Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Bisnis Minyak Jelantah Yang Perlu Dipertimbangkan

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa minyak jelantah sudah tidak bisa dipakai dan tidak berguna. Tapi jangan salah, ternyata minyak jelantah memiliki peluang untuk dipakai usaha dengan keuntungan yang menarik. Untuk itu, perlu pemahaman akan bisnis minyak jelantah terlebih dulu.

Secara umum, minyak jelantah sendiri bisa dipahami sebagai minyak goreng yang sudah pernah dipakai dua atau tiga kali bahkan lebih untuk menggoreng. Untuk itu, sebutan lain untuk jenis minyak ini sebagai minyak limbah hingga tak layak dipakai lagi.

Keamanan Menggunakan Minyak Jelantah

usaha minyak jelantah
Cara memulai bisnis minyak jelantah

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, bahwa jenis minyak ini tergolong dalam kategori minyak limbah hingga sudah tak layak pakai. Dari hal inilah timbul pertanyaan apakah penggunaan minyak limbah ini termasuk aman atau justru sebaliknya?

Baca juga: Peluang usaha jualan bensin eceran dengan keuntungan yang menarik

Dalam hal ini boleh saja untuk menggunakan minyak jelantah yang dimiliki untuk kebutuhan selain dikonsumsi. Dianjurkan minyak tersebut dilakukan penyaringan dengan memakai saringan kopi maupun kain halus.

Fungsinya tidak lain supaya kotoran bekas penggorengan yang terdapat di minyak bisa terpisah. Perlu diketahui pula bahwa pada dasarnya minyak goreng hanya bisa dipakai untuk menggoreng tidak melebihi dua kali pemakaian.

Hal ini lantaran nantinya minyak tersebut akan mengandung zat senyawa bernama karsinogenik. Dimana zat senyawa ini bisa memicu penyakit kanker pada tubuh. Penggunaan minyak dalam kondisi limbah atau minyak jelantah ini memiliki beberapa resiko.

Pasalnya semakin banyak dipakai, maka semakin banyak pula penurunan kualitas diri minyak tersebut. Akan tetapi jangan salah, dalam beberapa kesempatan justru minyak limbah ini memiliki peluang bagus untuk bisnis usaha minyak jelantah, misalnya seperti dalam dunia industri.

Baca juga: Peluang bisnis sayuran potong dan tips menjalankannya

Cara Mengetahui Minyak Tak Layak Pakai

Bagi para ibu rumah tangga, penting mengetahui kualitas serta juga kelayakan minyak untuk dipakai menggoreng. Cara yang dapat dijalankan untuk mengetahui kualitas minyak yang dimiliki adalah dengan mencium bau dari minyak tersebut.

Apabila hasil penciuman dari minyak tersebut ternyata sudah masuk dalam kategori kurang sedap. Maka, perlu memakai minyak goreng yang baru untuk memasak menu keluarga. Tidak lain hal tersebut dilakukan untuk kepentingan kesehatan keluarga. Mungkin minyak jelantah bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Selain dari mencium bau yang dimiliki, cara mengetahui kelayakan minyak goreng yang dipakai juga bisa menggunakan pengamatan warnanya. Ketika semakin pekat warna minyak goreng tersebut, maka hal itu menandakan bahwasanya semakin buruk juga kualitas yang dimiliki oleh minyak goreng tersebut.

Baca juga: Rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu menguntungkan

Pemanfaatan Minyak Jelantah

Sejumlah orang memilih untuk bisnis minyak jelantah lantaran peluang pasar yang dimiliki. Pasalnya, minyak jelantah yang dianggap tak bernilai serta tak layak digunakan lagi ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam dunia industri maupun lainnya.

Bahkan minyak jelantah ini bisa juga dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan rumah tangga, namun selain untuk memasak. Contohnya adalah untuk kebutuhan pelumas engsel.

Baca juga: 5+ Contoh bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial

Selain itu, juga bisa dipakai untuk kompos tanaman serta juga untuk membantu dalam menghilangkan noda cat pada kulit. Dunia industri sendiri bisa juga dipakai sebagai target dari peluang bisnis minyak jelantah dengan keuntungan menggiurkan.

Bahkan harga yang ditawarkan cukup tinggi hingga tak jarang orang mulai tertarik. Mengingat nantinya minyak jelantah bisa dilakukan daur ulang hingga menghasilkan produk turunan berupa biodiesel.Produk turunan tersebut nantinya bisa dipakai untuk pengganti dari minyak solar untuk jenis mesin diesel.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa negara Indonesia menjadi satu dari beberapa negara yang menjadi pelaku ekspor minyak jelantah. Bisnis akan minyak limbah ini sudah dimulai di sejumlah kota besar.

