Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Edit Foto atau Video

Tips sukses menjalankan usaha jasa edit foto atau video - Foto dan video merupakan dua hal yang sudah tak asing lagi kita jumpai. Semenjak adanya internet, pengedarannya kini tak terbatas hanya melalui surat cetak atau televisi. Beragam foto dan video kini sangatlah mudah untuk dicari, baik yang positif maupun yang berkonotasi negatif. 

Terlepas dari itu, kita sebagai pengamat dan penikmat tentu menyukai foto atau video yang bagus. Agar suatu foto atau video bisa memanjakan mata, perlu dilakukan suatu proses yang disebut editing.

Editing dalam foto dan video adalah proses pemilihan, pemotongan, dan penggabungan beberapa aspek guna mengubah dan memperindah citra dari foto atau video tersebut. Seseorang yang melakukan edit biasa disebut editor. Jasa edit-mengedit foto dan video sekarang mempunyai pasar yang luas. 

Kurangnya kemampuan dan pengetahuan terhadap software editing menjadi faktor utama berkembangnya jasa editor foto dan video. Jika anda berminat membuka jasa edit foto atau video, ada beberapa poin yang sebaiknya anda perhatikan sebelum anda memulai.

Cara Menjalankan Usaha Jasa Edit Foto dan Video

Tips sukses menjalankan usaha jasa edit foto atau video
Tips sukses menjalankan usaha jasa edit foto atau video

1. Persiapan Perangkat

Cara menjalankan menjalankan jasa edit foto atau video yang utama adalah mempersiapkan segala perangkat yang dibutuhkan. Menjadi seorang editor yang handal pastinya memerlukan perangkat yang bisa mendukung. Perangkat yang direkomendasikan untuk seorang editor foto atau video adalah sebuah laptop atau komputer. 

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Jasa Ketik

Nantinya, komputer ini akan dipasang software yang akan digunakan untuk melakukan proses editing. Pastikan kalau spesifikasi komputer memadai untuk dipasangkan software editing tersebut, karena jika spesifikasi tidak mumpuni, proses editing bisa terhambat.

Bagi anda yang tidak mempunyai laptop atau komputer, anda masih bisa melakukan editing melalui smartphone. Saat ini, aplikasi untuk mengedit foto dan video untuk smartphone bisa banyak anda jumpai. Hanya saja, mengedit di smartphone mungkin tidak akan semaksimal mengedit di komputer karena fitur yang disediakan lebih terbatas.

2. Pemahaman Software

Penguasaan terhadap software tentunya akan menjadi nilai jual usaha anda. Sebagai seorang editor, hasil dari editing yang anda lakukan harusnya tidak diragukan lagi. Dalam edit foto, penguasaan software seperti crop atau memangkas, menyesuaikan komposisi warna, kontrol atas berbagai layer dan mask, serta sharpening atau penajaman foto menjadi hal dasar yang harus anda kuasai.

Baca juga Rekomendasi Supplier Peralatan Kecantikan

Edit video pun tak jauh beda. Menguasai teknik trims, split, cut, dan join menjadi modal awal anda sebagai editor guna memotong dan menggabungkan frame video yang ditugaskan kepada anda menjadi satu video penuh yang sesuai ekspektasi.

3. Keahlian Fotografi dan Videografi

Walaupun tugas utama anda sebagai editor hanyalah melakukan penyuntingan terhadap foto atau video yang disetor oleh konsumen, mempunyai skill fotografi atau videografi yang memadai bisa menjadi nilai tambahan untuk anda menggaet konsumen. Bukan tak mungkin nantinya ada konsumen anda yang meminta footage tambahan sehingga anda harus melakukan shoot sendiri.

Baca juga Peluang Kerja Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

4. Teknik Promosi

Sebuah usaha tentunya tak akan mujur tanpa promosi yang manjur. Publikasikanlah berbagai karya dan portofolio anda di media sosial sebagai iklan usaha anda. Berikan juga layanan dan bonus yang menarik perhatian konsumen, misalnya proyek editing bisa selesai dalam waktu singkat, harga spesial, dan lain sebagainya. Kuasai juga berbagai teknik mengedit foto dan video yang lebih 'berkelas' agar usaha anda bisa terus berinovasi.

Sekian tips sukses menjalankan usaha jasa edit foto atau video yang bisa kami berikan untuk anda yang berniat menggunakan kemampuan anda dalam mengolah foto dan video menjadi suatu usaha. Dengan semakin dibutuhkannya foto dan video yang menarik, anda berkemungkinan untuk meraup untung yang besar.