Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Meminta Izin Sakit Covid via Online dengan Sopan

Pandemi Covid-19 menyerang banyak pihak tanpa pernah diduga kapan dan dimana akan tertular, terkadang masalah ini membuat bingung. Salah satu kebingungannya adalah cara meminta izin sakit Covid yang sopan dan tidak dituduh menipu.

Penderita Covid tidak langsung sakit atau memiliki gejala sebelumnya. Inilah mengapa perizinan sewaktu-waktu bisa membuat kendala besar bagi perusahaan maupun tempat bekerja lainnya, bahkan pada anak sekolah. Sangat penting menyiasati izin Covid supaya tidak disalahgunakan bagi yang pura-pura atau lainya.

Baca juga: Cara Izin Tidak Masuk Kerja via WhatsApp yang Benar dan Sopan

Cara Meminta Izin Sakit Covid Secara Online

Cara meminta izin sakit covid via online dengan sopan
Cara meminta izin sakit covid yang baik.
Photo: Instagram.com/WHO
Tidak memungkinkan setelah Anda positif Covid datang ke kantor meminta izin. Salah satu izinnya adalah lewat online baik chat di WhatsApp atau lainnya.

Bagi yang memiliki banyak tugas tentu tidak mudah meminta izin. Apalagi jika sebelumnya sudah ada yang izin sakit Covid padahal baik-baik saja kondisinya. Jadi, berikut cara terbaik untuk izin:

1. Lewat WhatsApp

Untuk mengirim pesan lewat WhatsApp bisa dengan cara mengucap salam terlebih dahulu lalu menceritakan kondisi Anda sebenarnya yang terpapar Covid. Jika gejala yang Anda alami tidak parah maka bisa menyatakan dalam pesan untuk tetap bisa bekerja dari rumah.

Namun, jika kondisi Anda benar-benar tidak memungkinkan untuk bekerja walaupun dari rumah maka katakan sejujurnya. Minta bantuan pada rekan Anda untuk menggantikan pekerjaan Anda yang sedang tidak bisa dikerjakan.

Selain itu sertakan bukti rapid yang menyatakan positif Covid sebagai bukti penguat. Usahakan juga menunjukkan surat dari dokter yang menuliskan keterangan tanggal di dalam suratnya.

2. Lewat Email

Cara meminta izin sakit Covid selanjutnya bisa lewat Email yang dikirim ke tempat Anda bekerja. Mengirim izin lewat Email dinilai jauh lebih real time dibandingkan mengirim lewat jalur darat semisal mengirim surat.

Pada Email Anda bisa menuliskan surat dengan subjek sesuai ketentuan instansi. Jika tidak ada bisa ditulis dengan subjek yang jelas. Lalu pada isi Email ditulis kalimat permohonan izin atau bisa juga dengan melampirkan surat izin dalam bentuk dokumen beserta bukti positif Covid.

Baca juga: Mengenal aturan cuti dalam perusahaan

3. Lewat Telepon

Jika sudah terlanjur panik dan tidak tahu harus izin lewat apa maka solusinya bisa langsung telepon instansi terkait. Bicarakan kondisi Anda yang sejujurnya dan tidak memungkinkan mengirim surat izin resmi.

Dengan membicarakannya lewat telepon semuanya lebih jelas. Meskipun izin via telepon membutuhkan tata bahasa yang bagus dan sopan sehingga jangan telepon ketika sedang panik mengetahui Anda positif Covid.

4. Izin Lewat Teman

Opsi lain bisa dengan menitipkan izin dengan teman. Namun, jika memilih izin dengan cara ini Anda harus menyiapkan dokumen perizinannya dulu dan sterilkan sebelum memberi atau mengirimkan ke teman lewat media online.

Cara ini bisa dibilang sopan namun bisa juga dibilang tidak sopan. Bergantung pada bagaimana Anda menitipkan izin tersebut. Jangan asal pilih teman untuk menitipkan izin karena ditakutkan teman Anda tidak bisa memilih bahasa yang tepat.

Itulah dia cara meminta izin sakit Covid yang paling tepat. Anda bisa memilih dari salah satu cara di atas yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk izin. Namun, jangan sampai dipersalahkan etika izin di atas dengan Anda pura-pura terkena Covid.