Selain usaha minyak jelantah, juga terdapat usaha minyak yang bisa laku disetiap harinya yaitu usaha jualan bensin seperti yang sudah kami bahas dalam tulisan Peluang usaha jualan bensin eceran dengan keuntungan yang menarik.

Tips Memulai Bisnis Minyak Jelantah

Nantinya untuk menjalankan bisnis pengepul minyak jelantah ini bisa memanfaatkan beberapa tips memulai bisnis minyak jelantah. Dengan begitu, diharapkan nantinya bisnis yang ditekuni bisa menghasilkan keuntungan yang menarik. Diantara beberapa tips yang dimaksud adalah seperti berikut:

1. Memastikan Peluang

Hal pertama yang menjadi tips dalam menjalankan usaha jualan minyak jelantah yaitu memastikan peluang yang ada. Untuk itu, diperlukan riset lebih dulu dari calon pelaku usaha supaya bisa mengetahui sebesar mana peluang pasar yang ada.

Dalam hal ini, pelaku usaha bisa melakukan pengamatan misalnya tengah terjadi kelangkaan BBM. Hingga, pada sejumlah daerah minyak jelantah diperlukan untuk memenuhi bahan bakar dari mesin diesel.

Tentunya keberadaan dari kejadian ini, bisa menjadikan peluang usaha yang cukup menarik. Hal ini akan lebih menarik lagi ketika pelaku usaha mengetahui informasi tentang kebutuhan minyak di luar negeri maka bisa turut melakukan ekspor.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku tiap hari dan menguntungkan

2. Melibatkan Masyarakat

Tips lain untuk menjalankan usaha jualan minyak jelantah yaitu dengan turut melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini, diperlukan untuk kelangsungan usaha yang dikelola tersebut.

Nantinya masyarakat sekitar bisa menjadi pihak pemasok minyak jelantah untuk mencukupi kebutuhan produksi. Selanjutnya, masyarakat sekitar juga bisa terbantu dengan pelaku usaha memberikan imbalan dari minyak jelantah tersebut.

Nantinya, kedua belah pihak akan memperoleh keuntungan dari hal tersebut. Di samping itu, bisnis minyak jelantah ini juga turut membantu meminimalisir limbah minyak yang ada.

3. Tak Bosan Melakukan Edukasi

Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa penggunaan minyak jelantah yang sudah melalui 2 atau 3 hingga lebih waktu penggorengan untuk memasak, bisa memiliki sejumlah resiko. Diantara beberapa resiko tersebut adalah mampu memicu timbulnya penyakit seperti kanker.

Baca juga: Tips memulai bisnis kerupuk seribuan yang menjanjikan

Dari hal inilah nantinya pelaku usaha bisa menyampaikan efek samping penggunaan minyak jelantah untuk memasak dan dampaknya serta hal lainnya kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan masyarakat bisa mulai memakai minyak baru. Sedangkan minyak limbah yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

4. Melakukan Inovasi

Dilihat secara umum inovasi, memang menjadi hal penting dalam menjalankan usaha termasuk minyak jelantah. Bentuk inovasi yang bisa dilakukan oleh dalam hal ini, misalnya pada bagian penumpukan minyak jelantah.

Selain itu, juga bisa dilakukan pada bagian penjualan minyak jelantah. Untuk pengumpulan, misalnya bisa dijalankan dengan menggunakan bak per satu RT atau RW dengan suatu target tertentu.

Nantinya, apabila program pengumpulan yang dilakukan sudah mampu mencapai target. Berarti, nantinya ketika target tercapai menandakan bahwa inovasi yang dijalankan tergolong berhasil.

Baca juga: Rekomendasi bisnis modal 1 juta untuk pemula

5. Menyusun Jaringan

Penyusunan jaringan tidak boleh terlewatkan menjadi tips jualan minyak jelantah selanjutnya. Menyusun Jaringan ini bisa dilakukan oleh pelaku usaha dengan saling bertukar informasi dengan sejumlah pihak.

Nantinya, pelaku usaha juga bisa ikut bergabung pada suatu organisasi terkait hal ini. Keberadaan dari organisasi tersebut bisa dipakai untuk membuka akses usaha sekaligus memperoleh relasi untuk memperlancar jalannya usaha.

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai peluang bisnis minyak jelantah yang menawarkan keuntungan menarik. Dengan kejadian sulitnya memperoleh BBM berupa solar untuk bahan bakar, maka bisa menjadi peluang besar untuk menjalankan usaha minyak jelantah.

Hal ini lantaran daur ulang minyak jelantah mampu menjadikan produk turunan berbentuk biodiesel. Oleh karenanya, pelaku usaha pun harus mempertimbangkan beberapa hal terkait dengan bisnis tersebut. Terimakasih sudah membaca di Barangku.id.