Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Contoh Bisnis Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial

Bisnis Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial - Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa bisnis hanyalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Ya walaupun itu memang benar, tapi ada juga beberapa bisnis yang dilakukan dengan dasar memenuhi kebutuhan sosial. 

Bisnis semacam ini sangat dibutuhkan di kalangan banyak orang karena seperti yang kita ketahui, kebutuhan sosial merupakan suatu kebutuhan yang menyangkut kebutuhan bersama. Lalu contoh bisnis seperti apa ya kira-kira yang bisa memenuhi kebutuhan sosial? Berikut beberapa contohnya.

Bisnis Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial

Contoh Bisnis Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial
Contoh Bisnis Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial

Ada banyak contoh bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial. Diantaranya :

1. Bisnis Tempat Makan

Bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial yang pertama adalah bisnis tempat makan atau restoran. Bisnis restoran ini merupakan salah satu contoh mudah untuk kategori bisnis yang bergerak dalam memenuhi kebutuhan sosial. Alasan kenapa bisa dibilang begitu, karena bisnis tempat makan pastinya menyediakan makanan yang notabene adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Beberapa pegelut bisnis restoran juga biasanya memberikan makanan mereka secara cuma-cuma bagi konsumen yang membutuhkan.

Selain faktor pangan, bisnis rumah makan juga membantu kebutuhan sosial yaitu lapangan pekerjaan. Ada cukup banyak bisnis restoran yang membuka lowongan dengan kualifikasi yang tidak terlalu tinggi sehingga membantu banyak orang dalam mendapatkan pekerjaan.

Bisnis Angkutan Umum

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bisnis angkutan umum adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan sosial. Manusia pastinya sering sekali berpindah-pindah tempat baik dekat maupun jauh dan membutuhkan alat transportasi guna mempermudah hal tersebut. Walaupun sudah banyak yang mempunyai kendaraan pribadi, nyatanya kendaraan umum masih banyak dibutuhkan lapisan masyarakat. 

Sebut saja dari yang murah meriah seperti angkot dan ojek hingga yang mempunyai kelasnya tersendiri seperti kereta dan pesawat. Bisnis angkutan umum kini juga sudah mengikuti perkembangan jaman dengan semakin marak adanya angkutan umum atau jasa pengiriman berbasis online.

Supermarket

Supermarket juga termasuk ke dalam kategori bisnis yang membantu memenuhi kebutuhan sosial lho. Faktor utama yang membuat supermarket masuk dalam bisnis seperti ini adalah karena barang-barang yang dijual di supermarket memang disesuaikan dengan kebutuhan banyak orang, seperti bahan pokok, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

Jumlah supermarket yang semakin banyak tentunya meningkatan jam operasional supermarket sehingga membuat bisnis supermarket membutuhkan banyak tenaga kerja. Ini otomatis membukakan lapangan kerja sehingga para karyawan supermarket mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Tempat Hiburan

Bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial selanjutnya adalah bisnis tempat hiburan. Lelah dan penat juga merupakan kebutuhan sosial sehingga membuat bisnis tempat hiburan merupakan bisnis yang membantu memenuhi kebutuhan sosial. Tempat hiburan bisa bermacam-macam jenisnya karena masing-masing orang mempunyai preferensi hiburan mereka tersendiri juga. 

Jenis tempat hiburan yang relatif banyak dibuka contohnya adalah taman rekreasi, taman bermain, dan tempat karaoke. Oh iya, sejenis kafe kecil dengan live band yang mengiringi pengunjungnya juga termasuk ke bisnis tempat hiburan.

Tempat hiburan juga tak mungkin dikelola seorang diri, sehingga kebutuhan sosial akan lapangan kerja juga bisa terpenuhi oleh bisnis ini.

Bisnis Perdagangan

Supermarket yang dibahas di atas tadi merupakan salah satu contoh bisnis perdagangan yang memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tentunya perdagangan tak hanya terbatas pada makanan atau alat rumah tangga saja, tapi juga barang-barang lain seperti alat kesehatan, properti bangunan, dan sebagainya. 

