Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ide Bisnis Budidaya Unik Yang Memiliki Potensi Menguntungkan

Bisnis budidaya unik - Salah satu bidang usaha yang cukup menjanjikan dan banyak dicoba adalah usaha ternak hewan atau budidaya tanaman. Dengan semakin banyaknya orang yang terjun ke dunia budidaya, membuat para pelaku bidang usaha ini harus mampu menciptakan usaha yang unik dan belum dilakukan oleh orang lain. Pada kali ini, kami akan membahas beberapa bisnis budidaya unik yang bisa dicoba.

Ide Bisnis Budidaya Unik

Ide Bisnis Budidaya Unik
Ide Bisnis Budidaya Unik

1. Budidaya Bonsai

Bisnis budidaya unik yang pertama yaitu menjalankan budidaya bonsai. Tanaman hias tak hanya sebatas pada bunga saja, namun juga jenis pohon-pohon kecil seperti tanaman bonsai. Ukurannya yang mungil membuat sebagian orang tertarik untuk menjadikannya sebagai pelengkap dekorasi rumah. Jangan salah, walaupun bentukannya kecil harga bonsai bisa menembus jutaan lho! 

Ini dikarenakan ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membudidayakannya, mulai dari pemilihan bibit, media tanam, proses pembentukan hingga perawatannya. Keserasian antara tanaman dan media pot menjadi salah satu faktor tinggi rendahnya harga tanaman bonsai.

Baca juga Rekomendasi Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Menanam bonsai adalah peluang bisnis yang tidak sulit dilakukan. Tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut, mungkin ada beberapa dari kita yang bertanya-tanya apa itu bonsai. Ya, setidaknya saya tidak salah dalam interpretasi selanjutnya. Bonsai adalah seni dalam perawatan tanaman untuk membuat tanaman lebih indah untuk dilihat. Tanaman biasanya besar, tetapi tanaman kerdil. Perawatan Bonsai tidak terpisah dari pot.

Potensi pasar Bonsai masih terbuka. Banyak orang menyukainya. Jenis peluang bisnis ini masih dianggap asing oleh banyak orang. Setidaknya dibandingkan dengan bisnis kuliner, tentu tetap kurang populer. Tetapi keuntungan dari bisnis penanaman bonsai sangat mungkin lebih besar daripada hasil bisnis kuliner yang Anda kenal. 

Nilai jual bonsai ini sangat tinggi. Tidak semua orang tertarik dengan bonsai. Tetapi jika seseorang sudah tertarik dengan bonsai, berapa pun biayanya, dia biasanya siap untuk membelinya. Tentu saja, harganya disesuaikan dengan kualitas bonsai. Bayangkan jika tanaman bonsai kita bisa menjual lima ratus ribu untuk puluhan juta dolar.

2. Budidaya Ikan Cupang

Bisnis budidaya unik yang kedua yaitu menjalankan bisnis budidaya ikan cupang. Salah satu hewan yang cukup sering dijumpai dalam bisnis budidaya adalah ikan cupang. Ikan cupang dibudidayakan bukan sebagai ikan konsumsi, namun sebagai ikan hias. Ikan cupang terkenal dengan corak warna yang menarik dan ekornya yang mengembang. 

Baca juga Cara Menjalankan Usaha Teh Poci

Tidak heran, banyak orang yang mengoleksi ikan cupang sebagai suatu hobi. Budidaya ikan cupang terbilang mudah karena ikan cupang sendiri memiliki kemampuan hidup yang tinggi sehingga dalam penangkaran yang seadanya, cupang masih bisa untuk dibudidayakan. Tapi tentunya anda wajib meng-upgrade penangkaran cupang anda sehingga hasil budidaya menjadi lebih baik dan berkualitas.

