Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ide Usaha Percetakan Rumahan Bisa Mendatangkan Keuntungan

Barangku.id - Usaha di bidang percetakan memang belum habis, masih banyak inovasi-inovasi baru setiap waktunya. Bahkan kini usaha percetakan tidak perlu dilakukan dengan tempat khusus, cukup dilakukan di rumah. Hal ini karena usaha percetakan rumahan bisa dimulai dari skala kecil.

Sebagai permulaan, pengusaha tidak perlu menyediakan semua layanan percetakan sekaligus. Mulai saja perlahan dari beberapa jenis pesanan seperti stiker atau undangan, baru ke hal yang lebih besar seperti baliho. Berikut adalah beberapa ide usaha percetakan rumahan yang bisa dicoba:

1. Percetakan Undangan

usaha digital printing rumahan
Bisnis percetakan rumahan

Awali dengan yang paling sederhana terlebih dahulu yaitu pembuatan atau percetakan undangan. Usaha percetakan undangan nampaknya masih belum akan habis dalam beberapa tahun kedepan meski sekarang sudah mulai banyak yang mengirimkan undangan secara digital saja.

Baca juga: Ide usaha kecantikan peluang tinggi

Jasa percetakan undangan ini termasuk jasa yang cukup mainstream di bidang percetakan dan sudah banyak yang membukanya. Namun tetap saja usaha ini bisa menjanjikan jika bisa menghadirkan sesuatu yang baru untuk pelanggan dan berbeda dengan yang lain.

Ditambah lagi permintaan akan undangan selalu hadir selama masyarakat masih banyak mengadakan acara. Mulai dari khitanan, pertunangan, pernikahan, atau acara penting lain seringkali menggunakan undangan.

2. Cutting Sticker

Peminat sticker pasti belum berkurang dan punya pasar tersendiri. Tidak sedikit juga beberapa perusahaan besar masih membutuhkan jasa cutting sticker sebagai tambahan pada produk mereka. Misalnya pada apple yang menyertakan stiker berlogo apple pada setiap penjualan produk mereka.

Baca juga: 7 Ide usaha rumahan kreatif dan inovatif

Untuk memulai usaha cutting sticker modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Persiapan yang diperlukan yakni mulai dari mesin, komputer, software, scanner hingga alat untuk laminating. Soal desain bisa dipertimbangkan untuk punya tim desain atau mengandalkan skill diri sendiri.

3. Printing Kaos

Untuk pasar yang lebih luas lagi bisa dicoba bisnis untuk printing kaos. Pada dasarnya printing kaos ini tidak memerlukan biaya yang besar, namun pemikiran sebagian orang masih saja tertuju pada modal. Padahal pebisnis bisa menentukan sendiri model bisnis yang akan ia jalankan mengenai printing kaos tersebut.

Contohnya pemilik bisa menentukan sendiri apakah ia akan menerima dalam borongan atau hanya satuan saja. Karena jika dalam skala yang besar tentu modal yang diperlukannya juga sangat besar. Berbeda dengan permintaan satuan yang modalnya tidak tidak terlalu besar.

Baca juga: Kelebihan usaha laundry rumahan terbaik

Perlengkapannya sendiri sederhana, hanya bermodal alat sablon, bahan berkualitas, dan kreatifitas desain. Sablon kaos kini sudah berkembang teknologinya, dari cara manual hingga menggunakan mesin digital.

4. Custom Case

Semakin ramainya jenis handphone di tanah air, semakin banyak pula desain case yang tersedia. Ada banyak jenis handphone yang harus disediakan bahkan selalu rilis setiap bulannya handphone asal pabrikan tiongkok. Ini menjadi kesempatan tersendiri bagi para pengusaha case HP.

Dengan bermodalkan case polos dari berbagai tipe dan merek handphone, pengusaha bisa berkreasi pada bahan tersebut. Contohnya menggunakan mesin heat press untuk mencetak gambar pada case polos tadi. Selain itu jangan lupakan printer yang sudah inject agar kualitas cetakan terjaga.

Baca juga: Bisnis online rumahan untuk pemula

5. Percetakan Media Promosi

Terakhir ada opsi untuk membuka usaha percetakan rumahan untuk media promosi. Jenis usaha ini masih ada peminatnya dan persaingan nya juga tidak seketat beberapa ide bisnis diatas. Sehingga peluang masih terbuka lebar, meski begitu modal yang perlu dikeluarkan juga tidaklah murah,

Itu dia beberapa ide usaha percetakan rumahan yang bisa dimulai untuk mendatangkan cuan. Jika ditekuni dengan giat, bukan tidak mungkin akan berubah menjadi sebuah percetakan besar. Usaha yang berkembang merupakan buah dari hasil kerja keras dan kepercayaan.