Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Saja Sih Rahasia Jualan Laris di Facebook? Simak Ulasannya Di Sini

Barangku.id - Facebook kini mengalami perkembangan yang sangat bagus khususnya yang ditujukan untuk para pebisnis. Banyak orang yang melapakkan produknya di Facebook dan jualannya laris manis. Lalu, apa saja sih rahasia jualan laris di Facebook? Penasaran? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.
Rahasia Jualan Laris di Facebook
Tips sukses jualan di facebook

1. Manfaatkan Fitur Marketplace

Facebook memiliki fitur marketplace yang dapat memudahkan setiap orang untuk berjualan. Anda dapat menggunakan fitur ini pada bagian kiri di halaman saat Anda log in ke Facebook. Tampilannya sederhana dan user friendly sehingga tidak membuat Anda terlalu bingung untuk menggunakannya.

Baca juga: Cara menjadi supplier buah dengan murah

Anda bisa menyampaikan sejumlah informasi mengenai perusahaan atau produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan menambahkan foto, deskripsi, dan juga harga produk. Untuk penggunaan fitur marketplace, diharapkan untuk menggunakan metode pembayaran COD.

2. Gunakan Grup Jual Beli

Rahasia jualan laris di Facebook salah satunya melalui grup jual beli. Di Facebook, Anda akan menemukan banyak grup jual beli yang dapat digunakan untuk saling menawarkan produk. Silakan join dan mulai memposting produk-produk jualan Anda.

Memposting produk di grup jual beli dapat meningkatkan potensi produk Anda terjual laris, sebab sistemnya yang tersegmentasi dan mudah ditemukan banyak orang. Apalagi jika Anda join pada grup yang menjual produk sejenis, sebab banyak orang yang memiliki ketertarikan sama terhadap produk Anda.

Baca juga: Cara membuat izin usaha mikro kecil online mudah dan cepat

3. Pakai Foto yang Menarik

Jika ingin produk Anda cepat laris, maka Anda harus menggunakan foto produk yang menarik. Foto produk menggambarkan kondisi produk yang akan dijual, ambillah gambar produk pada angle yang sesuai dengan pencahayaan yang tepat. Namun, jangan melakukan editing terlalu berlebihan yang berdampak adanya perubahan penampilan produk yang signifikan.

Sebab, hal tersebut bisa membuat customer menjadi kecewa apabila barang yang dikirim nyatanya berbeda dengan yang ada di foto. Jadi, pastikan foto produk Anda original namun tetap menarik dan berkualitas.

4. Pelajari Copywriting

Copywriting adalah hal yang penting untuk dipelajari sebagai rahasia jualan laris di Facebook. Melalui teknik copywriting yang tepat, maka customer bisa ‘terhipnotis’ untuk segera membeli produk Anda. Ya, hanya dengan melalui kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian pembeli.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku setiap hari dan menjanjikan

Copywriting dapat dipelajari dari mana saja, Anda bisa menggunakan referensi dari kompetitor Anda yang sudah lebih sukses. Ataau, jika ada biaya lebih, Anda bisa mengikuti kelas copywriting bersertifikat untuk meningkatkan skill copywriting Anda.

5. Memanajemen Pertemanan

Rahasia jualan laris di Facebook terakhir yaitu memanajemen pertemanan. Anda harus bisa memilih akun-akun yang akan dimasukkan ke dalam friend list. Walaupun jumlah teman di Facebook banyak, namun jika tidak sesuai dengan target pasar Anda maka penjualan kurang maksimal.

Cobalah untuk rajin mengecek daftar pertemanan Anda. Anda bisa mengurangi atau akun-akun yang tidak aktif atau tidak sesuai dengan target pasar bisnis. Sebaliknya, Anda juga bisa mengikuti akun-akun yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

6. Riset Kompetitor

Kompetitor adalah pihak lain yang sama-sama memiliki usaha atau bisnis dengan jenis produk atau jasa sejenis dengan Anda. Menganalisa kompetitor memang terasa sulit namun perlu diketahui bahwaa manfaat untuk usaha atau bisnis Anda sangatlah banyak.


Agar tidak terkesan tidak monoton, Anda perlu memperhatikan kompetitor yang sama dengan jualan Anda. Dengan mengamati kompetitor, Anda bisa mengumpulkan data dan informasi terkait produk yang sedang Anda jual. Menganalisa atau meriset kompetitor biasanya akan membantu Anda untuk mendapatkan gambaran dari kompetitor dan apa yang perlu Anda lakukan untuk selanjutnya. 

7. Membuat Fanspage

Halaman Facebook adalah produk dari Facebook itu sendiri. Fanspage atau halaman lebih dikhususkan untuk informasi dan kemudahan dari tujuan pembuatan halaman itu sendiri. Seperti contohnya toko online, brand, perusahaan, lembaga, pemerintah, komunitas, organisasi dan lain-lainya. 

