Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rekomendasi Usaha Ternak Modal 300 Ribu Menguntungkan

Rekomendasi Usaha Ternak Modal 300 Ribu Menguntungkan - Membuka bisnis peternakan menjadi pilihan usaha dengan omset dan juga modal yang tinggi. Hal tersebut dipengaruhi dari harga bibit, kandang, pakan, dan perawatan. Namun, rupanya ada loh usaha ternak modal 300 ribu yang tetap menguntungkan! Ini dia ide usahanya.

10 Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu untung menjanjikan

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha ternak kambing dengan modal minim
Selain modal yang kerap menjadi kendala, pengusaha terkadang bingung ide usaha ternak apa sajakah yang pas dengan modal 300 ribu yang bisa dijalankan. Oleh karenanya, Barangku.id akan merekomendasikan beberapa usaha ternak modal 300 ribu yang patut Anda coba dengan keuntungan yang besar.

1. Ternak Lele

Untuk modal 300 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa membuka usaha ternak lele, loh. Jika Anda ingin memulai usaha ini, maka Anda harus mempunyai kolam buatan. Anda bisa membuatnya di belakang rumah dan menutupnya dengan terpal yang modalnya mulai dari 15 ribu saja per meternya.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan usaha ternak lele yang mesti Anda ketahui

Untuk harga satu ekor bibit lele ukuran 15 hingga 18 cm umumnya seharga 1000 rupiah. Sementara itu, untuk harga pakannya mulai dari 65 ribu rupiah per kemasan 5 kg.

2. Ternak Jangkrik

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya yaitu ternak jangkrik. Ternak jangkrik memiliki prospek yang cerah seiring dengan meningkatnya permintaan jangkrik yang digunakan sebagai pakan burung dan juga ikan. Modal awal bisnis ini juga cukup terjangkau, loh.

Misalnya, untuk telur jangkrik bisa dihargai 200 ribu rupiah per kilogram. Untuk kotak jangkrik mulai dari 20 ribu hingga 100 ribu. Sementara itu, untuk pakannya mulai dari 15 ribu rupiah saja. Tentunya oakan jangkrik masih bisa disesuaikan dengan jumlah jangkrik yang dipelihara.

Baca juga: Ide bisnis budidaya jamur tiram dan peluang bisnis

3. Ternak Burung Puyuh

Ternak burung puyuh menjadi salah satu pilihan usaha dengan modal 300 ribu. Bibit burung puyuh bisa didapatkan mulai dari 8 ribu rupiah per ekor, sementara itu untuk kandang mulai dari 100 ribu rupiah. Pakannya pun murah, yakni hanya 10 ribu per kilogram.

Dari perkiraan di atas, maka Anda bisa memulai membuka usaha ternak burung puyuh di rumah. Kemudian, nantinya burung puyuh yang tumbuh sehat bisa dijual kembali untuk dijadikan olahan makanan di restoran-restoran.

4. Ternak Ikan Hias

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya yaitu ternak ikan hias. Bisnis ikan hias bisa dimulai dengan modal mulai dari 300 ribu rupiah saja. Harga bibit ikan hias bervariasi, mulai dari 2 ribu rupiah hingga ada yang 30 ribu rupiah, tergantung dari jenis ikan hias yang dipilih.

Anda perlu memiliki akuarium untuk menyimpan ikan hias, akuarium bisa diperoleh mulai dari harga 200 ribu rupiah. Selanjutnya, untuk pakan ikan hias lebih murah lagi yaitu mulai dari 10 ribu rupiah saja.

Baca juga: Ide bisnis budidaya unik yang memiliki potensi keuntungan

5. Ternak Kelinci

Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya yaitu ternak kelinci. Daging kelinci biasa dikonsumsi oleh sebagian orang karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang mirip dengan daging ayam. Maka dari itu, banyak juga restoran yang menjual makanan yang terbuat dari daging kelinci.

