Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jualan di Amazon Bagi Pebisnis Pemula

 Cara Jualan di Amazon - Amazon adalah salah satu situs jual beli online yang banyak digunakan para pebisnis. Beragam produk bisa dijual di Amazon dengan mudah, namun Anda harus mengetahui cara jualan di Amazon terlebih dahulu.


Di bawah ini terdapat 8 langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai berjualan di platform Amazon. Caranya cukup mudah dan Anda pun bisa melakukannya sendiri dimana saja dan kapan saja. Berikut merupakan pemaparannya.


Cara Jualan di Amazon
Cara jualan di Amazon Indonesia

1. Membuat Akun

Pertama, Anda tentu harus membuat akun Amazon terlebih dahulu. Silakan pilih tulisan Your Account pada halaman awal situs Amazon. Di menu tersebut, terdapat nama Anda pada bagian kanan atas di halaman awal Amazon.

2. Pilihlah Your Seller Account

Cara jualan di Amazon selanjutnya pilih tulisan Your Seller Account yang ada di sebelah kanan atas di dekat menu utama halaman awal Amazon. Ini adalah menu yang biasa Anda temukan di berbagai platform online.

Baca juga: Tips mencari supplier daster tangan pertama

3. Pilih Start Selling

Jika sudah selesai, Anda akan dibawa menuju halaman baru yang mana Anda dapat memilih jenis barang yang akan dijual. Terdapat 2 jenis pilihan yaitu individual sellers dan professional sellers.

Individual sellers biasanya bebas dari adanya biaya penjualan, tetapi pihak Amazon tetap mendapat komisi di setiap barang yang dijual. Sementara itu professional sellers digunakan oleh pebisnis yang memiliki toko sendiri dan sudah memiliki banyak tim yang besar.

4. Tuliskan Informasi Tentang Diri

Cara jualan di Amazon berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi tentang diri Anda. Isilah informasi seperti alamat pembayaran, nama, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Isilah semua data-data tersebut dengan benar dan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu, isilah semua data dengan sesuai identitas diri Anda yang sebenar-benarnya.

5. Verifikasi Nomor Telepon

Berikutnya lakukan verifikasi nomor telepon yang sudah didaftarkan. Lalu, pilih Call Now dan isilah 4 digit kode yang didapatkan jika Anda sudah menerima panggilan otomatis dari pihak Amazon.

Jika sudah selesai, pilih Register and Continue, kemudian Anda sudah mulai bisa berjualan di Amazon.

6. Membuat Daftar

Selanjutnya, Anda bisa membuat daftar produk yang akan dijual terlebih dahulu sebelum mulai memposting gambar produk dan deskripsinya. Tetapi, jika Anda sudah memiliki daftar produk yang akan dijual, bisa langsung melakukan posting gambar.

7. Cari Produk di Amazon

Cara jualan di Amazon berikutnya yaitu mencari produk. Silakan Anda cari kategori produk pada situs Amazon yang sesuai dengan kategori produk yang akan Anda jual. Gunakanlah kata kunci yang sesuai misalnya nama produk, judul, atau edisi dari barang.

Baca juga: Daftar rekomendasi supplier kosmetik korea ready stock di Indonesia

8. Tentukan Kondisi Produk yang Dijual

Anda bisa menentukan kondisi produk yang Anda jual sendiri. Caranya Anda bisa memilih pada kolom yang sudah tersedia di halaman Amazon. Terdapat beberapa pilihan kondisi barang yang bisa Anda pilih seperti New, Used Like New, Used Very Good, Used Good, atau Used Acceptible. Pilihlah kondisi produk yang paling sesuai dengan barang yang Anda jual.

Berjualan di Amazon cukup mudah, langkah-langkahnya hampir mirip dengan kebanyakan e-commerce lainnya. Walaupun ada sedikit perbedaan, namun pada dasarnya sama dan memberikan Anda kemudahan untuk berbisnis online.

Sebelum melangkah lebih jauh dalam berjualan di Amazon pastikan menyimak 7 Cara berjualan di online shop luar negeri menggunakan marketplace agar Anda semakin lihai dalam berjualan di Amazon dan lancar dalam mendapatkan pundi-pundi dollar. 

Itu dia cara jualan di Amazon bagi Anda pebisnis pemula. Anda bisa menggunakan situs Amazon untuk menjual barang apa saja yang Anda inginkan untuk dapat meningkatkan penjualan via online.