Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Menjalankan Bisnis Baju Modal 1 Juta

Bisnis baju modal 1 juta - Jumlah lapangan kerja yang tidak banyak serta kualifikasinya yang tinggi bisa membuat seseorang mengundurkan niat untuk bekerja. Alih-alih mendapat kerja, yang ada hanya menguras waktu dan tenaga. Maka dari itu, beberapa orang lebih memilih untuk menjalankan usaha atau bisnis ketimbang join ke suatu perusahaan. Salah satu bisnis yang banyak dilakukan pada saat ini adalah bisnis busana.

Pakaian kini tak hanya sekedar suatu kebutuhan primer, tapi juga merupakan barang yang mendukung gaya hidup. Dengan semakin beragamnya model pakaian yang beredar, bisnis pakaian menjadi semakin besar dan banyak dilakukan. Meski begitu, besar modal yang diperlukan untuk mendirikan suatu bisnis busana menjadi halangan tersendiri bagi beberapa orang. 

Lalu apakah ada kiat-kiat melakukan bisnis baju modal 1 juta? Simak artikel ini, ya.

Bisnis Baju Modal 1 Juta Rupiah

Bisnis baju modal 1 juta
Bisnis baju modal 1 juta

1. Memastikan Jenis Pakaian

Memastikan jenis pakaian yang akan dijual tentunya mempengaruhi jumlah modal yang dibutuhkan. Memilih model pakaian yang sedang trending bisa menjadi langkah awal untuk memulai bisnis pakaian. Tapi tak hanya sebatas model, anda juga harus bisa memilih pakaian dengan bahan yang berkualitas.

Baca juga Cara Jualan Diamond Mobile Legend

2 Cari Supplier Tepat

Setelah memastikan jenis pakaian yang ingin dijual, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok busana tersebut. Supplier bisa anda langsung anda temui ke pusat konveksi, atau lewat pencarian via internet. 

Pilih supplier yang bisa diajak bekerja sama dan terpercaya, sebab jika supplier susah untuk dihubungi, nantinya akan menyulitkan anda dalam berusaha. Pastikan juga supplier yang anda pilih mempunyai katalog yang lengkap dan bisa memberi harga yang bersahabat.

Baca juga Tips Menjalankan Bisnis Hidroponik Dengan Mudah

3. Menerapkan Metode Reseller dan Dropshipper

Mengingat minimnya modal yang dimiliki, ada baiknya anda juga menggunakan metode reseller dan dropshipper. Dengan menggunakan sistem ini, anda tak perlu melakukan produksi pakaian tersendiri dan tinggal menjual barang milik pihak lain dengan tetap memperhatikan stok yang tersedia. 

Dengan metode ini pula, anda bisa memberlakukan sistem pre-order untuk baju yang anda jual, sehingga bisa memangkas modal produksi dan operasional. Jika usaha dirasa sudah cukup besar dan anda sudah bisa melakukan produksi mandiri, anda pun bisa membuka dan menawarkan kedua sistem itu ke orang lain.

Baca juga Ide Bisnis Budidaya Unik Yang Memiliki Potensi Menguntungkan

4. Pemasaran Yang Baik

Pemasaran sebaiknya dilakukan dengan menyesuaikan antara barang yang dijual dengan kebutuhan pasar agar usaha anda dianggap relevan. Anda bisa melakukan pemasaran secara offline, online, maupun keduanya sekaligus. Deskripsi yang lengkap dan sesuai dengan produk yang anda jual akan meningkatkan ketertarikan konsumen, jadi pastikan anda memberi informasi usaha anda sedetail dan sebenar mungkin.

5. Mencoba Usaha Thrift Clothes

Apa itu thrift clothes? Secara dasar, thrifting berarti mengumpulkan barang milik orang lain yang sudah tidak terpakai alias barang bekas atau preloved, sehingga thrift clothes berarti adalah baju bekas. Baju-baju thrift walaupun memiliki kondisi bekas tapi masih memiliki kualitas yang baik, sehingga cukup banyak orang yang menggemarinya dan menjadi tren tersendiri dikalangan khalayak muda. 

Thrift clothes rasanya cocok untuk anda yang bermodal minim karena harga belinya yang lebih murah ketimbang barang yang masih dalam kondisi baru namun bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi. Selain itu, menjual pakaian thrift juga membantu mengurangi sampah pakaian dan menjaga lingkungan lebih bersih.

Sekian beberapa cara memulai usaha baju dengan modal yang minim. Perencanaan yang matang dan penyesuaian dengan pasar tentunya harus anda lakukan untuk menjaga keberlangsungan usaha anda