Keuntungan Budidaya Ikan Cupang

Dapat dikatakan apakah bisnis ikan cupang ini merupakan bisnis yang menjanjikan yang perlu Anda coba. Salah satu keuntungan mengelola bisnis ini adalah modalnya tidak terlalu besar. Untuk mulai membiakkan ikan cupang, diperlukan modal untuk membeli benih dan lokasi komersial.

Harga benih ikan ini juga tidak terlalu mahal, memperkirakan bahwa jika Anda memiliki 1 juta kotak, anda bisa mendapatkan sekitar 4000 benih ikan. Sedangkan untuk harga jual saat panen per ekor sekitar 1400 rupiah dengan waktu perawatan sekitar dua bulan.

Sedangkan perkiraan harga pakan rata-rata adalah 600 ribu rupiaj untuk pemeliharaan 4000 ekor bibit hingga waktu panen. Karena itu, jika dihitung, keuntungan dari ikan akuarium dan ikan cupang bisa mencapai tiga kali lipat dari modal awal.

Selain itu, budidaya ikan ini tidak membutuhkan kolam yang sangat luas, karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Biasanya, benih yang dimasukkan ke dalam kolam dipisahkan satu per satu menggunakan botol bekas dengan diameter 8,5 cm.

Perdagangan ikan yang merupakan suku dengan ikan mas lebih menguntungkan jika sudah memiliki pasar sendiri. Beberapa petani biasanya menjual ikan cupang kepada kolektor melalui sistem grosir dengan harga sekitar Rs. 1,400.

3. Budidaya Kaktus Mini

Bisnis budidaya unik yang selanjutnya yaitu budidaya kaktus mini. Tanaman kaktus yang terkenal dengan duri-durinya yang tajam juga bisa dijadikan bisnis budidaya. Kaktus mini saat ini cukup banyak digemari entah sebagai souvenir maupun sebagai tanaman hias. 

Baca juga Tips Menjalankan Bisnis Rice Bowl Rumahan

Kaktus mini bisa dibudidayakan dengan cara vegetatif, yaitu dengan memotong sebagian daun atau batangnya lalu ditanam di media tanam. Kaktus punya daya tahan hidup yang tinggi sehingga perawatannya pun juga mudah. Cukup disimpan di tempat dengan cahaya yang cukup dan tak perlu sering disiram. Kaktus mini bisa dipasarkan ke toko-toko souvenir ataupun dijual secara online melalui e-commerce.

4. Budidaya Kroto

Bagi anda yang belum tau apa itu kroto, kroto merupakan telur atau larva dari semut. Kroto sendiri biasanya dibudidayakan untuk dijadikan pangan burung berkicau. Kroto dapat dibudidayakan di tempat yang kecil sekalipun seperti toples plastik. Untuk modal makanan para semut pun juga cukup diberikan makanan sisa. Kroto biasanya dijual perkilo dengan harga puluhan hingga ratusan ribu. Dengan masa panen yang cukup singkat yaitu sekitar 15-20 hari, budidaya kroto menjadi salah satu bisnis ternak yang menguntungkan yang dilakukan dalam lahan yang sempit.

5. Budidaya Ciplukan

Beberapa orang mungkin ada yang pernah melihat buah ini tapi tidak tahu namanya. Tanaman ciplukan banyak ditemui di area sawah dan awalnya dianggap hanya sebagai tanaman liar. Namun sejak orang-orang mengetahui bahwa buah ini mengandung manfaat yang bisa mengobati beberapa penyakit, ciplukan kemudian banyak dicari-cari. Budidaya ciplukan terbilang mudah karena bisa ditanam di pot dan anda juga tidak perlu terlalu sering memonitor suhu atau kelembapannya.

Itulah beberapa ide budidaya unik yang bisa anda jalankan. Bisnis budidaya diatas bisa anda mulai cukup dari rumah dan modal yang dibutuhkan juga tak terlalu tinggi. Kunci dari menggeluti bisnis budidaya adalah ketekunan, jadi anda wajib untuk memiliki jiwa pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan.