Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berbagai Macam Ide Jualan Donat Kentang Yang Unik dan Kekinian

Barangku.id - Dalam usaha jualan donat kentang ini memang bukanlah hal yang baru lagi. Donat kentang menjadi jajanan tradisional yang sudah mulai menyeimbangkan dengan perubahan zaman. Oleh karenanya, penjual harus mampu membuat resep jualan donat kentang yang unik.

Terlebih lagi, jumlah penjual atau pesaing saat jualan donat kentang ini sangatlah banyak. Untuk mencuri perhatian dan minat dari konsumen, penjual harus mampu mengadaptasi resep donat ini menjadi hal yang unik. Karena konsumen akan lebih tertarik dengan keunikan jika dibanding dengan rasanya.

Donat Kentang untuk Jualan

jualan donat kentang
Donat kentang ekonomis untuk jualan

Buat Anda yang yang ingin terjun dibidang usaha donat kentang, berikut kami rekomendasikan aneka jenis donat kentang yang bisa Anda coba.

1. Donat Kentang Pelangi

Ketika konsumen mendengar istilah donat kentang Pelangi, tentunya yang ada dalam bayangannya adalah warna donat yang beragam. Hal ini memanglah benar adanya. Jika biasanya pewarnaan donat ini hanya pada toppingnya saja, kali ini buatlah donat itu sendiri menjadi berwarna.

Untuk pemilihan warna dari donat ini bisa menyesuaikan dengan minat dari konsumen itu sendiri. Agar pewarnaannya aman untuk dikonsumsi dan tidak membuat donat menjadi bantat, penjual dapat menggunakan air pewarna alami. Jika Pun hendak menggunakan pewarna buatan juga dipersilahkan.

Menarik perhatian konsumen ini menjadi hal utama yang harus dilakukan penjual agar jualan donat kentang tersebut laku habis. Penjual bisa memberikan aneka topping tertentu yang dapat dipilih secara langsung oleh pelanggan.

Baca juga: Cara jualan lontong sayur agar melejitkan omset penjualan

2. Donat Kentang Mozarella

Telah banyak beredar jenis makanan tradisional yang mulai menyeimbangi perkembangan zaman dengan diberikan sentuhan dari keju mozzarella ini. Contohnya saja pada bakso yang telah ada varian mozzarella untuk menarik perhatian dari pelanggan.

Kali ini, buatlah kreasi donat kentang mozarella yang dimana banyak anak muda maupun masyarakat terkini yang senang akan varian tersebut. Nantinya buatlah lelehan mozarella ini berada di dalam donat itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk memberikan kelumeran mozzarella saat pelanggan menggigitnya.

Untuk topping dari donat kentang varian mozzarella ini dapat disesuaikan dengan keinginan pelanggan maupun penjual itu sendiri. Penjual hanya perlu memberikan varian topping yang dapat dipilih oleh pelanggan tersebut. Karena varian donat kentang ini menggunakan keju mozarella, penjual dapat menyesuaikan harganya.

Baca juga: Rekomendasi usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal kecil paling laris

3. Donat Kentang Taro

Rasa taro ini telah menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Terutama pada kalangan remaja masa kini yang sangat menggemari rasa taro. Melihat momentum ini, penjual donat kentang dapat memanfaatkannya untuk menjadi ide varian baru dari varian donat kentang yang sudah ada.

Pemberian varian ini tidak diberikan pada topping dari donat ini saja. Melainkan pemberian rasa taro ini terletak pada donat itu sendiri. Jika pada umumnya donat ini berasa manis biasa, kali ini memiliki keunikan dari pemberian rasa taro tersebut.

Untuk pemilihan topping ini dapat didasarkan pada ketertarikan dari pembeli. Jadi, pembeli dapat memilih topping yang diinginkan sesuai dengan penyediaan varian topping tersebut. Tentunya, hal ini dapat memberikan ketertarikan tersendiri untuk para pembeli donat kentang ini.

Baca juga: Peluang usaha tahu crispy dan keuntungannya

4. Donat Kentang Karakter

Jika setiap orang mendengar kata donat, secara langsung akan menggambarkan bentuk dari donat ini bulat dengan lubang di tengah. Untuk memberikan keunikan dari donat yang dijual ini, dapat membuat jenis donat karakter yang lucu dan unik.

Varian dari karakter donat kentang ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dari penjual. Atau penjual bisa menggunakan cetakan khusus untuk membentuk karakter dari donat kentang ini. Tidak lupa untuk tetap memberikan pilihan topping yang unik dan menarik agar dapat mencuri perhatian dari pembeli tersebut.

Ide Varian Topping Donat yang Kekinian

Variasi rasa dan toping merupakan salah satu yang membutuhkan kreatifitas tinggi dalam membuat donat kentang untuk dijual. Karena biasanya orang-orang akan mempertimbangkan seberapa kretifitas topping yang ada pada donat kentang tersebut.

Jangan khawatir, ada banyak ide varian topping yang mungkin bisa Anda coba. Akan terasa keren jika Anda menghadirkan varian topping yang belum pernah ada. Nantinya varian topping kreasi Anda akan menjadi ciri khas dari usaha jualan donat kentang milik Anda yang super unik.


