Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Bisnis Menjalankan Usaha Affiliate Marketing Untuk Pemula

Bisnis menjalankan usaha affiliate marketing untuk pemula - Kita tentu tidak asing dengan pekerjaan yang dilakukan secara online yang memanfaatkan jaringan internet. Salah satu pekerjaan tersebut adalah Affiliate Marketing. 

Affiliate Marketing adalah salah satu metode pemasaran dimana para pengiklan akan dibayar setiap kali ada transaksi dari produk yang dipromosikan melalui link atau kode yang mereka sebar. 

Dengan cara begini, para pegiat Affiliate Marketing tidak perlu repot-repot menyiapkan barang sendiri karena mereka akan mendapat penghasilan hanya dari mengiklankan produk orang lain. Jika anda tertarik dengan usaha Affiliate Marketing, berikut ini adalah hal-hal yang harus anda pahami sebelum terjun ke dunia Affiliate Marketing.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Bisnis menjalankan usaha affiliate marketing untuk pemula
Bisnis menjalankan usaha affiliate marketing untuk pemula

Sebelum kamu menjalankan usaha affiliate marketing, seperti yang sudah ditulis diatas. Affiliate Marketing dilakukan dengan cara mengiklankan produk yang disediakan oleh pihak lain yang kemudia produk tersebut akan anda promosikan dengan menggunakan link atau kode referral

Apabila ada konsumen yang tertarik dan membeli produk dengan menggunakan link atau kode milik anda, maka anda akan mendapatkan komisi. Nantinya, seluruh urusan dengan produk seperti ketersediaan stok dan pengiriman kepada konsumen akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab sang produsen produk yang anda iklankan. 

Langkah-langkah untuk menjalankan usaha affiliate marketing secara umum adalah seperti ini:

1. Daftar Program Afiliasi

Di awal, anda bisa memilih perusahaan yang sekiranya cocok dan mendaftar menjadi seorang affiliator.

2. Promosi

Setelah menjadi seorang affiliator, anda akan mempromosikan produk dari perusahaan tersebut ke media sosial yang anda miliki. Jangan lupa untuk menaruh link atau kode referral anda.

3. Transaksi Melalui Link atau Kode

Konsumen yang tertarik kemudian mengklik link atau memasukkan kode yang sudah anda sebar. Biasanya konsumen yang melakukan hal ini akan mendapatkan promo khusus.

4. Mendapat Komisi

Jika ada transaksi yang berhasil dilakukan melalui link atau kode anda, maka anda akan mendapatkan sejumlah uang.

 Bekerja Menjadi Affiliate Marketing

Setiap perusahaan tentu mempunyai syarat dan ketentuan masing-masing, namun secara garis besar sebelum anda bisa bekerja dengan metode Affiliate Marketing tahap yang akan ditempuh adalah:

1. Riset Program Affiliate Marketing

Saat meriset ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan, seperti relevansi produk dengan media promosi, jumlah komisi yang akan anda dapatkan, jumlah user affiliasinya, serta support yang diberikan perusahaan sewaktu-waktu anda menjumpai masalah.

2. Media Promosi

Karena kerja anda adalah mengiklankan produk, maka media promosi yang baik juga diperlukan. Anda bisa menggunakan media promosi apapun selama masih diperbolehkan oleh perusahaan tempat anda berafiliasi.

3. Product Knowledge

Sebagai seorang pengiklan, tentu anda perlu mengetahui produk tersebut secara rinci. Berikanlah informasi yang benar dan sesuai agar konsumen tertarik dengan produk dan menggunakan link-mu untuk membelinya.

4. Melakukan Promosi

Bagian utama dari Affiliate Marketing tentu adalah promosinya. Jika sebelumnya anda belum pernah mengiklankan sesuatu, anda bisa mencari referensi cara beriklan melalui internet. Beberapa perusahaan bahkan ada yang memberikan anda kelas untuk belajar membuat promosi.

 Tips Agar Affiliate Marketing Bisa Sukses

1. Buat Review yang Menarik dan Personal

Meski banyak yang menjadikan Affiliate Marketing sebagai pekerjaan sampingan, bukan berarti pekerjaan ini dilakukan asal-asalan. Anda tetap harus memberikan review produk secara maksimal dan semenarik mungkin. Anda memang tidak diwajibkan untuk mencoba produk yang anda promosikan. 

Namun jika anda mempunyai pengalaman dalam memakai produk, tentunya review yang anda berikan nanti akan berbeda dan mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan dengan review-review yang sudah ada.

2. Tidak Terfokus Pada Komisi

Walau tujuan utama anda adalah mendapatkan uang, anda tetap harus mengetahui bahwa yang menentukan konsumen tertarik dengan produk tersebut atau tidak adalah dengan membaca review. Fokuslah membuat review yang menarik dan membantu agar konsumen bisa mempertimbangkan produk anda untuk dibeli.

3. Selaraskan Tema

Anda memang bisa mengikuti berbagai program Affiliate Marketing secara bersamaan, namun pastikan produk dan media promosi yang anda gunakan memiliki tema yang selaras. Contoh, jika anda mengelola akun teknologi maka produk yang sebaiknya anda iklankan adalah produk teknologi juga.

4. Ketahui Pasar

Anda juga harus tahu sekiranya apa yang dibutuhkan oleh para calon pembeli. Cari tahu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mereka dan kemudian berikan jawabannya di review yang anda buat.

 Seperti itulah beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum melakukan Affiliate Marketing. Affiliate Marketing bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan selama anda mempunyai niat dan kemauan untuk mempelajarinya.