Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Cara Membuat Surat Izin Cuti Kerja!

Sebelum mencoba untuk mengambil masa cuti kerja Anda harus tahu bagaimana cara membuat surat izin cuti kerja yang tepat. Sehingga, masa cuti bisa Anda raih tanpa penolakan dari atasan.

Dalam membuat surat izin cuti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Daripada Anda semakin penasaran, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Inilah Tips Cara Membuat Surat Izin Cuti Kerja

6 Tips Cara Membuat Surat Izin Cuti Kerja!
Tips cara membuat surat izin cuti kerja
Photo: Unsplash.com/Green Chameleon
Ketika Anda memutuskan untuk mengambil cuti, maka Anda harus tahu bagaimana tips cara membuat surat izin cuti yang tepat. Oleh karena itu, simak ulasan ini hingga selesai, ya!

Baca juga: Cara meminta izin sakit Covid via online dengan sopan

1. Beritahu Atasan Terlebih Dahulu

Hal yang harus Anda perhatikan di poin pertama dalam membuat surat izin cuti kerja, maka Anda harus memberitahu atasan terlebih dahulu.

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil waktu cuti dengan durasi yang cukup lama semisalnya seminggu atau lebih, maka Anda harus memberitahu atasan terlebih dahulu atau membuat surat izin dari jauh hari.

Hal ini dilakukan agar atasan dapat menyesuaikan rencana kerja dan membicarakan masa cuti yang Anda ambil.

2. Tentukan Tanggal Cuti

Anda bisa mencoba untuk menentukan tanggal cuti yang akan Anda ambil. Dalam mengambil keputusan dalam menentukan tanggal cuti, memang tidak boleh dilakukan secara ragu-ragu.

Hal ini sangat penting bagi atas untuk mengelola rencana pekerjaan saat masa Anda cuti. Maka dari itu buatlah rencana tanggal cuti yang akan diambil dengan spesifik mungkin.

Baca juga: Mengenal aturan cuti dalam perusahaan

3. Mengenali Jenis Cuti yang Berhak Diambil

Secara legal, Anda sebagai pekerja berhak untuk mendapatkan masa cuti. Meski begitu, Anda pun harus memahami dan mengenali jenis cuti yang akan Anda ambil. Sebab, hal ini sangatlah penting untuk Anda lakukan dalam mengambil cuti.

4. Beri Penyelesaian Terkait Pekerjaan Anda

Dalam membuat surat cuti Anda harus menuliskan terkait pemahaman tanggung jawab pekerjaan Anda. selain itu, sebelum masa cuti Anda berniat untuk memberi penyelesaian terkait pekerjaan Anda di masa cuti.

Salah satunya Anda bisa menuliskan catatan terperinci untuk memudahkan bawahan Anda dalam menyelesaikan proyek pekerjaan selama masa cuti.

5. Menyertakan Saran terkait Membagi Pekerjaan Selama Masa Cuti

Meskipun akhirnya nanti ditentukan oleh keputusan atasan Anda, anda bisa mencoba untuk memberikan saran terkait siapa orang yang tepat dalam membantu beberapa tugas pekerjaan Anda di masa cuti.

Sebaiknya Anda membagi pekerjaan Anda ke dua orang atau lebih, sebab jika memberikan semuanya pada satu orang, ini akan memberikan beban pekerjaan.

Pilihlah orang yang benar-benar Anda percayai ketika Anda memberikan saran kepada atasan.

6. Menulis dengan Sopan

Trik dan tips yang bisa Anda lakukan dalam menulis surat izin cuti pekerjaan, Anda harus menulis surat pengajuan tersebut dengan sesopan mungkin.

Anda boleh memohon namun juga tidak boleh memaksa agar pengajuan cuti diberikan, meskipun Anda memang berhak untuk mendapatkannya.

Oleh sebab itu, dalam menulis surat pengajuan izin cuti Anda harus mengajukannya dengan secara sopan, lebih jelasnya Anda bisa memahami etika membuat surat izin kerja. Hal ini dilakukan agar mengurangi konflik atau permasalahan dengan manajemen perusahaan.

Nah itulah 6 tips cara membuat surat izin cuti kerja yang bisa Anda lakukan. Dengan cara pengajuan yang benar dan tepat, kesempatan untuk mendapatkan masa cuti bisa lebih besar. Akan tetapi harus diingat kembali dalam mengajukan surat cuti, Anda tidak boleh memaksa serahkan saja pada atasan.