Pengguna bisa memaksimalkan dari fitur yang diberikan oleh fanspage karena sangat membantu sekali dalam hal pengembangan usaha dan binsis.

Dengan menggunakan fanspage pelanggan Anda pun merasa lebih mudah untuk mengikuti atau melihat-lihat dari produk jualan dan jasa yang Anda tawarkan.

8. Gambar dan informasi produk lebih detail  

Hal yang sangat menarik dari sosial media satu ini adalah adanya fitur gambar yang menarik dan ruang informasi yang disediakan sangat baik guna mendetailkan produk yang dijual. 


Dengan adanya gambar dan informasi yang detail dan akurat tentu akan meminimalisir kesalahfahaman atau keluhan pelanggan setelah pembelian.

Fitur gambar dan ruang informasi yang diberikan ini waajib dimanfaatkan oleh pebisnis agar jualan semakin laris masin di Facebook.

Dari penjelasan di atas, berjualan di Facebook menjadi tidak menyulitkan lagi, sebab Facebook sendiri pun sudah menyediakan fasilitasnya. Fasilitas Facebook untuk berjualan bagi penggunanya antara lain marketplace, grup, Facbooks Ads, dan lain sebagainya.

Ketahui rahasia jualan laris di Facebook agar produk-produk bisnis Anda bisa cepat laku dan sampai ke target pasar Anda. Dengan begitu, maka dapat sekaligus meningkatkan brand awareness terhadap produk Anda.

Keuntungan Berjualan di Facebook

Terdapat keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sosial media Facebook ini, diantaranya adalah;
  • Mudah dan simple dalam membuat akun di Facebook.
  • fitur yang disajikan oleh Facebook terbilang sangat mudah. Bahkan untuk pemulan sekali pun.
  • Kualitas foto yang diunggah di Facebook pun termasuk cukup baik. Hal ini karena Facebook tidak terlalu mengkompres lebih dalam terhadap foto yang diunggah.
  • Beda dengan sosial media lainnya. Facebook memberikan ruang yang cukup bagi penggunanya, sehingga pebisnis bisa lebih leluasa dalam mendetailkan produk jualannya.
  • Di Facebook kita lebih puas dalam mengunggah video karena tidak ada batasan dari durasi yang diupload.
  • Tampilan yang sangat ramah dan friendly
  • Pengguna Facebook masih sangat tinggi dan terus mengalami peningkatan. Meski pun, telah banyak bermunculan sosial media yang sejenis.
  • Sangat cocok untuk pebisnis. Hal ini dibuktikan dengan dihadirkannya fitur-fitur oleh Facebook khusus untuk pebisnis.
  • Di Facebook ada banyak sekali grup maupun forum yang berkaitan dengan bisnis. Ini sangat baik untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Kerugian Berjualan di Facebook

Tidak ada gading yang tak retak. Begitu pun dengan Facebook. Selain terdapat banyak keuntungan berjualan di Facebook, perlu diketahui juga apa saja kerugian berjualan di Facebook. Guna menyeimbangkan antara keuntungan dan resiko dalam berbisnis. Yuk kita coba kertahui apa saja sih dari kerugian berjualan di Facebook bagi pebisnis seperti Anda;
  • Produk Anda akan terbatas hanya bagi pengguna Facebook saja. 
  • Postingan akan cepat tergerus oleh pentingan terbaru. Hal ini dikarenakan terlalu ramai pengguna yang mengupdate postingan dalam tiap menitnya.
  • Pembuatan akun Bisnis Manager yang terkesan cukup rumit dan merepotkan
  • Rawan terjadinya kasus penipuan.
  • Saat ini Facebook lebih banyak ditinggalkan oleh kaum milenial. 

Kesimpulan

Tips penting gimana cara jualan di FB biar laris adalah:
  • Buatlah deskripsi produk yang semenarik mungkin dan jelas.
  • Berikan foto-foto terkait detail produk yang menarik perhatian.
  • Katagorikan produk yang sesuai. Sehingga pembeli tidak kesusahan dalam menemukan produk Anda. 
  • Sertakan kontak yang bisa dihubungi kemudian berikan layanan terbaik Anda.
  • Rajinlah posting dari produk yang Anda miliki. Jangan lupa hadirkan pula edukasi-edukasi terkait produk Anda. Sehingga postingan Anda tidak terkesan monoton.
  • Respon yang cepat sangat penting.
  • Ramah dan santun dalam melayani pelanggan.
  • Gunakan fitur keren dari Facebook Ads agar jualan Anda melejit dan laris manis.
Itulah tadi beberapa rahasia jualan laris manis di Facebook. Yang paling penting adalah kontinuitas dalam menjalankan bisnis. Jatuh bangun dalam berbisnis itu biasa. Bangkit dan terus maju itu luar biasa.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel kami selanjutnya.