Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Join Usaha Tanpa Modal? Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Rugi

Barangku.id - Membuat sebuah usaha menjadi pilihan yang tepat saat ini. Tidak melulu tentang mendirikan usaha milik sendiri, Anda juga bisa join usaha tanpa modal. Dengan begitu, Anda bisa memulai usaha tanpa mengeluarkan modal sama sekali.

Namun, jika ingin join usaha, apapun bisnisnya tentu Anda harus tetap teliti dan memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan. Artikel ini akan membahas seputar join usaha yang harus Anda ketahui sebelum memulai bergabung ke sebuah usaha.

Poin Penting Perlu Diketahui

bisnis join tanpa modal
Join Usaha Tanpa Modal

Jika Anda ingin join usaha tanpa modal, ada strategi dan hal-hal yang harus Anda pahami. Dengan memahami hal-hal ini saat memilih partner usaha, Anda akan terhindar dari penipuan berkedok usaha tanpa modal. Berikut pembahasannya untuk Anda cermati:

1. Mempelajari Rekam Jejak Partner

Yang pertama harus Anda perhatikan adalah rekam jejak partner anda dalam melakukan usaha. Jika akan join usaha, biasanya Anda akan cenderung memilih partner dari usaha yang sudah berjalan jauh.

Baca juga: Rekomendasi franchice makanan di bawah 5 juta

Sebuah usaha yang sudah memiliki nama besar dan berjalan beberapa waktu tentu akan lebih mudah untuk dipelajari. Sedangkan jika Anda memilih untuk join ke usaha yang masih rintisan, tentu memerlukan beberapa riset lebih untuk mengetahui latar belakangnya.

Selain melihat rekam jejak rekanan usaha, Anda juga harus memperhatikan keahlian apa yang dimiliki oleh rekanan usaha Anda. Sesuaikan dengan keahlian apa yang Anda miliki dan akan Anda tawarkan.

Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan usaha yang akan anda jalankan. Jika Anda join usaha tanpa modal namun tidak menjadi bagian yang saling melengkapi dengan rekanan, tentu hal tersebut akan berdampak tidak baik pada usaha.

2. Membuat Tatanan Jelas Peran Setiap Pihak

Karena usaha rekanan terdiri dari berbagai pihak, maka seluruh pelaku usaha harus memiliki tugas yang jelas. Terhubung dengan aspek sebelumnya, pembagian tugas dan bagian bisa disesuaikan dengan keahlian masing-masing pihak.

Hal ini harus dibagi dan dijelaskan dengan sangat jelas. Tujuannya tentu agar tidak ada penumpukan tugas di satu pihak atau bahkan kesalahpahaman antar pihak yang menjalankan usaha.

Baca juga: Modal usaha playground serta tips mengelola usahanya

3. Merencanakan Struktur Usaha yang Tepat

Jika membicarakan usaha yang baik, sudah tentu usaha tersebut harus memiliki struktur yang jelas. Dimulai dari jenis usaha, hingga tujuan apa yang akan dicapai bersama dalam usaha tersebut.

Dari sini Anda bisa tahu bahwa jenis usaha yang Anda pilih sebagai rekanan harus memiliki struktur yang baik dan benar. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa usaha ini adalah usaha yang akan berjalan di dalam jalur.

4. Mengutamakan Perjanjian dan Kesepakatan Hitam di Atas Putih

Yang terakhir adalah, usaha rekanan harus mementingkan hitam di atas putih. Anda harus memperhatikan usaha rekanan anda untuk membuat catatan semua kesepakatan dan semua perjanjian.

Jika hal-hal penting disajikan secara tertulis, segala hal yang terjadi bisa dipertanggungjawabkan oleh semua anggota usaha rekanan. Dengan begitu, Anda tidak akan dirugikan andaikan sesuatu terjadi pada usaha tersebut.

Baca juga: 10 ide usaha makanan kekinian

Ide Bisnis Tanpa Modal

Selain memperhatikan pemilihan partner usaha, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis usaha apa yang ingin dijalankan. Lalu, usaha apa yang cocok tanpa modal? Berikut ini beberapa ide usaha untuk join usaha tanpa modal bisa diikuti:

1. Jasa Profesional

Jenis usaha rekanan pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah jasa profesional. Banyak sekali badan usaha yang menawarkan jasa profesional dan membuka kesempatan untuk Anda join usaha tanpa modal.

Usaha jasa profesional ini biasanya hanya mengandalkan kemampuan yang Anda punya. Misalnya saja, jasa penulisan, jasa survey, jasa konsultasi, dan sebagainya. Anda bisa memilihnya sesuai keahlian.

2. Kolaborator Konten

Yang kedua, Anda juga bisa memilih kolaborator konten sebagai usaha rekanan. Usaha jenis ini akan menawarkan konten untuk promosi juga untuk kepentingan pengisian konten di sebuah badan.

Biasanya jenis usaha ini membutuhkan talent dengan kemampuan membuat konten yang menarik. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, maka bisa bergabung dengan jenis usaha ini tanpa perlu mengeluarkan modal.

Baca juga: Peluang usaha 2023 dengan modal minil omset jutaan

3. Ahli Media Sosial

Selain konten, sebuah badan biasanya membutuhkan seseorang yang ahli dalam media sosial. Jasa ini sangat dibutuhkan juga untuk kepentingan promosi dan branding dari badan tersebut.

Untuk bergabung di usaha ini, bisa dikatakan Anda tidak memerlukan modal sama sekali. Cukup mengandalkan keahlian Anda dalam menganalisis media sosial dan mengatur strategi branding, Anda bisa bergabung dalam usaha ini.

4. Bisnis Reseller Online

Jika Anda mencari sebuah usaha yang bersangkutan dengan berdagang, maka Anda bisa jadi reseller tanpa modal. Bahkan bisa Anda lakukan sebagai usaha rumahan secara mudah dan cepat.

Dalam usaha reseller, Anda hanya perlu memperbanyak promosi produk. Nantinya, barang akan langsung disalurkan oleh supplier langsung ke pelanggan. Anda tak perlu memegang barang yang Anda jual.

5. Program Afiliasi

Jika Anda berfikir untuk join usaha rumahan yang tentunya tanpa modal, program afiliasi juga bisa menjadi satu ide yang bagus. Banyak sekali badan usaha yang kini membuka tawaran rekanan dalam bidang afiliasi.

Baca juga: Usaha sampingan di rumah untuk laki laki

Dalam usaha ini, Anda perlu memiliki keterampilan promosi yang baik dan jaringan yang luas. Anda akan mempromosikan barang yang dijual oleh orang lain dalam satu line usaha. Selain tanpa modal, Anda bisa melakukannya dari rumah.

Sekian pembahasan hal-hal seputar join usaha. Pembahasan ini bisa Anda gunakan untuk persiapan jika ingin join usaha tanpa modal. Dengan persiapan yang matang, Anda akan terhindar dari kerugian usaha meski usaha yang dijalankan tanpa modal.