Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkiraan Modal Usaha Playground Indoor Serta Tips Mengelola Bisnis

Barangku.id - Berencana membuka usaha playground dan ingin tahu modal usaha playground indoor dan bagaimana cara mengelolanya? Pilihan yang tepat bagi untuk membaca pembahasan di bawah, bagi Anda yang ingin mengetahui perihal tersebut!

Dalam membuka usaha tidaklah mengeluarkan modal yang sedikit, tentunya. Apalagi untuk membuka sebuah bisnis playground indoor, tentu tidaklah murah dan besarannya pun bervariatif.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha playground indoor ini mulai dari puluhan hingga milyaran rupiah, sehingga Anda dapat mudah menyesuaikan budget. Ingin tahu berapakah modal yang dibutuhkan?

Besaran Modal Usaha Playground Indoor Berdasar Ukuran

modal usaha playground indoor
Persiapan modal usaha playground indoor

Modal usaha playground indoor memang bervariasi, Anda pun dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan, entah dilihat dari kebutuhan ukuran hingga ketersediaan budget.

Ada beberapa distributor playground yang dapat menyesuaikan barang dengan kebutuhan pembelinya, sehingga harus pintar mengaturnya. Berikut kisaran modal playground indoor!

Baca juga: Cara menjadi reseller mainan anak online

1. Modal Untuk Ukuran Mini Playground Indoor

Bagi Anda yang berencana untuk membuka playground Indoor dengan ukuran yang kecil, maka mini size bisa menjadi pilihan! Ukuran dari playground ini merupakan ukuran yang paling kecil dibanding yang lainnya. Dengan ukurannya yang kecil, maka untuk modal pun pasti terjangkau.

Modal usaha yang perlu dikeluarkan untuk mini playground indoor berkisar pada harga 30 hingga sampai 50 juta rupiah. Ukuran mini playground berkisar pada PxLxT adalah 3 x 6 x 2,5 meter saja. Playground ini cocok untuk batita.

2. Modal Untuk Ukuran Medium Playground Indoor

Jika ingin ukuran yang agak lebih besar, namun tidak terlalu besar, Anda bisa memilih medium size. Untuk modal yang perlu dikeluarkan yakni berkisar pada 60 juta hingga 100 juta rupiah.

Pada ukuran medium bisa dicustom isi dari permainan di dalamnya. Umumnya playground indoor medium size ini didesain dengan bentuk-bentuk karakter yang menarik untuk anak-anak, serta terdapat ring bola dan ayunan.

Pembeli bisa custom sendiri permainannya, dapat pula custome untuk mandi bola. Playground ukuran medium ini cocok untuk balita dan batita.

3. Modal Untuk Ukuran Large Playground Indoor

Jika ada ukuran medium, maka ada ukuran large untuk playground Indoor. Ukuran large ini sangat luas dan besar, tentunya memiliki isi permainan yang lebih beragam lagi.

Anda bisa menyesuaikan sebesar apa playground yang diinginkan, dengan harga di atas 100 juta. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan ukuran untuk large playground indoor, dapat disesuaikan dengan luasnya ruangan yang dimiliki.

Baca juga: Analisa data usaha mainan anak keliling  

Kemudian, isinya juga dapat menyesuaikan keinginan Anda, tentunya akan berpengaruh pada budget. Ukuran yang lebih besar, pasti lebih banyak memuat pengunjung playground.

Tips Penting Mengelola Usaha Playground, Wajib Diketahui!

Dalam membuka usaha tentu tidak hanya mempertimbangkan modalnya saja, tetapi banyak faktor yang harus dikelola agar bisnis lancar. Ada banyak pengusaha yang sukses dengan berkutat pada bidang playground.

Untuk sukses pastinya perlu mengelola modal dengan baik. Berikut ini tips-tips mengelola usaha playground!

1. Lakukan Promosi dengan Tepat

Saat ini, manusia dipermudah dengan adanya teknologi pada aplikasi-aplikasi media sosial yang begitu canggih dan jangkauannya luas. Anda bisa menggunakan kecanggihan teknologi sebagai media untuk promosi usaha playground indoor Anda.

Promosi pun harus dilakukan dengan tepat agar banyak yang berminat. Umumnya playground diletakkan di mall atau supermarket-supermarket besar, bisa juga ditempatkan di lokasi wahana bermain anak.

Perhatikan batasan-batasan pada tiap-tiap tempat tersebut, sehingga Anda bisa menentukan tiket masuk playground. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk memperhatikan tujuan objek pemasaran Anda.

