuduh bolos satu sama lain. Selain itu kamu tetap merasa tenteram bekerja di perusahaan dalam waktu usang.

Baca juga: Etika membuat surat izin kerja

Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja Lewat Whatsapp

1. Salam Pembuka yang Sopan

Cara izin tidak masuk kerja lewat whatsapp adalah gunakan salam pembuka yang sopan. Ketika kamu meminta izin kepada atasan baiknya gunakan bahasa salam pembuka yang santun. Secara hirearki di kantor beliau ialah pemimpin dalam lingkup kerjamu.

Kemudian bisa saja usianya lebih renta dari umurmu, dan pengalaman kerja yang dimiliki jauh diatasmu. Maka dari itu pakai salam yang tepat, jikalau pagi hari maka ucapkan ‘Selamat Pagi’ atau ucapan salam formal lain.

2. Awali Sapaan dan Perkenalan Diri

Selanjutnya ialah kalimat sapaan singkat dan terang tetapi sopan ketika dibaca. Contohnya ‘Semoga Bapak/Ibu dalam keadaan sehat senantiasa’.

Lalu dilanjutkan perkenalan diri, mulai dari nama dan juga asal divisi pada kerjaanmu. Mengingat jumlah karyawan dalam satu kantor lumayan banyak, jadi tidak semuanya bisa diketahui atasanmu.

Sehingga pemimpin divisi atau departemenmu tahu siapa saja yang absen diantara bawahannya. Sehingga bila ada pekerjaan yang sekiranya urgent bisa dilempar ke karyawan lain.

Dengan tahu namamu kepala divisi akan tahu pada hari izin kau meninggalkan pekerjaan apa saja. Kaprikornus bisa dihandle sementara oleh beliau atau meminta tunjangan teman satu divisimu.

Baca juga: Kiat-kiat membuat contoh surat izin kerja kasual

3. Sampaikan Permohonan Maaf

Contoh Izin Sakit Kerja Lewat Whatsapp yang bagus untuk karyawan merupakan memohon maaf lebih dulu, karena takunya kamu mengganggu pihak yang dituju.

Hal ini juga merupakan bentuk sopan dan santun serta kerendahan hati sebagai karyawannya. Barangkali atasanmu sedang istirahat makan siang, atau sedang melaksanakan banyak hal. Tujuannya menyingkir dari praduga bahwa kamu menganggu waktunya.

4. Hindari Bahasa Kekinian

Kamu sedang mengajukan izin terhadap salah satu pemimpin perusahaan, maka gunakan bahasa yang biasa dan mudah dikenali.

Boleh menggunakan akronim namun yang lumrah saja, mirip ‘yang’ disingkat ‘yg’. Atau bila perlu tanpa bahasa abreviasi jadi seperti bahasa Indonesia wajar . Jangan lupa amati tanda baca, kapan perlu meletakkan koma atau titik.

Hindari menggunakan bahasa anak muda yang condong alay, lantaran kau berkomunikasi dengan atasan di kantor. Tetap formal tetapi kalem tidak yang terlalu kaku, kecuali dalam keseharian pemimpinmu lebih suka bahasa baku.

Lalu bila atasan di tempatmu bekerja berlaku kalem terhadap karyawannya, problem perizinan lewat WA ini tetap kerjakan formal dan santun.

Baca juga: Beberapa ciri surat izin kerja yang baik dalam penulisan

5. Jelaskan Alasan Izin Tidak Masuk Kerja

Dalam pesan whatsapp tersebut sampaikan juga alasanmu kenapa tidak bisa hadir pada hari kerja. Pastikan bahwa izinmu masuk akal dan bukan bohongan semata.

Apabila kamu  izin sakit maka temen-temen bisa lampirkan surat dokter sebagai bukti. Atau jika memang temen-temen telat masuk karena ban bocor, atau hal semacamnya, ada baiknya memotret ban kendaraanmu dan menginfokan dimana posisimu saat itu.

Biasanya perusahaan akan memperlihatkan keringanan izin tanpa bukti bila keluarga terkena petaka, atau keluarga ada yang meninggal.

Ada pula kantor yang memperlihatkan izin khusus perempuan pada haid hari pertama. Namun masing-masing perusahaan memiliki kebijakan yang berlawanan. Bahkan ada yang memiliki standarisasi peraturan izin, misal format form surat izin dari perusahaan.

Baca juga: Tips cara membuat surat izin cuti kerja

6. Sebutkan Tanggal Mulai dan Berakhirnya Izin

Jika kau mengajukan izin lebih dari satu hari, berarti wajib mencantumkan tanggal mulai dan terakhir izin. Sehingga terang berapa usang kau akan meninggalkan pekerjaan, biar tidak menambah beban hari izinmu.

Disamping itu, perusahaan dapat memperkirakan sekiranya pekerjaan mana yang dapat dioper ke karyawan lain.

7. Jabarkan Tanggungan Pekerjaanmu dan Solusinya

Kamu perlu menjelaskan sekiranya tugas yang sudah kau tuntaskan. Kemudian sampaikan apa saja beban tugas yang belum sempat dilaksanakan.

Selanjutkan katakan solusi terbaik darimu, mirip tetap bisa menerima pesan WA dari kantor jikalau ada pertanyaan terkait pekerjaanmu.

8. Akhiri Ucapan Terima Kasih dan Salam

Setelah penjabaran singkat. Maka jangan lupa untuk sampaikan ucapan terima kasih dan salam penutup. Ucapan terima kasih lantaran kamu sudah diberi kesempatan untuk menyampaikan izin.

Lalu salam epilog sebagai selesai surat izin karena kamu mengawalinya dengan salam pembuka.

9. Perhatikan Waktu Mengirim Izin

Cara izin tidak masuk kerja lewat whatsapp yang terakhir adalah perhatikan waktu mengirim izin. Meskipun sepele namun persoalan waktu permohonan izin lewat WA perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan budpekerti berkomunikasi dengan atasan lewat sosial media.

Jangan kerjakan ketika tengah malam lantaran menganggu waktu istirahat. Tidak pula izin pada waktu ibadah, jadi ambil pada jam kerja atau mendekati pulang kantor.

Masalah perizinan tidak masuk kerja pada jam efektif memang terlihat gampang tetapi perlu waspada. Karena berkaitan dengan peraturan perusahaan dan adab di depan atasan.

Apalagi jikalau izin memakai whatsapp, pastinya perlu diamati benar tata bahasanya. Begitu pula penyeleksian waktu izin biar tidak terkesan mengusik.

Contoh Izin Tidak Masuk Kerja lewat Whatsapp

1. Contoh Surat Izin sakit ke group kantor

Selamat pagi,

Kepada team HRD, saya informasikan bahwa hari ini :

Tgl : 26 Juni 2021
Nama : Tio
Jabatan : Staff Administrasi
Alasan : Sakit

Demikian info yang dapat saya sampaikan,
Terimakasih

2. Contoh Surat Izin sakit ke Atasan

“Selamat pagi bapak/Ibu XXXX. Mohon maaf bapak saya ingin mengumumkan bantu-membantu saya tidak dapat hadir bekerja untuk hari ini dikarenakan sakit XXX. Untuk surat sakitnya akan saya susulkan jikalau saya sudah masuk kerja lagi. Terima kasih.”

Penutup

Itu dia fungsi membuat surat izin tidak masuk kerja, cara izin tidak masuk kerja lewat whatsapp, dan juga contoh surat izin. 

Semoga dengan artikel ini bisa membantu temen-temen semua dan mempermudah temen-temen semua. Terima kasih sudah berkunjung di website Barangku.