Untuk memenuhi permintaan daging kelinci, Anda bisa membuka usaha ternak kelinci. Untuk setiap pasang kelinci dibanderol mulai dari 100 ribu hingga 150 ribu rupiah. Sementara itu untuk kandangnya mulai dari 200 ribu rupiah.

Untuk pakan, Anda bisa mendapatkannya dari tukang sayur terdekat dengan memberikannya wortel ataupun dedaunan/rumput.

6. Ternak kambing

Kambing menjadi salah satu hewan yang banyak dicari, terkusus bagi orang-orang yang ingin melakukan ibadah Qurban dan Aqiqah. Tak hanya itu, daging kambing pun banyak dibutuhkan dan dikonsumsi sehari-hari orang kebanyakan orang. Seperti untuk sate misalnya, hajatan, acara-acara besar dan banyak lainnya.


Namun, untuk menjalankan usaha ternak kambing sendiri membutuhkan modal yang cukup besar. Pasalnya untuk sepasang kambing, betina dan jantang membutuhkan modal kurang lebih 5 juta.

Lantas bagaimana cara dengan modal 300 ribu bisa menjalankan usaha ternak kambing ini? Cara nya, untuk diawal-awal menjalankan usaha ternak kambing bisa dengan penawaran jasa merawat kambing kepada para perternak kambing yang ada disekitar lingkungan Anda.

Maka dengan menjadi perawat kambing, usaha modal 300 ribu bisa digunakan untuk membeli pakan atau keperluan perawatan kambing yang lainnya. 

Saat jasa perawatan kambing ini sudah berjalan dengan baik dan keuntungan pun sudah mulai ada. Maka cobalah sedikit demi sedikit dikumpulkan untuk modal membeli bibit kambing kemudian diternak sendiri.

7. Ternak ayam kampung

Kandungan lemak jenuh yang ada pada ayam kampung menjadi perhatian khusus bagi pecinta daging hewan petelur satu ini. Masyarakat banyak yang sudah bosan dengan daging ayam negeri yang banyak dijual dipasaran. Selain itu juga, tingkat konsumsi ayam kampung relatif stabil dan tidak ada matinya. Dengannya, Anda bisa menafaatkan peluang yang bagus ini untuk mencoba menjalankan usaha ternak modal 300 ribu dengan cara membeli bibit ayam kampung atau indukan ayam kampung untuk terus dibudidayakan.

Selain modal untuk membeli indukan ayam kampung, Anda juga bisa memanfaatkan sisa dari modal untuk membeli keperluan lainnya. Seperti kandangan ayam yang memadai, pakan yang murah meriah, dan lain-lainnya. 

Untuk menghemat, Anda bisa memberi pakan ayam kampung berupa jagung giling, ubi cincang, dedak, buah pepaya mentah dicampur dengan dedak, bungkil kacang kedelai yang harganya relatif lebih murah, dan lain sebagainya.

8. Ternak itik

Usaha ternak modal 300 ribu berikutnya adalah ternak itik. Sama halnya dengan ayam kampung, Itik dikonsumsi oleh banyak orang. Tak heran banyak peternak itik yang meraup untung besar. Pasalnya itik salah satu usaha yang tidak ada matinya.

Langkah awal seperti biasa, silahkan gunakan modal 300 ribu untuk membeli sepasang itik yang bagus untuk dikembangbiakan.


Pastikan Anda membeli itik betina yang berpotensi menghasilkan 20-25 telur. Lalu setelah telur-telur tersebut menetas menjadi anakan itik, Anda sudah bisa menjualnya dengan kisaran Rp.10 ribu per anak itik. Sementara untuk itik yang sudah dewasa bisa Anda hargai sekitar Rp. 40 ribuan. 

Itu artinya, Anda sudah bisa mulai mendapatkan keuntungan atau omset dari hasil ternak itik.

Kentungan ternak itik adalah tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk panen atau menghasilkan keuntungan dari ternak itik tersebut.