Berikut ide varian topping donat yang bisa Anda terapkan guna menarik perhatian pelanggan.

1. Gula Halus Klasik

Topping gula halus sudah menjadi pasangan serasi donat sejak dahulu kala. Cita rasa dari gula yang halus kemudian dipadukan dengan lembutnya adonan donat tentu akan sangat nikmat terasa. Meskipun saat menyantap donat kentang bertabur gula halus ini akan belepotang di area mulut. Namun justru hal itu akan menambah sensasi kenikmatan saat menyantap donat kentang topping gula halus.

2. Cokelat Milo

Coklat merupakan cemilan yang umum disukai banyak orang. Olahan dari pohon cacao ini sungguh mempunyai rasa yang super lezat. Nah cokelat ini bisa Anda masukan kedalam daftar topping donat yang akan Anda jual. 

Anda bisa modifikasi donat kentang dengan topping cokelat milo sehingga tampil lebih kekininan. Cara nya mudah saja, silahkan balut donat yang sudah digoreng dengan cokelat yang masih meleleh. Lalu, taburkan bubuk milo yang melimpah atau secucupnya pada bagian atas donat tersebut. Maka cita rasa dari perpaduan dua rasa cokelat yang menjadi satu akan menjadi super lezat dan dijamin bakal bikin nagih.

3. Vla Lembut

Vla lembut khas dengan aroma vanila sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga penduduk +62. Akan tetapi biasanya vla aroma vanila ini biasanya digunakan sebagai isian kue sus atau kue lain yang sejenisnya. Nah, akhir-akhir ini telah muncul jenis donat bomboloni yang donatnya tidak berlubang yang sedang populer di masyarakat Indonesia. Nah donat jenis bomboloni inilah yang diberikan vla lembut dengan rasa vanila yang lezat yang ada di dalam donat tersebut. 

Satu gigitan saja sudah bisa membuat Anda merasakan nikmat yang luar biasa dari donat kentang dengan topping vla lembut ini. 

Tidak hanya sebatas itu, Anda juga bisa mengkreasikan pada dibagian atas donat dengan caramel dan vla isian dengan berbagai rasa.

4. Green Tea Glaze

Varian topping donat kentang yang kekininan berikutnya adalah green tea glaze. Salah satu topping donat yang cukup menarik untuk dicoba. 


Perpaduan rasa cokelat berwarna putih nan manis dengan green tea akan terasa nikmat banget. Apa lagi dinikmati di atas donat kentang yang lembut. Tentu akan menjadi rasa yang tidak ada tandingannya.

Untuk menambah nilai kreatif Anda bisa tambahkan taburan kacang almond dan choco chip atau potongan cokelat tepat di atas galze. Waw..nikmat sekali, yah.

Peluang Usaha Donat Kentang

Jika berbicara mengenai peluang dari usaha donat kentang maka bisa kita katakan bahwa peluang usaha donat kentang masih sangat terbuka lebar bagi siapa pun. Asalkan Anda bisa membuat dan mengerti cara membuat donat kentang yang baik dan benar. Tidak cukup hanya itu, pengusaha donat kentang juga ditantang agar bisa menciptakan keunikan tersendiri agar usaha donat kentang yang Anda jalankan mempunyai nilai lebih tersendiri dari pada kompetitor lainya. 

Kiat sukses usaha kuliner agar makin laris perlu digali lebih dalam, guna menopang kesuksesan dalam menjalankan usaha donat kentang yang sedang Anda jalani.

Di Indonesia sendiri pebisnis makanan atau kuliner memang semakin ke sini semakin maju dan tiada hentinya. Selalu saja hadir inovasi dan kreasi ditiap menu-menu yang ada. Pengusaha bisnis kuliner di Indonesia sendiri banyak yang melirik bisnis kuliner di bidang donat kentang. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari bisnis donat kentang ini cukup menggiurkan. 

Usaha bisnis donat kentang ini tidak masuk dalam kategori makanan yang musiman. Jadi kapan pun dan dimana pun Anda bisa membuka usaha donat kentang tanpa harus mencari waktu-wakut khusus untuk mudai berjualan.

Perlu diketahui bahwa donat merupakan makan yang laris di Indonesia. Dari berbagai kalangan bisa menikmatinya dan dari semua usia, kecil dan dewasa suka dengan yang nama nya donat. Tentu ini menjadi peluang yang sayang jika tidak dimanfaatkan bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis kuliner dibidang donat.

Selanjutnya kemudahan dalam membuat donat menjadikannya pemula sekali pun bisa membuat donat. Tak hanya itu, donat kentang mudah untuk di inovasi dan dikreasikan agar tampilan donat kentang yang lebih unik dan kekinian dengan rasa yang super nikmat.

Itulah sejumlah ide jualan donat kentang, ide varian topping, dan peluang usaha donat kentang yang dapat dijadikan referensi ide jualan masa kini. Hal ini selain untuk memikat perhatian pelanggan, juga dapat menjadikan ciri khas dari donat kentang yang dijual di kedai tersebut.