Bisnis perdagangan akan selalu dibutuhkan karena akan selalu ada peminatnya terlepas dari barang apa yang di dagangkan sehingga lapangan pekerjaannya akan selalu terbuka.

Baca juga Tips Bisnis Cara Menjadi Supplier Buah Dengan Mudah

Klinik Kesehatan

Bisnis yang bisa membantu kebutuhan sosial berikutnya adalah klinik kesehatan. Bisnis klinik kesehatan ada untuk membantu masyarakat dalam mendukung dan menjamin kesehatan mereka. Pelaku bisnis klinik kesehatan tak hanya dokter yang berlisensi saja, tapi sebagian orang atau kelompok yang berpengalaman dalam bidang kesehatan juga bisa membuka bisnis ini.

Membuka klinik kesehatan membutuhkan modal yang tidak sedikit mengingat banyaknya alat-alat dan juga obat-obatan yang mesti disediakan untuk berbagai keluhan pasien yang datang. Namun jika anda berhasil membangun bisnis ini, anda bisa mendapatkan keuntungan sekaligus membantu banyak orang. Selain itu, masa kadaluarsa obat yang panjang juga membantu anda agar tidak perlu melakukan stok ulang terlalu sering.

Baca juga Tips Bisnis Mencari Supplier Tangan Pertama Di Lazada

Catering

Walau tadi kita sudah membahas tentang bisnis rumah makan, bisnis catering ini juga patut dibahas sebagai bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan sosial. Pasalnya, banyak orang yang membutuhkan konsumsi untuk berbagai acara yang mereka adakan sehingga peluang distribusinya terbuka lebar. Selain itu bisnis catering bisa dimulai dari skala kecil semisal catering rumahan dengan tetap memperhatikan segi kebersihan dan kesehatan dalam proses produksinya.

Seberapa menguntungkan bisnis sosial?

Bahkan, ini masih menjadi perdebatan. Karena mereka memiliki tujuan yang berbeda dari perusahaan lain, perusahaan sosial lebih fokus pada tujuan sosial daripada menghasilkan lebih banyak pendapatan. Namun, ini tidak berarti bahwa bisnis ini tidak membawa manfaat. Dengan terus meningkatkan bisnis, seperti penjualan produk, bisnis ini tentu saja bisa menguntungkan.

Diadaptasi dari digitalagenda.io menurut Richard Cobbett, direktur perusahaan sosial, semakin menguntungkan perusahaan sosial, semakin mungkin untuk menginvestasikannya dalam kegiatan dan sumber daya yang menciptakan manfaat sosial. Tetapi pada tingkat yang lebih penting, bisnis sosial yang menguntungkan dapat memastikan bahwa Anda dapat melanjutkan dan mencapai tujuan sosial jangka panjang Anda.

Baca juga Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Online Mudah

Perbedaan antara pengusaha usaha sosial dan pengusaha biasa

Jika seorang pengusaha yang berkarir dalam bisnis biasanya disebut pengusaha, maka dalam bisnis sosial mereka disebut socioreneurs. Perbedaan paling penting antara kedua jenis pengusaha ini adalah pada tujuan akhir. Orang-orang yang fokus pada bisnis sosial akan memiliki tujuan membantu masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, dalam hal struktur, beberapa lembaga sosial mungkin tidak mengikuti bentuk organisasi yang ditemukan dalam bentuk biasa. Ini dapat sepenuhnya dikelola oleh sukarelawan yang tidak menerima gaji atau kontributor bersama atas kehendak bebas mereka sendiri.

Penutup

Itulah beberapa contoh bisnis untuk memenuhi kebutuhan sosial. Beberapa bisnis diatas bisa anda jadikan sebagai ide apabila anda tertarik untuk memulai suatu bisnis. Bisnis-bisnis diatas selain memberikan anda keuntungan, juga bisa membuat anda menjadi ‘pahlawan’ karena anda bisa membantu banyak orang.