9. Ternak keong mas

Keong emas juga bisa menjadi alternatif untuk usaha dengan modal 300 ribu. Kegunaan dari keong emas ini biasa digunakan untuk kebutuhan sumber protein alternatif atau kebutuhan lainnya.

Anda tidak perlu repot untuk mendapatkan bibit keong emas ini. Cukup dengan mencarinya di sawah-sawah lalu budidayakan keong emas tersebut di kolam terpal. 


Ternak keong emas ini sangat mudah dan simple. Sangat cocok dijadikan usaha sampingan namun menguntungkan.

Pakan yang dibutuhkan untuk ternak keong emas ini biasanya, genjer, kangkung, kubis dan lain-lainnya.

Dengan modal 300 ribu Anda sudah bisa mendapatkan banyak bibit keong emas dan siap untuk dipanes kapan saja Anda mau.

10. Ternak udang

Bagi Anda yang suka udang, tidak ada salah nya untuk mencoba usaha ternak udang. Selain kandungan yang gizi yang tinggi, udang juga termasuk jenis hewan yang banyak dicari dipasaran. 

Melihat permintaan pasar yang cukup tinggi, peluang untuk Anda yang ingin mencoba usaha ternak udang dengan modal 300 ribu pun semakin terbuka lebar.


Terdapat banyak jenis dari udang. Ada udang gala, udang satang, udang windu, udang karang, udang dogol dan lain-lain. Untuk membudidayakan udang ini cukup dengan kolam terpar yang memiliki sirkulasi air yang baik.

Tips memulai usaha ternak modal 300 ribu

Usaha Ternak Modal 300 Ribu
Usaha ternak yang menjanjikan
Memulai usaha bermodalkan minim Anda perlu lebih cermat dalam menjalankan dan mengalokasikan modal usaha yang tersedia. Dengannya berikut kami rekomendasikan tips memulai usaha ternak modal 300 ribu yang baik untuk diperhatikan:

1. Pastikan membeli bibit yang unggul

Sama hal nya dengan membangun rumah, sebuah rumah yang baik adalah yang memiliki pondasi yang kuat dan kokoh. Maka untuk menjalankan usaha ternak diperlukan bibit yang unggul agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Kualitas kandang atau kolam yang baik

Menjalankan usaha ternak apa pun itu, yang sangat perlu diperhatian juga adalah kualitas kandang atau kolam. Pastikan kandang atau kolam selalu terjaga dengan baik. Agar hewan ternak yang kita miliki selalu dalam keadaan sehat dan gemuk. 


Saat selesai panen lakukan pembesihan total terhadap kandang atau kolam agar kotoran yang ada terangkat secara menyeluruh.

3. Makanan dan vitamin

Guna mendapatkan hasil ternak yang baik dan sehat perlu diperhatikan dari segi makanan dan vitamin yang baik dan memadai. Tak hanya itu, makan dan vitamin yang baik sangat dibutuhkan juga agar meminimalisir gagal panen yang sering menjadi resiko terbesar dari usaha peternakan. Pemberian pakan dan vitamin yang baik perlu dilakukan dengan konsisten. 

Selain itu, keberseihan dari makanan juga harus tetap dijaga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Sistem panen yang baik

Tips memulai usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya adalah pahami proses panen yang baik. Hal ini penting karna besar pengaruhnya terhadap keberlangsungan hewan ternak. 


Proses panen yang baik dapat menghindari hewan ternak stress dan kematian secara berkala.

Sebelum panen silahkan pelajari terlebih dahulu pola atau proses panen yang baik. Cara mudahnya dengan bertanya langsung kepada yang sudah berpengalaman dibidang peternakan.

Demikian rekomendasi usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan serta tips memulai usaha ternak modal 300 ribu. Dari pilihan-pilihan di atas, Anda bisa memilih ternak apa yang sekiranya cocok dan sesuai dengan Anda.

Ternak hewan di atas dapat dilakukan dengan modal ataupun lahan yang kecil. Selain itu juga dapat membantu pebisnis lainnya untuk mendapatkan hewan yang diperlukannya.