Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Ciri Surat Izin Kerja yang Baik Dalam Penulisan

Surat izin bukanlah bentuk yang hanya berlaku di sekolah saja. Sama halnya dengan sekolah, perusahaan juga masih menggunakan sistem surat untuk mengajukan izin. Anda tidak bisa menyepelekan izin dalam perusahaan dengan menggunakan bentuk lisan. Hal ini tidak berlaku dalam perusahaan sehingga Anda harus tahu ciri surat izin kerja yang baik.

Dalam bekerja, pasti ada hari dimana Anda harus menyerahkan surat izin. Penulisan surat ini dapat dikarenakan berbagai macam hal mulai dari sakit hingga keperluan lainnya.

Jika Anda memang tidak dapat ke kantor sama sekali, Anda perlu mengirimkan surat ke pihak atasan. Yuk, baca artikel ini untuk mengetahui izin yang benar

Baca juga: Cara izin tidak masuk kerja via whatsapp yang benar dan sopan

Berikut 6 Ciri Surat Izin Kerja yang Baik

Menulis surat izin adalah hal yang penting ketika terjadi masalah mendesak. Anda perlu ketahui ciri surat izin kerja yang baik.
Ciri surat izin kerja yang baik.
Photo: Unplash.com
Berbeda halnya dengan surat biasa yang Anda kirimkan untuk teman, surat ini mempunyai ciri tertentu untuk penulisan yang baik. Anda harus menggunakan ciri tersebut sebagai pedoman dalam melakukan penulisan. Berikut ciri dari penulisan yang sesuai.

1. Gaya Bahasa Sesuai

Ciri penulisan pertama yang harus Anda ketahui adalah gaya bahasa yang sesuai. Dalam membuat surat izin, penting halnya untuk menggunakan bahasa yang efektif. Penulisan surat ini ditujukan untuk perusahaan yang sifatnya resmi.

Jadi, Anda harus menggunakan bahasa yang efektif dan sesuai dengan standar penulisan juga.

2. Bahasa Formal

Selain menggunakan bahasa yang efektif, Anda harus menulis dalam bentuk formal. Ingat bahwa surat akan diserahkan kepada atasan. Anda harus menghargai atasan atau pimpinan dengan menggunakan bahasa yang formal.

Selain itu, surat resmi juga tidak pernah berbentuk santai. Jadi, Anda tidak boleh menggunakan bahasa non formal.

3. Tulis Tangan

Hal penting lainnya yang merupakan ciri surat izin kerja yang baik ada pada tulisan tangan. Banyak orang berpikir untuk menggunakan surat izin hasil print karena lebih rapi. Sayangnya, dalam penulisan surat izin, Anda diharuskan untuk menulis. Cara ini dianggap jauh lebih menunjukkan niat untuk izin.

Jadi, tidak akan ada masalah walaupun tulisan tangan Anda kurang rapi.

4. Kalimat Jelas

Ciri lainnya yang harus diperhatikan adalah kalimat yang jelas. Anda harus membuat surat berhubungan satu dengan lainnya. Jangan memasukkan kalimat yang menjadikan surat Anda tidak jelas.

Pastikan kalau semua kalimat dimasukkan dengan rapi dan bersambungan. Jadi, pihak yang menangani izin Anda juga akan mengerti isi suratnya.

Baca juga: Cara membuat surat izin sakit tidak masuk kerja

5. Memenuhi Segala Ketentuan

Maksud dari memenuhi segala ketentuan adalah memasukkan semua struktur yang dibutuhkan dengan baik. Anda harus memasukkan data yang jelas dalam penulisan izin.

Biasanya, untuk membuat surat ini, ketentuan yang harus masuk tidak banyak. Anda hanya perlu tanggal izin kemudian data diri hingga lama waktu izin. Jangan lupa dengan alasan izin dan terima kasih.

6. Tanda Baca

Penulisan juga harus memperhatikan tanda baca walaupun merupakan hal yang sepele. Anda harus memasukkan tanda baca pada kalimat yang tepat. Masukkan titik ketika kalimat sudah selesai, jangan langsung menulis hingga akhir tanpa tanda baca.

Beberapa ciri surat izin kerja yang baik ini harus diperhatikan dengan baik dalam penulisan. Jauh lebih baik lagi jika tidak ada coretan dalam penulisan. Anda dapat menulis surat izin dengan memperhatikan ciri sebelumnya. Semoga dapat membantu!