2. Sesuaikan Jenis dengan Lokasi

Tiap-tiap lokasi playground tentu memiliki karakteristik yang berbeda, misalkan di mall yang banyak pengunjung, maka waktunya harus dibatasi. Dan apabila ingin membuat playground di mall maka semua alat harus aman dan tidak mudah rusak.

Pilih juga jenis ukuran sesuai tempatnya! Selain pembatasan waktu, jenis ukuran, desain pun perlu diperhatikan sesuai dengan lokasi tempat playground akan dibangun.

Jika ingin membuka di mall, maka desain playground harus yang simple agar tidak merusak interior mall. Begitu pula pada supermarket, harus didesain sesederhana mungkin.

3. Gunakan Bahan yang Bisa Bertahan Lama

Selain menyesuaikan desain, kita perlu memperhatikan kualitas bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat playground. Pastikan bahan tersebut kokoh dan kuat bertahan lama, Anda perlu memperhitungkan biaya untuk pembuatannya.

Mulai dari pembiayaan sewa lokasi, pembelian bahan hingga perakitan playground indoor. Pembiayaan tersebut harus diperhitungkan dengan seefisien mungkin, kualitas serta ketahanannya.

Ini karena yang bermain anak-anak dengan tingkat keaktifan yang luar biasa, dan juga jumlahnya tidak sedikit, Anda harus memperhatikan keamanannya. Jika Anda membuat dengan bahan mudah rusak, maka akan terjadi masalah.

4. Gunakan Ide yang Tidak Biasa

Tanamkan sebuah prinsip bahwa semakin kreatif desain playground Anda, maka semakin tinggi laba yang akan Anda dapatkan. Dalam membuat permainan anak-anak, Anda memerlukan sejumlah kreatifitas yang tinggi agar banyak diminati anak-anak.

Jika permainan sudah biasa, umumnya anak-anak akan cepat bosan. Selain itu, anak juga tidak berminat jika di dalamnya tidak banyak variasi warna, wahana, dan alat bermainnya.

Anda bisa menggunakan ide-ide yang tidak biasa, seperti membuat playground dengan tema jungle atau dengan tema pekerjaan. Bahan harus disesuaikan pula dengan tema.

5. Buka Playground Indoor di Lokasi Milik Sendiri

Anda dapat membuka usaha playground indoor di rumah, atau di menyewa lokasi sendiri. Playground indoor tidak harus di mall ataupun supermarket, bila Anda kesusahan mencari lokasi maka dapat menggunakan halaman rumah sendiri.

Baca juga: 3 Mainan anak yang lagi trand

Bahan pun dapat Anda sesuaikan sendiri sesuai ide. Bila anda kesusahan mencari jasa yang bersedia dalam pembuatan playground indoor, Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk membuatnya.

Pastikan semua bahan yang digunakan memiliki kualitas dan ketahanan yang bagus. Jika tidak, Anda bisa membangun playground dengan satu jenis permainan saja.

6. Cek Kondisi Playground Secara Berkala

Mendirikan sebuah usaha playground indoor, tentu Anda harus siap untuk melakukan pengecekan kondisi secara berkala. Pengecekan ini wajib dilakukan agar mengetahui kondisi wahana, apakah terdapat kerusakan atau sudah waktunya diganti.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kondisi buruk yang mungkin terjadi. Demi menjaga keselamatan serta kenyamanan maka playground harus dirawat dengan baik.

Oleh karenanya, perlu diperhatikan pula biaya untuk perawatan playground indoor agar bisa terkelola dengan baik laba yang didapat. Semakin baik kondisi playground, maka tingkat resiko terjadi kecelakaan semakin kecil.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengecekan kondisi playground, sebagai berikut:
  • Pastikan seluruh permainan di dalam playground tidak goyah, agar ketika anak bermain tidak ada resiko alat yang roboh saat dinaiki.

  • Awasi kondisi cat dinding maupun beberapa alat bermain di dalam playground, walaupun indoor cat harus diperhatikan. Pastikan cat tersebut tidak mudah luntur ataupun mengelupas.

  • Cek keadaan mur-baut pada tiap-tiap alat bermain, jangan sampai kendor sehingga membuat alat tidak dapat kokoh menyangga anak bermain.
Demikian pembahasan mengenai modal usaha playground indoor dan bagaimana cara mengelola wahana di dalam playground. Anda perlu memperhatikan kiat-kiat di atas agar kondisi playground tetap terjaga keamanannya, sehingga banyak pengunjung yang nyaman.