Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Bisnis Sayuran Potong dan Tips Menjalankannya

Peluang Bisnis Sayuran Potong dan Tips Menjalankannya - Saat ini, jenis bisnis semakin beragam dan unik. Salah satu jenis yang mulai marak dilakukan adalah bisnis sayuran potong. Secara khusus, peluang bisnis sayuran potong tergolong menjanjikan dan bisa memberikan keuntungan yang tergolong besar.

Hal ini tentunya disebabkan oleh kebutuhan masyarakat luas akan sayuran. Jika tertarik untuk memulai usaha semacam ini, maka pastikan untuk tahu strategi tepatnya. Untuk mengetahui seberapa besar peluang dan apa strategi menjalankannya, simak ulasannya di bawah ini:

Peluang Menjalankan Bisnis Sayuran Potong

Bisnis Sayuran Potong
Peluang dan keuntungan bisnis sayuran potong
Jika berbicara mengenai peluang bisnis sayuran potong, tentu akan sangat menjanjikan. Seperti yang sudah diketahui bersama, kebutuhan akan sayuran selalu tinggi setiap harinya. Hal ini disebabkan banyak pihak yang membutuhkan sayuran untuk kebutuhan masak harian.

Baca juga: Cara jualan lauk matang agar laku keras

Oleh sebab itu, menjalankan usaha ini akan sangat menguntungkan. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Dengan perbandingan modal dan omzet yang didapat, maka bisa dipastikan keuntungan bersihnya akan menjanjikan.

Alasan lainnya adalah tidak semua wilayah tersedia penjual sayuran potong. Penjual sayuran memang banyak, namun yang menyediakan bahan yang sudah dipotong tidak selalu ada. Jadi, usaha ini akan pas untuk dijalankan dengan berbagai pertimbangan yang ada.

Baca juga: Inilah usaha dagang yang laku setiap hari dan menjanjikan

Strategi Menjalankan Bisnis Sayuran Potong

Agar usaha yang dijalankan baik, maka diperlukan strategi yang benar. Meski peluang bisnis sayuran potong besar namun tidak dijalankan dengan strategi yang tepat, hasilnya juga tidak akan baik. Untuk tahu apa saja strateginya, simak penjabaran berikut ini:

1. Lakukan Riset Pasar

Strategi pertama yang bisa dijalankan adalah menerapkan riset pasar. Dengan menerapkan aspek riset pasar ini, maka akan didapat jenis sayuran apa saja yang diminati dan berbagai komponen mendetailnya. Metode untuk riset ini bisa dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Baca juga: Tips usaha sayuran packing modal kecil untung besar

Mulai dengan menanyai orang terdekat, hingga orang lain yang sedang berbelanja. Semakin banyak orang yang ditanyai, maka akan lebih banyak jawaban dan minat berbeda. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk menentukan jenis sayuran apa saja yang akan dijual.

2. Tentukan Supplier Sayuran Terbaik

Agar sayuran potong yang dijual dalam kondisi baik, maka harus ditemukan supplier yang baik pula. Pastikan kualitas sayuran adalah yang nomor satu untuk diutamakan. Jika kualitas sayuran baik, maka pembeli akan senang karena sayuran yang ada sangat segar dan terjamin.

Tidak perlu risau soal harga. Biasanya, pembelian dalam jumlah besar ke supplier akan mendapat keuntungan berupa harga yang lebih murah. Jadi meski sayurannya berkualitas baik, masih bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Tips bisnis cara memasok sayuran ke supermarket

3. Siapkan Peralatan dengan Baik

Strategi lain yang wajib untuk dilakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Barang-barang dasar yang dibutuhkan biasanya terdiri dari wadah sayuran, open chiller, pisau, dan berbagai peralatan mendetail lainnya. Semua ini tentunya penting untuk disediakan secara menyeluruh.

Tidak hanya itu saja, wadah sayuran setelah dipotong juga harus diperhatikan. Wadah yang paling disarankan adalah sterofoam berwarna putih dan plastik sebagai pelapis atas sayuran. Dengan memakai wadah ini, maka udara berlebih tidak akan masuk ke dalam kemasan.

Selain itu, penggunaan kemasan ini juga bisa menghindari paparan serangga secara langsung. Jika sudah dibungkus dengan plastik secara menyeluruh di bagian atasnya, maka serangga tidak akan masuk atau hingga di permukaan sayuran.

Baca juga: 6+ tips dan modal awal berjualan sayur di rumah

4. Strategi Pemasaran

Karna sayuran merupakan jenis barang jualan yang tidak tahan lama, maka diperlukan ke ahlian khusus agar bisnis sayuran potong cepat laku terjual. Salah satu cara terbaik agar bisnis sayuran potong laris dipasaran adalah dengan melakukan pemasaran atau promosi.

Perkenalkan ke banyak orang tentang usaha sayuran potong yang Anda mililki dengan seluas luas nya. Metode pemasarannya pun cukup mudah. Gunakan alat promosi gratisan saja sudah lebih dari cukup. Sepeti facebook, instagram, whatsapp, telegram, tiktok dan lain lain.


Lakukan promosi di media sosial dengan rutin diwaktu-waktu yang tepat. Silahkan promosi dengan kratif dan inovatif agar daya tarik pembeli semakin tinggi.

Untuk lebih meningkatkan grafik kemajuan penjualan, sesekali lakukan diskon pada waktu atau momen tertentu. Seperti momen awal bulan, momen hari raya besar, momen gajian, dan lain-lain.

5. Lokasi Strategis

Tempatkan posisi bisnis sayuran potong yang Anda jalani pada tempat yang strategis. Jangan asal milih tempat ya. Hal ini sangat penting karena biasanya pelanggan dari jualan sayuran kebanyakan dari kalangan ibu-ibu. Nah biasanya juga nih, kalau ibu-ibu ngak mau repot apa lagi yang jauh-jauh dari lokasi membeli sayuran.


Dengannya silahkan ambil tempat yang kira-kira banyak dilalui orang, perumahan, kosan yang ramai, dan lain-lain. 

Keuntungan Bisnis Sayuran Potong Siap Masak

Jika berbicara mengenai keuntungan bisnis sayuran potong maka bisa dikatakan bahwa bisnis sayuran potong cukup petensial dan menjanjiakan. Terlebih jika Anda sudah mendapatkan pasarannya atau sudah mengenai target dari pemasaran. Maka tentu bisnis sayuran potong ini sangat menguntungkan, bahkan bisnis sayuran potong ini bisa meraup puluhan juta ditiap bulannnya.

Hal ini dibuktikan bahwa sayuran merupakan kebutuhan pokok yang setiap harinya pasti dibutuhkan oleh banyak orang. Kemudian dibarengi dengan persaingan dari bisnis sayuran potong ini tergolong kecil.


Dari 2 korelasi antara kebutuhan sayur yang besar dan terus menerus dengan pesaing yang masih kecil maka untuk sukses berbisnis di bidang sayuran potong akan terbuka lebar. Silahkan manfaatkan dengan baik peluang yang ada ini untuk membuka usaha berbisnis sayuran potong di daerah Anda.

Semua penjelasan mengenai peluang bisnis sayuran potong di atas tentunya bisa langsung dipahami dengan baik. Selain itu, strategi yang dibutuhkan juga sudah dijabarkan dengan jelas dan menyeluruh. Oleh sebab itu, semua pembahasan di atas sangat penting untuk dipahami.